Selasa, 28 Januari 2020

Inilah Negara Dalam Negara di Korea Selatan

 Siapa yang tak kenal Pulau Nami di Korea Selatan? Tempat syuting berbagai film drama Korea, yang nyatanya adalah sebuah negara dalam negara.

Lewat film drama 'Winter Sonata' di tahun 2002, Pulau Nami mendunia. Keindahan pulau yang berada di Sungai Han dan berjarak sekitar 63 km dari Seoul ini, sekarang adalah destinasi wajib nan favorit turis saat berkunjung ke Korea Selatan.

Pepohonan pinusnya tertata rapi dan indah dipandang. Taman-tamannya asri, bikin suasana menjadi rindang. Belum lagi fasilitas di sana lengkap, termasuk ada musala untuk tempat salat bagi turis Muslim.

Namun di balik keindahan Pulau Nami, ada cerita unik tersendiri. Mungkin juga tidak banyak turis yang tahu, bahwa pulau ini adalah negara dalam negara di Korea Selatan.

Coba perhatikan ketika kamu mau mengunjungi Pulau Nami. Tertulis jelas 'Welcome to Naminara Republic'. Bahkan untuk membeli tiket masuk ke Pulau Nami, tempat pembelian tiketnya bertuliskan 'Entry Visa'.

Pun ketika mau masuk ke kapal feri untuk menyebrang ke Pulau Nami. Lagi-lagi tertulis, 'Immigration'.

Apa maksudnya?

"Pulau Nami ini adalah negara dalam negara," kata Nam, pemandu lokal yang menemani detikTravel dan rombongan d'Traveler Goes to Korea bersama tiket.com pada 3-7 Mei 2019.

Raut wajah saya penasaran, tersirat menyimpan banyak pertanyaan. Nam lantas tersenyum kecil kemudian lanjut menjelaskan.

"Begini, Pulau Nami ini sudah jadi tempat wisata sejak tahun 2005. Saat itu ada ide, untuk membuat Pulau Nami seperti negara lain. Sehingga, orang-orang Korea Selatan merasakan liburan serasa keluar negeri saat mendatangi Pulau Nami," paparnya.

Ide seperti itu dibuat sekreatif mungkin oleh pemerintah Korea Selatan. Maka, dibangunlah suasana di Pulau Nami dengan begitu nyaman dan indah. Ditambah fasilitas dari restoran sampai hotel, membuat Pulau Nami benar-benar tempat liburan sempurna.

Turis bisa bersantai, bermain sepeda, berfoto-foto dan berbelanja berbagai suvenir lucu. Pulau Nami menjanjikan satu hal, yakni mengimpor mimpi dan khayalan sebagai daya tarik turis mancanegara untuk datang.

"Kini, Pulau Nami adalah tempat wisata paling favorit di Korea Selatan. Turis yang datang ke Korea Selatan, pasti datang ke Pulau Nami. Pasti itu," terang Nam.

Tiket masuk ke Pulau Nami yakni 13.000 Won atau setara Rp 158 ribu. Harganya sudah termasuk untuk penyebrangan naik kapal feri sekitar 10 menit.

Selamat datang di Pulau Nami, negara dalam negara di Korea Selatan!

Cara Kemenpar Angkat Potensi Wisata Kuliner Tabanan Bali

Kementerian Pariwisata serius mengangkat potensi kuliner Tabanan, Bali. Caranya, melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Wisata Kuliner yang akan berlangsung di Puri Taman Sari Resort, pada 17-18 Mei mendatang.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha atau industri pariwisata. Termasuk asosiasi pariwisata, akademisi, dan instansi pemerintah daerah.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adyani mengatakan potensi wisata kuliner dan belanja Tabanan sangat potensial. Lewat Bimtek, keduanya akan dijadikan produk wisata berkualitas serta memiliki nilai tambah bagi wisatawan.

Bimtek ditargetkan akan diikuti 360 orang dalam setahun. Sedangkan kegiatan ini mengundang 35 orang pemangku kepentingan wisata kuliner dan belanja. Unsur pemerintah daerah, pelaku usaha kuliner, ASITA/PHRI, akademisi, TA/TO, dan wakil komunitas lokal.

"Ini merupakan kegiatan full class. Hari pertama ada pemberian materi oleh para narasumber. Kemudian, diskusi penyusunan paket wisata kuliner dan belanja. Sedangkan hari kedua, merupakan kegiatan site visit. Yaitu untuk menguji paket wisata kuliner dan belanja yang telah disusun," ujar Giri, dalam keterangan tertulis, Jumat (10/5/2019).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar