Minggu, 29 Desember 2019

Promo Wisata Tak Usah Tunggu Bandara Baru Yogya Selesai

Yogyakarta Internasional Airport (YIA) tidak lama lagi rampung. Menteri Pariwisata, Arief Yahya minta promosi wisata sudah dimulai untuk mengaet wisman.

"Saya tahu ini belum tuntas (pembangunan YIA) tapi mulai saja pemasaran. Tadi sudah sepakat berinergi, baik dari Kemenpar, Angkasa Pura dan Garuda untuk mendatangkan wisatawan mancanegara ke YIA," ujarnya di sela-sela kunjungan ke Yogyakarta International Airport (YIA), Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Jumat (23/8/2019).

Menurut Arief, hal tersebut sangat penting, mengingat kebanyakan wisatawan asing datang ke Indonesia melalui pesawat. Karena itu ia meminta semua pihak berlomba-lomba membuat program khusus yang mampu menarik wisatawan asing untuk datang ke Indonesia.

"Karena seperti yang diketahui, wisman (wisatawan mancanegara) yang datang ke Indonesia mayoritas datang melalui airport, dan itu (pemasaran YIA) harus mulai seperti famtrip (Familiriarization Trip) dan carter flight ke negara-negara pasar utama kita," ucap Arief.

Arief mencontohkan, pihak yang sudah gencar melakukan pemasaran YIA adalah PT Angkasa Pura (AP) I. Ia menyebut, pemasaran yang dilakukan AP I seperti halnya program free landing fee untuk maskapai penerbangan dengan tujuan YIA.

"Contohnya tadi landing fee dibebaskan 6 bulan free, itu memang harus begitu. Jadi jangan pelit-pelit untuk promosi seperti Angkasa Pura I. Demikian pula dengan teman-teman Kemenpar dan Dispar harus beri insentif, tapi tidak hanya di akses, mohon di headline, teman-teman yang punya atraksi, atraksi itu contoh itu Borobudur juga harus memberikan insentif," katanya.

Pemilik akomodasi juga diminta memberikan insentif. "Contoh wisman dari China katakan sepakat semua tahun ini atau 6 bulan pertama diberikan diskon khusus saat null season," imbuh Arief.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (AP I) Faik Fahmi membenarkan adanya free landing fee untuk maskapai dengan tujuan YIA. Menurutnya, hal itu untuk mencapai target 2 juta kunjungan wisata di DIY-Jawa Tengah. Free landing fee ini untuk memotivasi maskapai yang ingin menerbangkan pesawatnya ke Yogyakarta International Airport.

"Iya, policy (kebijakan) yang kita lakukan untuk mendukung kegiatan pariwisata, kita juga memberikan free landing fee sampai 6 bulan ke depan, kalau ada yang charter maupun regular kita kasih free landing fee, dan setelah 6 bulan kasih diskon 50 persen," ujar Faik.

Wisata Religi di Jakarta Akhir Pekan, Yuk ke Masjid Sunter

 Akhir pekan sudah di depan mata. Kalau mau wisata religi di Jakarta, kamu bisa ke Masjid Ramlie Musofa yang artistik.

Ada tempat wisata di Jakarta yang mirip Taj Mahal. Itulah Masjid Ramlie Musofa. Alamatnya ada Jalan Danau Sunter Selatan Blok I 10 No12, Jakarta Utara.

Masjid ini dibangun tahun 2011 dan selesai pada 15 Mei 2016. Diketahui, penamaan nama Ramlie diambil dari nama sang pengusaha. Sedangkan kata Musofa merupakan gabungan singkatan dari ketiga nama depan anaknya.

Masjid dengan empat lantai ini memiliki ketinggian 35 meter serta kapasitas sekitar 1.000 jamaah. Tak tanggung-tanggung, bahan marmer yang menghiasi masjid seluas 2.000 meter ini pun kabarnya didatangkan langsung dari Italia dan Turki.

Berkunjung ke sini, traveler akan disuguhkan oleh arsitektur masjid nan megah dan dominasi warna putih pada bangunan. Wisatawan nanti akan berasa sedang di Agra, India. Karena masjid ini memiliki penampilan yang tidak jauh beda dengan Taj Mahal.

Tidak hanya megah dari luar, dari dalam pun wisatawan akan terpukau. Ruang salat memiliki interior yang menawan. Selain itu, terdapat beberapa pilar, lampu pijar dan kubah bertuliskan Allah yang tampak jelas. Suasananya pun sejuk dan menenangkan hati.

Menjelang peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram, memang cocoknya wisata religi di Jakarta. Nanti pun untuk menyambut Tahun Baru Islam akan ada Jakarta Muharram Festival lho.

Festival digelar di Bundaran Hotel Indonesia pada Sabtu, 31 Agustus 2019. Acara akan dimeriahkan oleh artis-artis Tanah Air seperti Kotak, Opick, Pasha, Wali, Bimbo, Fatin, dan masih banyak lagi. Saksikan Jakarta Muharram Festival live di Trans TV mulai pukul 20.00 dan live streaming di detikcom pukul 17.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar