Jumat, 10 Januari 2020

Ribuan Turis Diperkirakan Datang ke Pulau Banyak Selama Festival

Bupati Aceh Singkil Dulmusrid resmi membuka event Pulau Banyak International Festival 2019. Selama kegiatan berlangsung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menargetkan tiga ribu kunjungan turis ke pulau ini.

"Untuk event festival Pulau Banyak ini target pengunjung antara 2 ribu sampai 3 ribu orang. Dan akan tumpah ruah selama lima hari," kata Dulmusrid dalam sambutannya saat membuka Festival Pulau Banyak di kompleks pelabuhan penyeberangan di Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil, Senin (22/7/2019) malam.

Dulmusrid memperkirakan, dengan meningkatnya jumlah wisatawan akan memberi dampak terhadap perekonomian masyarakat. Dia mencontohkan, jika seorang turis menghabiskan uang Rp 300 ribu selama event berlangsung, maka miliaran uang berputar di Pulau Banyak.

"Jangka pendek tentunya ini sebuah nilai yang fantastis bagi peningkatan perekonomian masyarakat setempat. Warung makan akan banyak pesanan, penginapan akan terisi, transportasi akan kebanjiran orderan serta sektor-sektor perekonomian lainnya akan semakin bergeliat," bebernya.

Sementara target jangka panjang yaitu event ini diharapkan dapat membuka mata dunia terhadap keindahan Pulau Banyak. Dia yakin, sektor pariwisata ke depan akan berdampak sangat besar dan akan menjadi penyumbang pendapatan daerah terbesar Aceh Singkil.

"Saya mengimbau masyarakat Pulau Banyak terus menyambut baik tamu dengan penuh ramah tamah. Berikan pelayanan sepenuh hati agar mereka semua terkesan dan insyaAllah akan kembali ke Pulau Banyak yang kita cintai," harapnya.

Berdasarkan data pada tahun 2018, jumlah wisatawan nusantara yang berkunjung ke Pulau Banyak sebanyak 6735 orang. Sementara turis mancanegara berjumlah 2557 orang.

"Target ini akan terus bertambah pada tahun-tahun mendatang seiring semakin gencarnya promosi yang kita lakukan akan keindahan dan kenyamanan wisata ke Pulau Banyak," beber Dulmusrid.

Seperti diketahui, beragam kegiatan disuguhkan selama event Festival Pulau Banyak, di antaranya pagelaran seni budaya, festival kuliner, fun surfing, fun walk (jalan santai), lomba foto, camping pulau, fam trip, gathering genpi, pelatihan sumber daya desa wisata, pelatihan souvenir, pelatihan selam (diving), dan crossing ceremony.

Penasaran akan keindahannya, ayo ke Pulau Banyak!

Ada Festival Internasional, Pulau Banyak di Aceh Makin Dilirik Turis

Event Pulau Banyak International Festival 2019 resmi dibuka dengan tabuhan rapai dan tari kolosal. Pemekab Aceh Singkil optimistis wisatawan akan banyak datang.

Pembukaan Festival Pulau Banyak digelar di kompleks pelabuhan penyeberangan di Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil, Aceh, Senin (22/7/2019) malam. Bupati Aceh Singkil Dulmusrid resmi membuka kegiatan yang berlangsung hingga 27 Juli 2019 mendatang.

Pembukaan ditandai dengan menabuh rapai yang dilakukan Dulmusrid bersama unsur Forkopimda Aceh Singkil. Usai acara pembukaan, tamu undangan dan warga yang hadir disuguhkan dengan sejumlah hiburan.

Salah satunya yaitu tarian kolosal Basamo Kito Basatu (Bersama Kita Bersatu). Tarian yang ditarikan sejumlah remaja putra dan putri ini menyita perhatian. Mereka menari dengan apik di bawah kilauan cahaya lampu.

Masyarakat sekitar maupun wisatawan dari berbagai daerah ikut menikmati berbagai tarian. Selain itu, di lokasi acara para tamu undangan juga disuguhkan kuliner khas Aceh Singkil seperti ikan lobster, gulai rabu-rabu dan lainnya.

"Pengunjung yang datang ke Festival Pulau Banyak akan disajikan keeksotisan Kepulauan Banyak melalui fun surfing, camping pulau dan travel fam trip dan berbagai kegiatan lainnya," kata Dulmusrid dalam sambutannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar