Minggu, 29 Desember 2019

Katakan Cinta dengan Bunga Tulip di Keukenhof

 'Katakan dengan bunga', itulah ungkapan cinta zaman dulu. Kalau di Jepang ada sakura, nah di Belanda ada bunga tulip di Keukenhof.

Saya berbagi pengalaman seru di Taman Bunga Keukenhof Belanda. Fasilitas di Keukenhof lengkap, ada tempat makan outdoor, toko suvenir, dan wahana outbound mini bagi anak-anak. Sangat seru sekali, d'Travelers!

Kalau ke Belanda, belum afdol kalau belum ke Keukenhof! Keukenhof ini biasanya buka 21 Maret sampai 10 Mei, karena musim semi saat bunga-bunga bermekaran. Di luar jadwal itu, saat musim panas, musim gugur dan musim dingin Keukenhof ditutup untuk umum. Jam buka setiap hari mulai pagi hari pukul 08.00 hingga pukul 19.30. Jam 19.30 masih terang, jadi seperti siang, belum gelap.

Waktu saya ke sana akhir Maret 2019, musim semi dan suhunya masih dingin! Suhunya sekitar 10 derajat Celcius, jadi pakai jaket tebal, biar nggak kedinginan.

Saat itu, harga tiket masuk ke Keukenhof, tiket dewasa 17 Euro per orang, sedangkan anak-anak usia 4-17 tahun harganya 8 Euro per orang. 1 Euro saat itu sekitar Rp 16.000. Tiket ini udah termasuk biaya bus ke Keukenhof dari stasiun Amsterdam Rai. Di Amsterdam Rai, sudah standby bus-bus menuju Keukenhof.

Udaranya enak banget. Jauh sekali dari Jakarta yang panas hehe. Udara di Amsterdam, khususnya di Dam Square ini sejuk banget, kalau berbicara keluar seperti ada asap, seperti di daerah Puncak. Keren banget!

Waktu saya ke sana, tema Keukenhof tahun 2019 adalah 'Flower Power'. Ketika saya masuk ke Keukenhof, di ladang rumputnya tertulis 'Flower Power', artinya Kekuatan Bunga. Ini maksudnya bukan kekuatan bunga deposito ya. Di Keukenhof kekuatan bunga tulip dapat menyatukan orang-orang dari seluruh dunia untuk menikmati keindahan warna-warni dan keharumannya. Flower Power menandakan perayaan 70 tahun Keukenhof. Keukenhof artinya kebun dapur atau 'garden'. Taman Bunga Keukenhof Belanda ini terletak 40 kilometer sebelah barat daya Amsterdam. Taman seluas 32 hektar ini bisa menampung lebih dari 7 juta bunga dengan total 800 varietas tulip. Keberadaan danau, sungai, serta pohon-pohon besar turut menghadirkan kesejukan.

Saya mampir juga ke toko suvenir, d'Travelers bisa beli bunga dan oleh-oleh di sana, karena Keukenhof ini memamerkan bunga dari berbagai negara di sana, dan kini Belanda menjadi eksportir bunga terbesar di dunia.

Seru sekali, saya sekeluarga foto-foto, karena tempatnya Instagramable. Karena saya suka sekali memainkan saxophone, jadi saya bawa saxophone ke Keukenhof ini. Ketika saya lagi foto-foto, ada seorang wanita Belanda, beliau minta izin untuk mengambil gambar saya. Wah saya senang sekali dijadikan foto model saxophonist di bawah pohon . Saya langsung bergaya dengan saxophone saya. Seru!

Saya juga mampir ke Kincir Angin, saya naik ke lantai 2 untuk melihat langsung Kincir Angin berputar, dingin, udaranya segar sekali. Di depan wahana Kincir Angin, ada atraksi sepeda kuno tahun 1800-an. Sepedanya besar d'Travelers, jadi butuh dibantu sama pegawainya untuk naik sepedanya. Lalu saya foto-foto juga naik sepeda. Wah asyik banget. Di depan wahana sepatu raksasa terbuat dari kayu warna kuning, anak-anak saya suka sekali lalu masuk ke sepatu raksasa Belanda tersebut, lalu foto-foto.

Fasilitas di Keukenhof sangat lengkap, ada tempat makan outdoor, toko suvenir, dan wahana outbound mini bagi anak-anak. Anak-anak saya senang sekali dengan wahana outbound ini. Di sana ada Taman Labirin, saya ikutan juga masuk ke Taman Labirin ini bareng anak-anak untuk mencari jalan keluar, sangat menyenangkan sekali. Kemudian ada wahana berjalan di atas tali. Anak-anak senang sekali bermain di sini. Lalu saya kaget, ada anak Belanda, dia memainkan pullup bar, dia memutarkan badannya di atas tiang berkali-kali. Saya saja tidak bisa. Jadi ternyata dari kecil anak-anak Belanda udah biasa main pull-up bar, memutarkan diri sendiri pakai kekuatan tangan. Luar biasa! Tersedia juga area outbound Flying Fox mini, widih asyik banget, anak-anak senang ikutan main flying fox mini. Anak-anak turis lainnya ikutan juga, wah seru deh!

Kalau mau menelusuri danau, d'Travelers bisa sewa perahu. Di sana ada pohon Sakura juga, jadi nggak perlu ke Jepang, karena di sini banyak bunga dari berbagai negara. Pengalaman Keukenhof sangat menyenangkan dan tidak terlupakan.

Karena dulu dapat hadiah ke Belanda, saya berharap juga dapat hadiah ke Dubai. Kalau saya mendapatkan kesempatan ke Dubai, saya mau kunjungi Burj Khalifa, Air Mancur Dubai, Dubai Miracle Garden, IMG Worlds of Adventure, Ski Dubai, Taman Al Mamzar, My Safari Dubai, dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar