Rabu, 29 Januari 2020

Mitos Kolam Ajaib di Turki yang Bisa Sembuhkan Penyakit

Destinasi tak hanya sekedar tempat cantik tapi juga cerita yang menyertainya. Inilah kolam air panas cantik dari Turki yang dipercaya bisa sembuhkan penyakit.

Nama travertine atau pemandian air panas ini adalah Pamukkale. Pamukkale menjadi tempat wisata di Turki yang sangat populer. Menjadi satu bagian dari sejarah di situs Hierapolis, travertine pools pun ramai dengan kunjungan wisatawan.

Hierapolis sendiri merupakan situs reruntuhan Yunani-Romawi di Turki. Kolam Pamukkale berada dalam satu komplek situs ini, seperti yang diintip detikcom, Senin (6/5/2019) dari berbagai sumber.

Pamukkale memiliki arti kapas putih. Diberi nama demikian karena kolam ini memang punya wajah putih bagaikan kapas. Bisa dibilang bahkan seperti kolam yang tertutup salju.

Kolam air panas ini dibangun dengan bentuk undakan sawah di lembah curam. Dahulu kala kolam ini merupakan batu kapur yang berusia ratusan tahun dan diendapkan oleh mata air panas secara terus menerus.

Pemandian ini digunakan oleh orang Romawi sebagai spa pada zaman itu. Isinya adalah air panas yang kaya dengan mineral.

Menurut kepercayaan, penyakit apa pun akan sembuh jika berendam di pemandian ini. wisatawan boleh merendam seluruh badan atau kaki saja. Syaratnya, tak boleh ada alas kaki yang digunakan ke dalam kolam.

Mungkin kalau cuma kolam air panas biasa akan terlihat bosan. Selain bentuknya yang unik, wisatawan juga akan dibuat betah dengan pemandangan di ada di tawarkan saat berendam.

Berada di ketinggian, traveler akan dibuat sadar betapa cantiknya Turki dari sudut yang berbeda! Sawah dan bukit hijau terlihat sangat menenangkan sambil berendam. Tak diragukan lagi, Pamukkale masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO.

Waktu terbaik untuk menikmati Pamukkale adalah saat malam tiba. Kebanyakan wisatawan datang saat siang atau sore hari. Traveler bisa memilih bermalam di Pamukkale untuk waktu kunjungan yang sepi lho..

Traveler boleh mengenakan pakaian apa aja saja yang membuat nyaman. Jadi, masukkan Pamukkale di Turki ke dalam bucket list-mu ya!

Danau Plitvice, Surga Kembar 16 dari Kroasia

Wisata danau besar dan cantik, mungkin sudah biasa. Yang bikin melongo dari Kroasia adalah danau kembar 16 yang punya puluhan air terjun. Inilah Plitvice Lake.

Kroasia merupakan salah satu dari negara Balkan di Eropa. Negara ini memiliki Ibukota Zagreb. Tempat wisata di Kroasia rupanya menyimpan banyak harta karun yang bisa dijelajahi.

Salah satunya adalah Plitvice Lake, 130 km dari Zagreb. Danau Plitvice adalah obyek wisata paling populer di Kroasia. Tentu saja, keindahannya sungguh bagai surga.

Danau Plitvice menjadi kawasan taman nasional dengan status warisan dunia UNESCO pada tahun 1979. Hal pertama yang akan kamu rasakan adalah terhipnosis keindahan danau ini.

Bayangkan, kawasan taman nasional ini memiliki luas 300 km2. Dalam kawasan tersebut ada 16 danau yang bergabung dalam jarak 8 kilometer, seperti yang diintip detikcom dari situs resminya, Senin (6/5/2019).

Bentuk dari danau ini juga tak biasa. Danau-danau tersebut tersusun berundak satu sama lain. Tiap danau dihubungkan dengan air terjun dan tebing batu yang tak kalah mempesona.

Seperti susunan lego, danau ini juga memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Danau paling tinggi berada di 636 meter sampai yang paling rendah 502 meter.

Dalam satu pandangan, danau ini bagaikan surga. Wisatawan bisa menikmati keindahan danau dengan berjalan di trek kayu instagenik yang sudah disediakan.

Namun bukan cuma itu saja yang dimiliki oleh Danau Plitvice. Platvice juga punya keunikan berupa warna air yang bisa berubah-ubah, seperti Kelimutu.

Ada 3 warna yang bisa kamu nikmati dari danau ini, mulai dari biru kehijauan, abu-abu atau biru. Warna danau berubah tergantung dari jumlah mineral dan sinar matahari yang membias ke permukaan danau.

Tapi ada satu peraturan yang tak boleh kamu langgar. Wisatawan dilarang keras untuk berenang di danau ini. Selamat liburan, traveler! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar