Kamis, 30 Januari 2020

Liburan 4 Hari 3 Malam ke Melbourne, Ini Itinerarinya

Mau liburan ke Melbourne, Australia dalam waktu singkat? Yuk, intip itinerari singkatnnya!

Melbourne merupakan salah satu kota yang wajib dikunjungi di Australia. Sebagai destinasi wisata, Melbourne termasuk destinasi yang lengkap. Mulai dari arsitektur ala Victoria, kota modern, destinasi belanja, wisata alamnya pun lengkap dan bervariasi.

Kami menghabiskan waktu 4 hari 3 malam di Melbourne untuk menikmati kota ini.

Hari pertama:
Pesawat kami mendarat di Melbourne International Airport pukul 08.00 pagi waktu setempat. Dari Bandara menuju kota bisa menggunakan Sky Bus yang tersedia di pintu keluar area kedatangan (arrival).

Sky bus mengantarkan kami ke Southern Cross Station. Dari sini, kami tinggal jalan kaki 5 menit ke penginapan kami, All Nations backpacker di Spenser Street.

Menginap di hotel backpacker bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin menghemat biaya. Tersedia open kitchen juga, jadi kita bisa masak sesuka kita. Di Melbourne tersedia Tram yang gratis selama kita hanya dalam rute City Circle. Di luar itu kita, kita harus bayar menggunakan MyKi (sejenis e-money) bisa dibeli di supermarket 711.

Sore itu setelah istirahat, kami melakukan tur ke Flinder street, Federation Square, Parliament House, Fitzroy garden & Cooks Cottage dan menikmati sunset di Yarra River.

Hari kedua:
Hari ini kami ambil one day tour dari klook dengan rute tour ke Phillip Island. Minibus putih menjemput kami pukul 07.30 dan mengantar kami ke destinasi pertama, yaitu Maru Koala and Animal Park.

Di Maru, kita bisa memberi makan kangguru dan berfoto bersama koala juga binatang lainnya. Sekitar pukul 11.00 kami melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.

Terdapat 3 pilihan wisata di Phillip island. Yang pertama adalah Phillip Island Chocolatte Factory, kemudian Phillip Island Scenic helicopter dan yang terakhir Cape Woolamai.

Anggota tour kami terbagi menjadi tiga kelompok dan minibus menjemput kami kembali di Cape Woolamai 1 jam kemudian. Dari Cape Woolamai, kami mampir di Nobbie, untuk ngopi dan makan siang sebelum kemudian diantar ke Penguin Parade yang menjadi highlight wisata Phillip Island.

Hari ketiga:
Di hari ketiga ini kami kembali mengikuti tour harian menyusuri Great Ocean Road. Kalau anda punya waktu yang agak panjang, sewa campervan menyusuri Great Ocean Road ini direkomendasikan sekali.

Pemberhentiannya banyak dan pemandangannya indah sekali. Kami berhenti kurang lebih 11 pemberhentian dengan tujuan utama The Twelve Apostles yang keren.

Hari keempat:
Hari ini hari terakhir kami di Melbourne dan masih banyak destinasi yang ingin dikunjungi. Setelah sarapan dan menitipkan koper, kami naik tram menuju Queen Victoria Market (QVB) untuk belanja.

Teman kami yang sedang kuliah di Melbourne mengantar kami berbelanja. Jangan lupa coba QVB American donut dan Churrosnya yang terkenal.

Dari QVB kami mampir ke Brighton Beach untuk menyambangi beach box nya yang hietz. Santai-santai sejenak di pantai kemudian kembali ke kota untuk mengunjungi Shrine of Remembrance, monumen yang dibuat pemerintah Australia untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang gugur dalam World War II.

Rencana awal kami ingin melanjutkan ke Gallery of Victoria, tetapi akhirnya kami lebih memilih ngobrol santai di stasiun bersama teman-teman yang sedang kuliah di Melb sampai kereta ke Sydney tiba.