Kamis, 30 Januari 2020

Harga Tiket Pesawat Mahal Dinilai Bikin Okupansi Hotel Turun

Tingginya harga tiket pesawat berdampak pada tingkat hunian hotel. Kunjungan turis domestik ke sejumlah daerah pun ikut mengalami penurunan.

Organisasi profesi Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) mengatakan industri pariwisata, terutama jasa perhotelan ikut merasakan dampak dari masih mahalnya harga tiket pesawat di Indonesia.

"Tiket pesawat ini kan masih tinggi, dan itu tidak saja dirasakan di satu, dua provinsi, tapi di seluruh provinsi. Itu mengalami dampak yang sangat luar biasa," ucap Presiden Manager IHGMA, Wisnu Handoko usai acara pengukuhan pengurus IHGMA NTB di Aston Hotel Mataram, Sabtu (4/5/2019).

"Penurunan okupansi itu bisa mencapai 15 persen, kunjungan wisatawan, terutama kunjungan wisatawan domestik itu mengalami penurunan yang sangat besar. Hotel pun juga merasakan dampaknya," imbuhnya.

Karena itu, Wisnu berharap supaya pemerintah tetap berkomitmen untuk segera mencari solusi yang tepat agar bisa menurunkan harga tiket pesawat mahal ini.

"Bagaimanapun caranya itu tugas pemerintah memberikan solusi. Dan kita tetap semangat dari sisi hotel tetap harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik," katanya.

Belum ke Korea Selatan, Kalau Belum ke SM TOWN dan Nami Island

Hari pertama d'Traveler Goes to Korea, kami mendatangi SM TOWN COEX dan Nami Island. Inilah tempat-tempat yang paling terkenal!

Sabtu (4/5/2019) d'Traveler Goes to Korea bersama tiket.com tiba di Bandara Incheon sekitar pukul 08.30 waktu setempat. Senyum merekah terlihat di wajah-wajah pemenang kompetisi yang digelar tiket.com dan detikTravel ini yakni Misbah, Bayu Fitri dan Feni Novida.

Setelah makan siang, kami beranjak ke SM TOWN COEX Atrium di Seoul. Inilah tempatnya bintang-bintang K-Pop dari SM Entertainment, yang juga ada museum dan berbagai suvenir menarik.

Feni yang penggemar K-Pop tampak kegirangan dan antusias menjelaskan siapa itu Super Junior dkk kepada yang lain. Mereka pun asyik berfoto-foto.

"Ini impianku yang tercapai bisa lihat-lihat artis K-Pop. Aku nge-fans banget sama Red Velvet," ujar Feni.

Kemudian, kami melanjutkan perjalanan ke Nami Island yang ditempuh 2 jam naik mobil. Inilah pulau paling terkenal di Korea Selatan, yang merupakan delta di Sungai Han. Di sinilah tempat langganan syuting film-film drama Korea.

"Akhirnya bisa ke sini secara langsung, melihat tempat syuting drama Korea 'Winter Sonata' yang terkenal itu," ujar Misbah.

"Kagum juga sama kebersihan dan rapinya pulau ini, walau banyak pengunjungnya," lanjutnya menjelaskan.

Bayu Fitri pun memuji keindahan Nami Island. Dirinya pun narsis di depan kamera.

"Banyak pemandangan dan spot instagramable," pujinya.

Menurut Nam, pemandu lokal kami, 2 tempat tersebut yakni SM TOWN dan Nami Island adalah tempat wisata di Korea Selatan yang paling favorit. Belum ke Korea, kalau belum ke sana.

Masih banyak destinasi yang akan didatangi d'Traveler Goes to Korea di Negeri Gingseng bareng tiket.com. Nantikan keseruan kami ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar