Selasa, 28 Januari 2020

10 Wisata Sawah, Cocok untuk Ngabuburit

Menikmati pemandangan persawahan membuat hati adem. Di Indonesia, sawah-sawah bisa menjadi destinasi wisata ngabuburit. Di mana saja?

Buat kamu yang suka fotografi, wisata sawah akan menambah koleksi. Berikut wisata sawah:

1. Wisata Sawah Sukorame

Wisata Sawah di Sukorame terletak di Bantul, Yogyakarta. Nuansa alam di sini begitu asri.

Kamu bisa berjalan mengelilingi sawah. Selain itu kamu juga bisa berfoto di atas tangga bambu.

2. Area Persawahan di Puncak Gebang Jogja

Masih di Yogyakarta, tepatnya di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul. Di sana terdapat sebuah daerah yang menampilkan keindahan area sawah. Kamu bisa melihat sunset dari sini.

3. Desa Wisata Kemutul Semarang

Wisata sawah lainnya yakni di Kemutul Semarang. Desa wisata ini dilengkapi dengan gazebo dan permainan anak. Ada juga desain jembatan yang instagenik berbentuk bintang dari bambu.

4. Sawah Tegalalang, Bali

Sawah Tegalalang, Bali sudah terkenal di dunia. Area sawah ini berada di Bali, dekat dengan Gunung Kawi, Tampaksiring, dan Taro Elephant Park.

Sambil menikmati pemandangan sawah di sini, kamu juga bisa datang ke kafe yang ada di sana. Kamu juga bisa menginap di resort di sana.

5. Jatiluwih

Sawah di Bali lainnya yang terkenal yakni Jatiluwih. Lokasinya berada di kecamatan Penebel, Tabanan. Area persawahan di sana hijau dan berbentuk unik. Waktu terbaik melihat sawah-sawah ini adalah ketika dedaunan padi menghijau sebelum masa panen. Kamu nggak akan menyesal wisata sawah ke sini!

6. Area persawahan di dekat Pantai Soka

Masih di Bali, yakni di wilayah Pantai Soka, Sumedeg, Tabanan. Di sini ada sebuah area persawahan yang memiliki pemandangan indah. Sawahnya memiliki sistem terasiring yang cantik.

7. Bukit Pergasingan Lombok

Dari puncak Bukit Pergasingan, Lombok, kamu akan melihat barisan petak-petak sawah tertata rapi terlihat berwarna-warni. Sawah ini terlihat beda dan menawan ketika dilihat di ketinggian di bukit Pergasingan. Naik tangga dengan kemiringan 70 derajat terbayarkan dengan melihat pemandangan yang cantik itu.

8. Sawah Laba-laba di Flores

Wisata sawah Laba-laba di Flores berbentuk seperti sarang laba-laba. Sawah ini terletak di daerah Cancar, Kabupaten Manggarai, NTT.

9. Area Persawahan Lembah Harau

Area persawahan Lembah Harau terletak di Kecamatan Harau, Sumatera Barat. Sawah itu terkenal dengan kesuburannya dan keindahannya.

10. Area Persawahan Dolok Tolong

Masih di Sumatera, tepatnya di Dolok Tolong, Sumbul, Dairi Sumatera Utara. Area persawahan ini berada di dekat Danau Toba.

Jadi kamu mau wisata sawah ke mana?

Korea Selatan Tak Main-main dengan Wisata Halal

 Korea Selatan memberi perhatian serius pada turis Muslim. Oleh sebab itu, wisata halal terus digencarkan di sana supaya turis Muslim makin merasa nyaman.

detikTravel menjelajahi Korea Selatan pada 3-7 Mei 2019, dalam rangkaian d'Traveler Goes to Korea bersama tiket.com. Dalam perjalanan, kami dipandu oleh Nam yang merupakan orang Korea asli dan cukup lancar bahasa Indonesianya.

Selama perjalanan, makanan kami (pagi, siang dan malam) pun terjaga kehalalannya, karena kami memang meminta makanan halal sepanjang perjalanan. Saya bertanya pada Nam, kabarnya apa benar wisata halal jadi perhatian serius bagi Korea Selatan?

"Ya, memang. Pemerintah kami sedang mengembangkan wisata halal karena kunjungan turis dari negara-negara Asia yang mayoritas penduduknya Muslim seperti Indonesia dan Malaysia terus meningkat. Begitu juga dari Timur Tengah," papar Nam.

Namun Nam mengakui, ketersediaan restoran yang menyajikan makanan halal dan tempat salat masih belum banyak. Nam pun sering mengingatkan kami, supaya tidak sembarangan makan di kawasan street food.

"Banyak makanan yang mengandung babi di Korea. Saran saya, perhatikan dulu apakah ada stiker sertifikat halal di restoran atau kafe," ujarnya.

"Untuk mie instan, saya pastikan 99 persen mie instan di Korea Selatan mengandung babi," tegas Nam.

Pelan tapi pasti, Korea Selatan menggenjot wisata halalnya. Pulau Nami contohnya, tempat wisata yang terkenal tersebut sudah tersedia musala supaya turis Muslim dapat melakukan ibadah salat. Sedangkan kalau di Seoul, bisa ke kawasan Itaewon yang banyak restoran halal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar