Rabu, 29 Januari 2020

Nekat Lewati Pembatas, Turis Jatuh ke Kawah Gunung Berapi!

Pembatas di tempat wisata sejatinya dibuat untuk menjaga traveler dari hal tak diinginkan. Nekat lewati pembatas, turis malah jatuh ke kawah gunung berapi.

Peristiwa itu diketahui terjadi di Gunung Berapi Kilauea di Hawaii, Amerika Serikat. Dilansir detikcom dari CNN, Minggu (5/5/2019), tragedi itu terjadi setelah turis malang itu nekat melewati pagar pembatas dan tergelincir.

"Ia telah melewati pembatas besi dan mendekati ujung tebing di mana ia kehilangan pijakan dan jatuh," ujar juru bicara National Park Service Amerika Serikat Ben Hayes.

Pihak taman nasional pun segera melakukan operasi penyelamatan. Ketika diketemukan turis yang terjatuh sedalam 20 meter ke kawah gunung api tersebut ditemukan terluka parah.

Turis yang identitasnya belum terungkap itu pun segera dilarikan ke Hilo Medical Centre, di mana ia dirawat lebih lanjut. Untung saja nyawanya masih tertolong.

"Pengunjung tidak boleh melewati pagar pembatas, terutama di bagian kaldera. Bagian itu sangat dinamis, khususnya terkait dengan aktivitas gunung api tahun lalu," tambah Ben.

Terkait kecelakaan tersebut, pihak taman nasional beserta ranger akan melakukan investigasi lebih dulu untuk menentukan apakah turis tersebut akan dikenai hukuman atau tidak.

Kabut dan Air Terjun Grojogan Sewu yang Menawan

Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang juga merupakan daerah wisata yang subur, sejuk dan indah. Salah satu obyek wisata terkenal di Tawangmangu adalah Air Terjun Grojogan Sewu.

Untuk menuju ke Tawangmangu ini salah satunya bisa melalui Telaga Sarangan di Magetan lewat Cemoro Sewu. Jalannya pun bagus dan beraspal mulus, namun tetap harus berhati-hati karena jalurnya berkelok-kelok dan naik turun khas daerah pegunungan.

Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan berupa hutan-hutan dan juga perkebunan wortel. Bila ingin mengisi perut, kita juga bisa berhenti sejenak di warung-warung makan yang banyak tersedia di sepanjang jalan yang bagian belakang warungnya tersaji pemandangan alam pegunungan berkabut yang luar biasa indahnya. Bila beruntung, kita bisa bertemu dengan para petani wortel yang baru saja panen dan bisa membeli wortel segar yang baru dipanen tersebut seharga Rp 40.000 saja per 1 plastik besar. Menyenangkan bukan?

Salah satu obyek wisata terkenal di Tawangmangu adalah air terjun Grojogan Sewu. Berada tepat di Jalan Raya Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah membuat air terjun ini tidak sulit ditemukan. Setibanya di pelataran parkir, kita bisa mendapati ada banyak kuda yg ditawarkan ke pengunjung untuk digunakan sebagai sarana alternatif, selain jalan kaki tentunya, menuju ke pintu masuk Grojogan Sewu. Tarif yang ditawarkan oleh pemilik kuda untuk sekali jalan sekitar Rp 40.000 dan harga tiket masuknya bisa kita dapatkan dengan membayar sebesar Rp 17.000/orang.

Dari loket pembelian tiket masuk ini ada dua cara agar kita bisa sampai ke air terjun Grojogan Sewu. Yang pertama, kita bisa coba naik kuda lagi atau bisa juga dengan berjalan kaki menuruni anak tangganya. Oh iya, total turun dan naiknya ada sekitar 1.250 anak tangga lho.

Tapi sungguh, semua terbayarkan saat kita sudah sampai di air terjunnya yang sangat indah dan debit airnya lumayan deras. Di sini pun jangan khawatir bila kita sudah merasa lapar dan haus. Ada banyak penjual makanan dan minuman yang berjualan di dekat air terjun.

Untuk traveler yang lapar, bisa coba untuk mencicipi sate kelinci/ayam yang letak berjualannya persis di sepanjang sungai aliran Air Terjun Grojogan Sewu. Per porsinya hanya sebesar Rp 12.000 sudah termasuk lontong dan 10 tusuk sate. Para penjual sate di sini mulai berjualan dari pagi sampai kurang lebih pukul 16.00 WIB. Oh iya, traveler yang membawa barang bawaan usahakan tetap diawasi ya karena di sini masih banyak monyet-monyet yang berkeliaran bebas. Makan sate di air terjun Grojogan Sewu sambil melihat tingkah polah monyet-monyet lucu yang berkeliaran pasti memberikan sensasi pengalaman yang seru dan menyenangkan bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar