Rabu, 08 Januari 2020

Tak Perlu Waktu Lama Liburan ke Pulau Tunda

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memutuskan pergi liburan ke Pulau Tunda. Pulau cantik di Serang ini sungguh menarik untuk dikunjungi.

Siapa sih yang tidak pernah melihat di social media yang menawarkan open trip untuk berkunjung ke suatu pulau? Mengunjungi pulau sudah menjadi kegiatan yang sangat kekinian untuk pergi berlibur.

Selain melihat keindahan di pulau tersebut, pasti ada kegiatan snorkeling untuk melihat kehidupan ikan di bawah dasar laut. Apalagi dapat melihat ikan badut atau yang kerap dikenal sebagai ikan nemo dari salah satu film animasi yang terkenal merupakan kesempatan yang jarang didapatkan.

Tidak bisa berenang? tidak perlu khawatir, kegiatan snorkeling dapat menggunakan life jacket atau pelampung, jadi tidak akan tenggelam.

Salah satu tempat yang tidak boleh tunda untuk dikunjungi ketika ingin melakukan snorkeling adalah Pulau Tunda. Pulau Tunda terletak di pulau luar Jawa bagian timur dari provinsi Banten.

Untuk mencapai ke sana, kami harus berlabuh selama 2 jam menggunakan perahu dari pelabuhan Karangantu, Kabupaten Serang. Untuk masuk ke pelabuhan Karangantu cukup mengeluarkan Rp 1.000 sebagai tiket masuk ke pantai Gope yang juga terletak di pelabuhan Karangantu. Perahu yang digunakan merupakan perahu nelayan yang biasa digunakan untuk mencari ikan.

Keberangkatan dimulai pukul 09.30 WIB dari pelabuhan dan tiba di dermaga Timur Pulau Tunda pukul 11.30 WIB. Begitu sampai kami disambut dengan gardu 'Selamat Datang di Pulau Tunda' dan di sebelahnya ada kantor Desa Wargasara.

Ternyata di Pulau Tunda sendiri terdiri dari 2 desa, orang-orang di sana biasa menyebutnya Desa Barat dan Desa Timur. Satu setengah jam sebelum snorkeling kami manfaatkan untuk makan siang, shalat, dan mempersiapkan peralatan untuk snorkeling yang terdiri dari kacamata, kaki katak, dan life jacket.

Jangan heran, di sini kalian tidak akan mendapat signal untuk mengakses internet, apalagi untuk update di social media. Di siang hari pun tidak ada listrik,warga akan mendapatkan listrik di malam hari untuk lampu sebagai penerangan.

Spot 1 dan 2 untuk snorkeling terletak di pantai bagian barat, jadi kami perlu ke sana menggunakan perahu mengitari pulau. Yang pertama adalah spot Cemara 1, airnya sangat jernih dan tenang sekali, kedua hal tersebut menjadi keuntungan bagi yang ingin melakukan snorkeling. Ikan dan terumbu karang sangat terlihat jelas dari permukaan laut.

Di sini kami melihat ikan nemo dan ikan dori, temannya nemo. Warnanya yang sangat merah dari nemo sangat mencolok daripada warna biru laut, sehingga mudah ditemukan. Kalau ingin mencari ikan nemo, carilah di anemon, mereka memang tinggal di situ untuk menghindari dari bentuk ancaman, maka dari itulah disebut nemo.

Lalu, spot 2 yang letaknya tidak jauh dari spot 1, yaitu Cemara 2. Di sini gelombang laut masih sangat tenang. Pantulan cahaya sore matahari menyinari langsung ke bawah dasar laut. Di sini kami meilhat ikan buntal atau ikan nyonya puff yang ada di film animasi Spongebob Squarepants.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar