Sabtu, 28 Desember 2019

Travel & Event, Atraksi Pariwisata Baru yang Mengincar Milenial

Sektor pariwisata kini bukan sekadar destinasi biasa. Bahkan, merambah ke atraksi event atau acara yang jadi incaran wisatawan.

Festival atau event umumnya dikenal menjadi ajang seni bagi para penikmatnya. Tetapi ternyata kini hal tersebut menjadi atraksi baru bagi industri pariwisata. Tidak jarang, orang bepergian hanya untuk datang ke sebuah event.

Tak ayal, incaran ini pun berfokus kepada milenial. Menurut Chief Marketing Officer dan Co Founder tiket.com Gaery Undarsa, hubungan event dan pariwisata sangat besar dan menjadi pasar tersendiri. Hal ini dibuktikan oleh tiket.com yang menjadi partner dalam sejumlah festival dan acara seni lainnya.

"Misalnya DWP (Djakarta Warehouse Project) beberapa waktu lalu cukup gede di Bali, dan banyak yang datang orang Jakarta. Bersama partner kita membuat paket untuk para customer," ujarnya saat ditemui dalam press conference Ultieight Anniversary tiket.com di Grand Hyatt, Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Selain itu, tiket.com juga memberikan sejumlah promosi dan kerja sama dengan hotel untuk penjemputan ke area festival. Hal ini pun juga dilakukan saat event Kudus Relay Marathon yang didominasi oleh wisatawan luar daerah tersebut.

"Saat event Kudus Relay Marathon kemarin, sport event tersebut juga banyak diminati. Banyak wisatawan terbang ke sana, bukan sekadar untuk warga lokal tetapi juga daerah untuk mempromosikan daerah tersebut," tambah dia.

Bahkan, Gaery mengatakan bahwa pemesanan di tiket.com selama event bukan sekadar tiket acara. Tetapi juga hotel dan maskapai. "Kalau DWP itu 70 ribu, pasti 10 persennya aja dari Bali. Pemesanan juga bertambah, kalau Kudus 6.000 pun ikut dengan hotel," tambah dia.

Aneka Destinasi Wisata yang Bisa Didatangi dengan Naik Kereta

Liburan ke berbagai destinasi sekarang dimudahkan dengan naik kereta api. Kamu bisa pergi ke beberapa destinasi populer. Apa saja ya?

Tren traveling kini menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Salah satu kendaraan yang kini jadi pilihan adalah kereta api jarak jauh. PT KAI mengelola kereta api jarak jauh di sepanjang Pulau Jawa. Memulai perjalanan dari Jakarta, traveler bisa liburan ke berbagai daerah menggunakan kereta api.

Rute paling dekat yang populer adalah Bandung. Traveler bisa liburan ke Lembang atau Ciwidey di Bandung. Kemudian ada rute ke Cirebon yang bisa mengantarkan kamu melihat Keraton Kasepuhan.

Liburan ke jalur selatan, traveler bisa mengunjungi Yogyakarta, Solo sampai Malang. Ketiga kota ini punya banyak destinasi wisata keren yang tersebar di berbagai tempat. Sedangkan di jalur utara, ada Tegal, Pemalang, Semarang sampai Surabaya.

Berbeda dengan bandara yang berada di luar kota besar, keberadaan stasiun dekat dengan kota. Sehingga mempermudah traveler untuk mengunjungi berbagai destinasi di tengah kota.

Contohnya saja Semarang. Dari stasiun Poncol atau Tawang Jawa, traveler hanya perlu sekitar 15 menit menuju Lawang Sewu. Kemudian ada Tugu Muda dan Simpang Lima.

Mungkin traveler penasaran, rute terjauh KAI sampai mana sih?

"Rute terjauh ada di Banyuwangi. Dulu ada Bali, namun sudah tidak aktif lagi," Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI, di Kantor Jakarta Railway Center.

Meski sudah tidak aktif lagi, namun Edi menambahkan bahwa rute menuju Bali diminta untuk aktif kembali.

detikcom masih akan membahas segala hal tentang kereta api. Kamu yang ngaku anker (anak kereta) tunggu artikel selanjutnya ya di Travel Highlight: Liburan Pertama Naik Kereta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar