Selasa, 28 Januari 2020

Korea Selatan Tak Main-main dengan Wisata Halal

 Korea Selatan memberi perhatian serius pada turis Muslim. Oleh sebab itu, wisata halal terus digencarkan di sana supaya turis Muslim makin merasa nyaman.

detikTravel menjelajahi Korea Selatan pada 3-7 Mei 2019, dalam rangkaian d'Traveler Goes to Korea bersama tiket.com. Dalam perjalanan, kami dipandu oleh Nam yang merupakan orang Korea asli dan cukup lancar bahasa Indonesianya.

Selama perjalanan, makanan kami (pagi, siang dan malam) pun terjaga kehalalannya, karena kami memang meminta makanan halal sepanjang perjalanan. Saya bertanya pada Nam, kabarnya apa benar wisata halal jadi perhatian serius bagi Korea Selatan?

"Ya, memang. Pemerintah kami sedang mengembangkan wisata halal karena kunjungan turis dari negara-negara Asia yang mayoritas penduduknya Muslim seperti Indonesia dan Malaysia terus meningkat. Begitu juga dari Timur Tengah," papar Nam.

Namun Nam mengakui, ketersediaan restoran yang menyajikan makanan halal dan tempat salat masih belum banyak. Nam pun sering mengingatkan kami, supaya tidak sembarangan makan di kawasan street food.

"Banyak makanan yang mengandung babi di Korea. Saran saya, perhatikan dulu apakah ada stiker sertifikat halal di restoran atau kafe," ujarnya.

"Untuk mie instan, saya pastikan 99 persen mie instan di Korea Selatan mengandung babi," tegas Nam.

Pelan tapi pasti, Korea Selatan menggenjot wisata halalnya. Pulau Nami contohnya, tempat wisata yang terkenal tersebut sudah tersedia musala supaya turis Muslim dapat melakukan ibadah salat. Sedangkan kalau di Seoul, bisa ke kawasan Itaewon yang banyak restoran halal.

"Turis Muslim angka kunjungannya sangat bagus. Pemerintah Korea Selatan akan terus mengembangkan wisata halal dari restoran sampai tersedianya tempat salat," tutup Nam.

8 Tempat Ngabuburit di Bandung yang Instagenik

Kota Kembang punya suasana yang khas dan dekat dengan alam. Kamu yang berpuasa di Bandung, bisa datang ke 8 tempat instagenik ini untuk ngabuburit.

Bandung begitu identik dengan taman kota dan suasananya yang teduh. Ada banyak ruang terbuka dan taman yang bisa kamu ulik saat ngabuburit.

Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, Jumat (10/5/2019) berikut beberapa tempat ngabuburit seru nan instagenik untuk menyambut buka puasa.

1. Babakan Siliwangi

Kota Bandung punya banyak wisata hijau yang bisa jadi tempat ngabuburit. Berada di area Siliwangi, traveler bisa main ke Hutan Kota Babakan Siliwangi sambil jalan-jalan sore.

Hutan Kota Babakan Siliwangi dilengkapi dengan forest walk yang membentang di sepanjang hutan kota, sehingga akan memudahkan pengunjung dalam menjelajahi dan menikmati kesejukan hutan kota.

Di tengah forest walk terdapat area tempat duduk untuk pengunjung melepas lelah. Jika traveler beruntung, akan bertemu dengan tupai dan burung saat menjelajahi hutan kota ini.

2. Teras Cihampelas

Teras Cihampelas adalah ruang publik berupa jembatan pedestrian di atas udara atau skywalk. Teras Cihampelas memiliki panjang 450 meter dan lebar sekitar 9 meter. Ketinggian jembatan mencapai 4,6 meter dari permukaan jalan.

Jadi salah satu ruang publik yang ramai dengan pengunjung, Teras Cihampelas juga jadi spot favorit untuk ngabuburit.

3. Taman Dewi Sartika

Taman Dewi Sartika berada di ujung Balai Kota Bandung. Taman seluas 4.390 meter persegi ini memiliki areal taman bunga, taman bermain anak, kolam taman, taman hewan dan Patung Dewi Sartika.

Traveler bisa ngabuburit sambil melihat sejumlah satwa di taman hewan. Aneka burung, kelinci, ayam dan kalkun menjadi satwa yang dipelihara di sini.

Dari taman ini, traveler bisa melipir ke gembok cinta yang instagrammable. Kalau mau berbuka, kamu bisa melangkah ke area Bandung Indah Plaza (BIP). Ragam kuliner yang menggugah selera sudah menanti di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar