Selasa, 28 Januari 2020

Mengunjungi Ranupani Gunung Semeru Sebelum Dibuka 12 Mei 2019

Pagi itu, mungkin sekitar pukul 09.00 WIB di Desa Ranupani. Hawa dingin dan keadaan amat lengang masih menyelimuti titik awal pendakian Gunung Semeru.

Pendakian Gunung Semeru akan dibuka kembali lusa nanti, 12 Mei 2019. Hiruk pikuk pendaki tak ada, hanya warga Desa Ranupani yang terlihat saat itu.

Gerbang pendakian ke Gunung Semeru masih belum dibuka, Desa Ranupani sepi dan sejuk. Hanya ada warga lokal yang hilir mudik, berjalan dari sawahnya atau sedang ke ladang.

Resort Ranupani pun masih tutup di waktu pagi saat saya berkeliling desa itu. Resort Ranupani adalah tempat segala perizinan pendakian bermula.

Namun, saat ini, sudah ada booking online yang memudahkan pendaki luar kota untuk mendaki atau tak perlu membeli tiket di basecamp.

Dihimpun detikcom, Jumat (10/5/2019), Gunung Semeru akan dibuka kembali dengan berbagai pertimbangan. Gunung ini telah ditutup sejak 26 Desember 2018 lalu atau sekitar 5 bulan penutupan.

Mengunjungi Ranupani Gunung Semeru Sebelum Dibuka 12 Mei 2019Danau atau ranu, cantiknya Ranupani (Masaul/detikcom)

Gunung Semeru jadi primadona para pendaki karena memiliki begitu banyak spot cantik. Satu yang paling dicari pendaki, merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, lainnya ada Ranu Kumbolo.

Mundur ke tahun lalu, di 2018, ketika keran pendakian dibuka, basecamp di Desa Ranupani penuh pendaki. Minat mendaki Gunung Semeru masih sangat tinggi dari tahun ke tahun, terutama diawali oleh pengaruh film 5 cm.

Selama pendakian Gunung Semeru ditutup, wisatawan bisa mengunjungi kawasan Gunung Bromo dengan sajian lanskap Pasir Berbisik hingga Bukit Teletubbies.

Jika Anda seperti penulis, tak ada salahnya berkunjung ke Desa Ranupani. Hanya 15 menit perjalanan dari jalan bercabang (kalau berangkat dari Tumpang), satu menuju ke Gunung Bromo dan jika lurus ke Desa Ranupani.

Tak menyesal, karena begitu cantik sepanjang perjalanan ke Desa Ranupani. Di tengah-tengah perjalanan sempatkanlah berhenti sejenak, fotolah beberapa spot, seperti Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies dari ketinggian. Cantik!

Mengunjungi Ranupani Gunung Semeru Sebelum Dibuka 12 Mei 2019Di sisi kanan adalah tebing yang menuju ke Bukit Teletubbies (Masaul/detikcom)

Sampai di Desa Ranupani lihatlah ke kiri. Di situ ada danau Ranupani. Danau ini adalah satu dari tiga danau terkemuka di sana.

Biaya masuk ke area TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru):

1. Tiket masuk TNBTS Rp 30 ribu termasuk ke Penanjakan dan sunrise point lainnya
2. Tiket masuk ke Seruni Point Rp 10 ribu (*dikelola oleh warga lokal)
4. Tiket masuk pendaki ke Gunung Semeru cukup memperlihatkan formulir simaksi di Gerbang Trisula (*belum termasuk parkir)
5. Tiket masuk mobil sekali masuk Rp 10 ribu (*peraturan tahun 2016)
6. Tiket masuk motor sekali masuk Rp 5.000.

Jakarta Jadi Kota Favorit Buat Selfie Nomor 4 di Instagram

Tren liburan kini berkembang mencari tempat selfie instagrammable. Menurut penelitian terbaru, Jakarta di peringkat ke-4 kota favorit selfie di Instagram.

Liburan ke tempat yang indah memang jadi tujuan semua orang. Namun, kini tren liburan semakin berkembang. Kebanyakan tujuan liburan bukan melepaskan penat tapi cuma mau foto-foto.

Ada sebuah penelitian menarik yang dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa moda transportasi online di 116 negara, Hoppa namanya. Perusahaan ini mengadakan survei tagar di Instagram seperti dilihat detikcom di website resminya, Jumat (10/5/2019).

Penelitian yang dilakukan sejak Maret 2018-Maret 2019 ini menghasilkan beberapa kategori. Salah satunya adalah kota yang paling favorit sebagai tempat selfie.

Dari hasil yang didapatkan, Berlin menjadi kota pertama yang paling banyak diunggah sebagai tempat selfie. Memang, keindahan Kota Berlin yang berbalut dengan sejarah menjadikannya begitu mempesona.

Setelah Berlin, ada Shanghai di China yang jadi urutan kedua. Diikuti oleh Seoul Korea Selatan dan Jakarta. Jakarta berada di urutan keempat mengalahkan Osaka dan London.

Jakarta sendiri dinobatkan sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia oleh World Travel and Tourism Council (WTTC).

Biar nggak penasaran, berikut kota-kota selfie yang populer di Instagram:

1. Berlin, Jerman
2. Shanghai, China
3. Seoul, Korea Selatan
4. Jakarta, Indonesia
5. Caracas, Venezuela
6. Osaka, Jepang
7. London, Inggris
8. Moscow, Rusia
9. San Franscisco, USA
10. Toronto, Kanada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar