Selasa, 24 Desember 2019

Seputar Hutan Pinus Mangunan, Wisata Instagramable di Yogyakarta

 Hutan Pinus Mangunan di Yogyakarta menjadi salah satu tempat wisata yang instagramable. Hal ini pun menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang.

Ada banyak spot foto menarik di Hutan Pinus Mangunan, seperti dereta kursi kayu, sarang burung, tangan terbuka, serta hammock bertingkat. Setiap jepret, hasil fotonya tentuk tak akan mengecewakan.

Nah, berikut fakta-fakta Hutan Pinus Mangunan yang dirangkum detikTravel dari berbagai sumber:

1. Lokasi

Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun, jarak dari pusat kota Yogyakarta mencapai 21,3 kilometer.

2. Harga Tiket

Tiket masuk di Hutan Pinus Mangunan dipatok sebesar Rp 2.500 per orang. Kemudian, untuk biaya parkir dikenakan sebesar Rp 3.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk bus.

3. Fasilitas

Wisata Hutan Pinus Mangunan buka sejak pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB setiap hari. Wisata ini juga dilengkapi dengan area outbond, mushola, hingga toilet umum.

4. Spot Foto

Hutan Pinus Mangunan menghadirkan pengalaman berbeda di tempat wisata karena pengunjung dapat 'menyatu dengan alam'. Spot foto di sekitarnya pun tak kalah banyak, seperti Hutan Buah Mangunan, Jurang Tambelan, Pinus Pengger, hingga Bukit Pangkuk Kediwung.

Bukan Stasiun Gambir, Ini Gunung Gambir

Nama Gambir identik dengan stasiun di Jakarta Pusat. Tak hanya itu, di Jember ada perkebunan teh bernama Gunung Gambir.

Umumnya Jember identik dengan wisata pantai, tapi nyatanya ada opsi wisata menarik lain yang bisa traveler kunjungi. Salah satunya adalah kebun Gunung Gambir yang berada di lereng Gunung Argopuro.

Dikunjungi detikcom beberapa waktu lalu, objek wisata yang satu ini memang masih kurang populer. Akses yang cukup sulit diketahui menjadi alasan, mengapa banyak orang malas pergi ke sana. Jaraknya 60 KM dari pusat Kota Jember.

Untuk informasi Kebun Gunung Gambir merupakan BUMN yang berada di bawah PT Perkebunan Nusantara XII. Konon perkebunan teh ini sudah ada dari zaman Belanda tahun 1918, sebelum dinasionalisasi oleh Pemerintah.

Menariknya, traveler bisa menyaksikan langsung proses pemetikan, pengolahan teh hingga siap minum. Tak cuma itu, traveler juga bisa menemukan aneka fasilitas pendukung seperti lapangan tenis, kolam renang dan lainnya.

Bagi kamu yang suka swafoto, Kebun Gunung Gambir juga menyediakan aneka spot foto kekinian dengan aneka bentuk. Instagramable banget deh!

Tiket masuk ke Kebun Gunung Gambir ini pun cukup terjangkau. Biayanya adalah Rp 3 ribu per orang dan parkir kendaraan roda dua Rp 5 ribu.

Berwisata ke Kebun Gunung Gambir tentu tak selelah mendaki gunung sungguhan. Jadi, Gambir bukan hanya nama stasiun kereta api loh ya!

Annyeong! Ke Korsel Kini Gratis Visa Hingga Desember 2019

Kabar baik bagi traveler yang ingin berwisata ke Korea Selatan. Pemerintah setempat memberikan visa gratis bagi WNI & WN ASEAN lho!

Berdasarkan rilis yang diterima oleh Kedutaan Besar Republik Korea Selatan di Indonesia, Rabu (11/9/2019) pemberlakuan bebas visa berlaku mulai pengajuan tanggal 1 Oktober hingga 31 Desember 2019 mendatang. Jenis visa yang berlaku yakni kunjungan singkat (C-3) atau single entry dengan masa waktu 90 hari.

Traveler akan dibebaskan biaya 40 USD, namun tetap harus membayar biaya administrasi Korea Visa Application Center (KVAC) senilai Rp 196 ribu. Masa proses visa Single Entry memakan waktu 6 hari kerja, sedangkan Multiple dan Group Visa memakan waktu 2 hari kerja.

Pembebasan biaya visa ini berlaku untuk WNI & 10 negara ASEAN. Kemudahan ini diberikan dalam rangka penyelenggaraan ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit, yang juga menjadi momen 30 tahun berlangsungnya Dialogue Partnership Korsel dan sejumlah negara Asia Tenggara.

Selain itu, Indonesia menjadi salah satu pengunjung besar Korsel dan meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2018, kedutaan besar Republik Korea untuk Indonesia telah menerbitkan 157.924 visa dengan peningkatan mencapai 15 persen per tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar