Rabu, 29 Januari 2020

Video Unik Perakitan Airbus A330neo dalam 2 Menit

Video perakitan pesawat selalu menarik untuk ditonton. Airbus merilis video dua menit perakitan Airbus A330neo.

Dilansir CNN Travel, Minggu (5/5/2019), Airbus baru saja merilis video berdurasi dua menit bergaya campuran time lapse dan dokumentasi yang menunjukkan perakitan pesawat jet A330-900. Video dimulai dari pengiriman komponen ke ruang perakitan akhir, dan akhirnya terbang.

Pertama-tama, dimulai dengan bagian-bagian pesawat yang diturunkan dari Airbus Beluga 3. Mirip seekor paus, itu salah satu armada perusahaan dari lima pesawat kargo yang menerbangkan komponen pesawat antara lokasi produksi di Eropa dengan ruang perakitan terakhirnya di Toulouse, Hamburg dan Tianjin.

Pesawat yang kami tonton sedang dirakit adalah jenis A330-900 pertama dari maskapai Air Mauritius. Pengirimannya dari Toulouse, Prancis, pada 18 April.

A330-900 adalah keluarga pesawat jenis A330neo. Hal itu menjadikan Air Mauritius menjadi operator A330neo pertama yang berbasis di belahan bumi selatan.

Pesawat itu bernama Aapravasi Ghat yang terinspirasi oleh situs Warisan Dunia UNESCO di Mauritius. Spesifikasinya, berkabin dua kelas, yakni 28 kursi kelas bisnis dan 260 kursi kelas ekonomi.

Mesin A330neo adalah Rolls-Royce Trent 7000 generasi terbaru. Sementara ujung sayapnya adalah Sharklet yang dirancang untuk mengurangi pembakaran bahan bakar.

Maskapai ini akan mengerahkan pesawat itu di rute yang menghubungkan Mauritius ke Eropa, India dan rute Asia Tenggara. Sedang rute regionalnya termasuk Johannesburg, Antananarivo dan Reunion Island.

A330 mencatat pesanan di lebih dari 1.700 pesawat dari 120 pelanggan. Artinya, para karyawan di Toulouse dan di tempat lain akan sangat sibuk merakit lebih banyak pesawat berbadan lebar seperti ini:

Tebing Breksi, Destinasi Cantik di Yogyakarta

Destinasi cantik di Yogyakarta yang langsung menyedot perhatian wisatawan adalah Tebing Breksi. Bukit batu breksi dengan pemandangan alam yang indah, menambah kekayaan wisata di Kota Gudeg.

Tempat wisata yang terletak di Sleman ini tidak memiliki patokan tarif untuk masuk ke objek wisata ini. Pengunjung cukup merogoh kocek seikhlasnya serta membayar jasa parkir kendaraan roda dua maupun roda empat.

Awalnya, tempat ini merupakan bekas tambang. Namun, sejak aktivitas penambangan dihentikan akhirnya lokasi ini diresmikan sebagai salah satu destinasi wisata alam di Yogyakarta.

Pada dinding tebing terdapat ukiran naga dan wayang semakin mempercantik  keindahan tebing yang masih berdiri kokoh. Wisatawan dapat menaiki tangga yang sudah ditata sedemikian rupa untuk menikmati pemandangan alam dengan udara yang segar.

Di atas bukit juga terdapat banyak spot untuk berfoto dengan tema tertentu. Di sekitar tempat wisata juga sudah bayak fasilitas penginapan dan rumah makan, jadi kita tidak perlu khawatir apabila ingin berlama-lama di sana.

Nekat Lewati Pembatas, Turis Jatuh ke Kawah Gunung Berapi!

Pembatas di tempat wisata sejatinya dibuat untuk menjaga traveler dari hal tak diinginkan. Nekat lewati pembatas, turis malah jatuh ke kawah gunung berapi.

Peristiwa itu diketahui terjadi di Gunung Berapi Kilauea di Hawaii, Amerika Serikat. Dilansir detikcom dari CNN, Minggu (5/5/2019), tragedi itu terjadi setelah turis malang itu nekat melewati pagar pembatas dan tergelincir.

"Ia telah melewati pembatas besi dan mendekati ujung tebing di mana ia kehilangan pijakan dan jatuh," ujar juru bicara National Park Service Amerika Serikat Ben Hayes.

Pihak taman nasional pun segera melakukan operasi penyelamatan. Ketika diketemukan turis yang terjatuh sedalam 20 meter ke kawah gunung api tersebut ditemukan terluka parah.

Turis yang identitasnya belum terungkap itu pun segera dilarikan ke Hilo Medical Centre, di mana ia dirawat lebih lanjut. Untung saja nyawanya masih tertolong.

"Pengunjung tidak boleh melewati pagar pembatas, terutama di bagian kaldera. Bagian itu sangat dinamis, khususnya terkait dengan aktivitas gunung api tahun lalu," tambah Ben.

Terkait kecelakaan tersebut, pihak taman nasional beserta ranger akan melakukan investigasi lebih dulu untuk menentukan apakah turis tersebut akan dikenai hukuman atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar