Rabu, 29 Januari 2020

Rusia Punya Istana Ala Versailles dari Prancis

Di Kota St Petersburg, Rusia, ada istana besar dengan taman yang indah. Inilah Peterhof Palace yang disebut mirip Istana Versailles di Prancis.

Istana ini sendiri memiliki luas sekitar 500 hektar. Setiap sudut istana maupun tamannya sangat indah. Letaknya di sisi laut karena kaisar meyakini bahwa Rusia akan menjadi kekuatan laut terbesar di Eropa.

Yang wajib dikunjungi di istana ini adalah Grand Palace yang meskipun tidak terlalu besar namun menjadi pusat dari istana ini. Sayangnya kita tidak diperbolehkan untuk mengambil foto di dalamnya. Istana ini terletak agak jauh dari pusat Kota St Petersburg sehingga lebih cepat dan mudah menggunakan taksi atau transportasi online.

Lokasi pertama yang kami masuki di istana ini adalah Grand Palace. Tiket masuknya 600 Rubel. Selesai dari Grand Palace, kami menuruni tangga ke arah taman bawah istana yang sangat luas.

Di lokasi air mancur, terdapat patung-patung berwarna keemasan. Sayangnya saat itu air mancur tidak menyala sehingga airnya juga sama sekali tidak ada, karena saat saya berkunjung sudah hampir memasuki musim dingin. Tapi tidak apa-apa, taman ini tetap cantik kok.

Di tengah taman terdapat satu parit kecil yang airnya langsung menuju ke laut. Ya, istana ini memang terletak di tepi laut, tepatnya di pantai selatan Teluk Finlandia. Untuk menuju kesini dari St Petersburg bisa juga dengan kapal hydrofoil dari Sungai Neva.

Menyusuri taman dengan pohonnya yang berguguran, sesekali kita berhenti untuk berfoto. Di kali kecil, memang masih terdapat air walaupun dalam debit yang kecil. Namun, kita masih bisa melihat bebek-bebek yag berenang di sana. Karena memang di tepi laut, angin dan dingin sangat terasa.

Kebersihan sangat dijaga di sini. Buktinya, di depan Grand Palace, terdapat sekuriti yang hilir mudik. Selain menjaga keamanan, beliau juga memastikan tidak ada sampah yang bertebaran.

Lapar setelah keliling istana? Jangan khawatir karena ada restoran di dekat pintu keluar. Harganya standar restoran di Rusia dengan harga sekitar 500 hingga 700 Rubel. Tempatnya yang nyaman dan makanan yang enak membuat betah berlama-lama di sini.

Tempat Paling Indah di San Fransisco

San Fransisco di Amerika Serikat bukan cuma punya Golden Gate. Di sana ada Palace of Fine Arts yang arsitekturnya begitu indah.

Tempat ini sungguh membius mata dan hati, dirancang oleh Arsitek Bernard Maybeck yang mengambil inspirasinya dari arsitektur Romawi dan Yunani kuno. Palace of Fine Arts terletak tidak jauh dari Golden Gate. Jika Anda ke kota ini, harus berkunjung ke sini.

Dengan segala keindahannya, bangunan berupa tiang-tiang, burung-burung yang berterbangan di antara tiang-tiang besar nan kokoh ini, rumah-rumah di sekitar yang mengitari kawasan ini. Bangku-bangku yang ada di depan rumah, sungguh bisa saya katakan seperti surga di dunia. Saya membayangkan sore-sore untuk duduk-duduk di sini sambil memandang kawasan yang penuh dengan tiang-tiang kokoh penuh seni yang bergaya.

Mengitari bangunan-bangunan dengan arsitektur bergaya Yunan-Romawi Kuno sembari menikmati danau kecil yang mengitarinya. Terlihat beberapa burung berterbangan di atas air danaunya yang tenang.

Awal dibangunnya Palace of Fine Arts adalah sebagai tempat pameran Panama-Pasifik pada tahun 1915. Tiang-tiang struktur yang dibuat tidaklah permanen karena hanya untuk sementara. Desainnya sama yaitu desain arsitektur Yunani-Romawi kuno. Besar dan penuh dengan detail ukiran-ukiran indahnya. Kemudian dipugar pada tahun 1965, tempat ini dipugar dan direstorasi agar menjadi struktur-struktur yang kuat dan tentu saja permanen.

Terlihat tiang-tiang luar seperti ini, yang berinspirasikan arsitektur Yunani-Romawi tidak berfungsi terutama selaku pendukung teknis bangunan di atasnya, tetapi lebih-lebih dalam fungsinya sebagai pembentuk ruang luar. Letak tiang yang berdiri dekat di muka dinding adalah citra penembusan gatra ke dalam ruang. Ruang kosong yang menimbulkan perasaan estetika.

Terlihat perumahan mewah mengitari kawasan ini. Saya membayangkan betapa bahagianya orang-orang yang tinggal di sekitarnya dengan pemandangan danau kecil, burung-burung, tiang-tiang dengan penuh keindahannya dan sangat detil, udara yang sangat segar, benar-benar luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar