Minggu, 29 Desember 2019

Tentang Museum Kereta Api Ambarawa, 5 Hal Ini Perlu Kamu Tahu

Museum Kereta Api Ambarawa bukan hanya sebagai tempat singgah kereta. Kini kamu bisa menikmati wisata dengan ditemani suasana stasiun beserta lokomotif kereta.

Museum Kereta Api Ambarawa Semarang merupakan sebuah stasiun kereta api kelas I yang sudah dialihfungsikan menjadi sebuah museum perkeretaapian di Indonesia. Museum yang terletak di Ambarawa, Jawa Tengah ini menjadi destinasi menarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Penasaran seperti apa sih stasiun kereta api yang kini menjadi museum ? Berikut ini 5 hal yang bisa kamu ketahui tentang Museum Kereta Api Ambarawa yang dirangkum detikTravel dari berbagai sumber.

1. Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa

Sejak 1970, lokomotif-lokomotif uap dan tua di Jawa Tengah sebagian dihancurkan, dipindahtangankan dan sisanya dijadikan barang rongsokan. Hingga pada tahun 1972, terjadinya banjir lahar pascaerupsi Gunung Merapi membuat penutupan akses jalur ke Magelang.

Akibat tertutupnya akses ke Magelang pada tahun 1975 membuat penutupan jalur kereta api Yogyakarta-Magelang-Secang turut terjadi. Hal ini memberi dampak pada penutupan Stasiun Willen I atau dikenal dengan Stasiun Ambarawa.

Gubernur Jawa Tengah yang saat itu menjabat, Soepardjo Rustam dan Kepala PJKA Eksploitasi Tengah, Soeharso pada 8 April 1976 memutuskan untuk membuka sebuah museum kereta api di Stasiun Ambarawa.

Dan, pada 21 April 1978 Museum Kereta Api Ambarawa dibuka secara resmi dan mulai menarik minat wisatawan. Kini, museum kereta api ambarawa 2019 masih dibuka untuk umum beserta fasilitas-fasilitasnya

2. Jadwal Kereta Wisata Ambarawa 2019

Di Museum Kereta Api Ambarawa, disediakan berbagai pilihan kereta program pariwisata, seperti kereta jadul mesin diesel. Perjalanan kereta ini memiliki jadwal operasi tiap hari.

Pengelola museum, memberikan keputusan untuk penambahan jadwal kereta yang diadakan setiap hari, kereta ini memiliki rute Ambarawa-Tuntang dengan harga tiket sekitar Rp 60 ribu per orang. Panorama terbaik saat menaiki kereta wisata ini ialah pemandangan Danau Rawa Pening.

3. Sistem Operasional Museum Kereta Api Ambarawa

Alamat Museum Kereta Api Ambarawa terletak di Jalan Stasiun, Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.
Museum ini beroperasi pada jam 08.00-17.00 setiap hari. Jadi, buat kamu yang ingin berkunjung tak perlu khawatir untuk datang ke sini ya.

Untuk harga tiket masuk Museum Kereta Api Ambarawa 2019 yang ditawarkan pun cukup terjangkau nih Detikers. Untuk usia dewasa akan dikenakan biaya sekitar Rp 10 ribu dan untuk anak-anak akan dikenakan biaya sekitar Rp 5 ribu.

4. Fasilitas dan Aktivitas Wisata

Di museum ini kamu akan diajarkan untuk lebih mencintai kereta api Indonesia nih Detikers, mulai dari sejarahnya hingga produk yang dihasilkan oleh kereta api Indonesia.

Berbagai fasilitas beserta aktivitas yang ditawarkan pihak museum untuk para pengunjung terdiri dari koleksi lokomotif-lokomotif uap, benda atik, wisata edukasi dan tur perjalanan wisata. Semua itu bertemakan tentang kereta api Indonesia dan pastinya seru untuk dilakukan bersama keluarga dan teman-teman.

Wisata edukasi yang dimaksudkan ialah penyediaan perpustakaan 'Kereta Api Pustaka', sejarah, jalur, replika dan halte kereta api Inodnesia.

5. Spot Foto Klasik yang Instagramable

Kurang rasanya, jika kamu tidak membuat kenangan dengan berfoto-foto ria di tempat wisata bukan. Nah, di Museum Kereta Api Ambarawa ini kamu bisa memilih tempat foto versi terbaikmu loh.

Karena memiliki desain yang unik dan klasik tempoo dulu, tempat ini instagramable untuk foto yang dihasilkan. Beberapa spot foto terbaik seperti di gerbong kereta api, rel kereta api, dan halte kereta api.

Wah, seru banget ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar