Rabu, 29 Januari 2020

Jalan-jalan Saat Puasa ke Pasar Legi Kotagede, Yogyakarta

Pasar tradisional tidak hanya berjualan sayur atau daging. Pasar Legi di Kotagede, Yogyakarta berjualan hewan sampai batu akik. Unik buat jalan-jalan saat puasa.

Di Pasar Legi Kotagede setiap 5 hari sekali menjadi pasar yang amat sangat ramai oleh berbagai macam pedagang. Dari pedagang hewan hingga penjual batu akik ada di sini.

Pasar ini lebih tua dari Pasar Beringharjo. Nama aslinya Pasar Sargede, namun sekarang lebih populer dengan nama Pasar Legi Kotagede. Pasar Legi Kotagede sudah berdiri sejak abad ke-16 atau pada zaman kerajaan Mataram Islam.

Terletak di Jalan Mentaok Raya, Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta, pasar ini tidak hanya menjual sayur mayor, daging-dagingan, ikan, dan hal lain yang berhubungan dengan dapur. Namun ada hal unik di Pasar Legi Kotagede ini.

Dinamakan Pasar Legi karena puncak keramaian ada pada hari pasaran Legi dalam penanggalan Jawa. Pasaran ini akan terjadi setiap 5 hari sekali. Saat hari pasaran tiba, keramaian sangat terlihat karena bahu jalan pasar dipenuhi oleh para pengunjung dan pedagang, sehingga tak jarang membuat macet jalanan yang dilalui oleh kendaraan.

Banyak pedagang membuka lapaknya ketika pasaran Legi. Beberapa pedagang seperti pedagang hewan, terutama ungags seperti burung, ayam, bebek, dan mentok. Ada pula pedagang hewan lain, seperti ikan hias dan kelinci. Pedagang sandangan murah, alat-alat pertukangan, obat herbal, hingga perhiasan batu akik juga turut serta meramaikan pasaran di Pasar Legi Kotagede.

Para pedagang biasanya sudah ada di pasar sejak pukul 06.30 WIB. Lalu Pasar Legi Kotagede mulai ramai sekitar pukul 07.00 WIB, akan semakin ramai ketika waktu memasuki pukul 10.00 WIB, dan mulai sepi setelah Dzuhur atau lewat pukul 12.00 WIB.

Ladies! Bandara Ini Tawarkan Perawatan Kecantikan Gratis Buat Kamu

Bagi traveler wanita, menunggu di bandara bisa jadi cukup membosankan. Tenang, bandara di Australia ini tawarkan perawatan kecantikan gratis.

Seiring dengan perkembangan zaman, tak sedikit bandara yang saling berlomba untuk memberikan servis terbaik bagi para penumpang pesawat. Salah satunya adalah inovasi berupa kabin kecantikan di Bandara Sydney, Australia.

Adalah La Prairie Art of Luxury, sebuah kabin kecantikan yang berlokasi di komplek HEINEMANN Tax & Duty Free Bandara Sydney. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Minggu (5/5/2019), kabin kecantikan itu menawarkan jasa pijat hingga pemulihan kantong mata secara cuma-cuma seperti diberitakan media News Australia.

Selama 6 bulan ke depan, traveler khususnya wanita dapat menikmati layanan kecantikan tersebut sebelum terbang. Dijelaskan oleh direktur manajer La Prairie Australia dan Selandia Baru, Rosi Fernandez, layanan ini diharapkan dapat membuat penumpang lebih enjoy.

"Kami membawa pengalaman unik ke Bandara Sydney yang memungkinkan penumpang memiliki perawatan mewah di private suite atau servis ekspres yang bisa dinikmati di konter secara cuma-cuma," ujar Rosi.

Hanya saja, servis tersebut tak seluruhnya gratis. Ada pula yang berbayar. Namun, saran kecantikan hingga beberapa servis dapat dinikmati secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar