Minggu, 29 Desember 2019

Menakar Potensi Pariwisata di Ibu Kota Baru

 Palu sudah diketok. Ibu kota bakal pindah. Meski lokasinya masih belum pasti, tapi setidaknya kita bisa menakar potensi pariwisata di ibu kota baru. Apa saja?

Ibu kota Indonesia dipastikan akan pindah. Bukan lagi Jakarta, melainkan sebuah kota baru di Kalimantan yang namanya belum diumumkan. Begitu pula dengan lokasinya.

Meski lokasi ibu kota baru masih abu-abu, tapi setidaknya kita bisa menerawang potensi pariwisata di sana. Lewat desain ibu kota baru yang diungkap ke publik, traveler bisa meraba-raba di mana saja destinasi wisata yang bisa dikunjungi di kota baru pengganti Jakarta itu.

Dari desain yang beredar di publik, ibu kota baru akan terbagi menjadi 4 kawasan besar yaitu Kawasan Inti Pusat Pemerintahan, Kawasan Ibu Kota Negara, Kawasan Perluasan 1 dan Kawasan Perluasan 2.

Dihimpun detikcom, Jumat (23/8/2019), berikut potensi pariwisata yang ada di ibu kota baru:

1. Taman Budaya

Di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan seluas 2.000 hektar, selain ada Istana dan Kantor Lembaga Negara, disebutkan juga akan ada Taman Budaya. Patut dinantikan seperti apa konsep dan realisasi dari Taman Budaya ini.

Apakah Taman Budaya ini akan seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII)? Dimana semua kebudayaan dari seluruh penjuru Nusantara terangkum di anjungan-anjungan daerah, atau ada bentuk dan konsep baru yang lain?

Taman Budaya ini tentunya akan jadi salah satu destinasi wisata di ibu kota baru. Para tamu negara bisa diajak ke sini agar lebih dekat dan paham betapa luhurnya kebudayaan bangsa Indonesia.

2. Botanical Garden

Selain Taman Budaya, di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan seluas 2.000 hektar disebutkan akan dibuat juga sebuah Botanical Garden alias Kebun Raya.

Kawasan Kebun Raya di ibu kota baru ini tentu akan menarik untuk dilihat. Wajah ibu kota baru pasti akan terlihat lebih hijau dengan adanya Kebun Raya ini.

Sudah ada contoh bagaimana kebun raya bisa dibangun di tengah kota modern dan berintegrasi dengan cantiknya. Lihat saja The Royal Botanical Garden Sydney, atau Gardens by The Bay Singapura.

Semoga kebun raya di ibu kota baru bisa seperti 2 contoh itu ya, atau bahkan bisa lebih cantik dari keduanya.

3. Pusat Belanja dan Mal

Di kawasan Ibu Kota Negara seluas 40 ribu hektar, ada peruntukan untuk Pusat Belanja dan Mal. Nantinya di kawasan ini akan jadi pusat bisnis, pendidikan dan kesehatan.

Adanya pusat perbelanjaan dan mal tentunya akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sana. Kawasan ibu kota baru akan jadi destinasi wisata belanja

4. Taman Nasional

Dari desain ibu kota baru yang beredar, di Kawasan Perluasan 1 seluas 200 ribu hektar terdapat juga area Taman Nasional. Keberadaan Taman Nasional di kawasan ini akan melengkapi Botanical Garden yang ada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan dan akan membuat wajah ibu kota baru jadi lebih hijau.

5. Kebun Binatang

Terakhir, masih di area yang sama dengan Taman Nasional, yaitu di Kawasan Perluasan 1, akan ada Kebun Binatang. Adanya Kebun Binatang tentunya menarik wisatawan untuk datang.

Apakah nantinya kebun binatang di ibu kota baru ini akan seperti Kebun Binatang Ragunan atau bahkan lebih bagus? Kita nantikan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar