Selasa, 07 April 2020

KLB COVID-19, Cianjur Tutup Seluruh Destinasi Wisata

Pemerintah Kabupaten Cianjur mengeluarkan surat edaran agar seluruh tempat wisata tutup sementara untuk mencegah penyebaran COVID-19. Imbauan itu juga berbarengan dengan penetapan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Corona di Cianjur.
Ada tiga poin dalam surat edaran dengan nomor 556/2046/DISPARPORA yang ditetapkan dari hasil rapat koordinasi di Kabupaten Cianjur berkaitan dengan COVID-19. Diantaranya melakukan penutupan sementara destinasi wisata selama 14 hari, mulai 14-30 Maret 2020, serta melaksanakan protokol disinfeksi pada setiap fasilitas di tempat wisata selama masa penutupan.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan rekomendasi untuk penutupan itu sudah berlaku sejak hari ini. Diharapkan peraturan itu diikuti oleh setiap pengelola destinasi wisata di Cianjur.

"Kami sudah keluarkan surat edaran, sudah ada dasarnya. Kalau memang tidak diikuti silakan itu jadi tanggungjawab dari pengelola jika terjadi sesuatu. Tapi pastinya akan kami beri teguran dulu kalau tidak diindahkan edaran ini," ucap Herman kepada detik.com, Selasa (17/3/2020).

Herman mengatakan, penutupan tempat wisata tersebut bukan berarti Cianjur lockdown, tetapi merupakan langkah yang diambil dengan ditetapkannya penyebaran virus Corona ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Hingga saat ini belum ada warga Cianjur yang terpapar virus Corona. Adapun pasien meninggal akibat Corona yang dirawat di RSDH merupakan warga Bekasi.

"Kita tidak lockdown, hanya menetapkan statusnya KLB. Untuk mencegah dilakukan penutupan destinasi wisata. Tapi sebenarnya lebih ke meminimalisir berkerumunnya orang. Apalagi dikhawatirkan dengan Jakarta yang sudah menutup wisata lebih dulu, membuat wisatawan tumpah ke Cianjur," paparnya.

Terpisah, Kordinator Retribusi K5 Kebun Raya Cibodas, Adih Saputra, mengatakan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan tim pengelola lainnya terkait rencana penutupan kawasan wisata Cibodas. Rencananya penutupan diberlakukan mulai pekan depan.

Tetapi, menurut Adih, tanpa ditutup pun destinasi wisata Kebun Raya Cibodas sudah sepi sejak akhir pekan lalu. Bahkan hanya ada beberapa pengunjung yang datang, sedangkan sejak kemarin tidak ada satupun pengunjung yang datang.

"Biasanya kalau weekday itu ada saja puluhan orang yang datang, tapi kemarin dan hari ini kosong, tidak ada satupun yang datang. Tapi karena sudah ada edaran, kemungkinan besar akan ditutup," ucapnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua Kompepar Jangari, Hendrawan, mengaku siap untuk menutup destinasi wisata air Waduk Jangari. Tetapi dia mengaku bingung, lantaran Jangari tidak hanya jadi tempat wisata namun terdapat aktivitas perekonomian budidaya ikan.

"Susah kalau untuk Jangari, karena ada hilir mudik pengiriman ikan di sini. Kami siap untuk menutup, tapi minta arahan lebih lanjut dari dinas untuk teknisnya bagaimana," tuturnya.

Keadaan Semakin Pulih, Beberapa Wisata China Kembali Dibuka

Saat virus Corona semakin menyebar di berbagai negara, kota-kota di China kini mulai pulih. Masyarakat setempat mulai melangkahkan kaki dari lingkungan rumah.
Dilansir dari South China Morning Post, setelah selama lebih dari sebulan dikurung di rumah karena wabah virus Corona, warga China, terutama di Beijing akhirnya keluar dari lingkungan tempat tinggal mereka. Kabarnya, penyebaran penularan virus Corona telah menunjukkan tanda-tanda pengurangan di seluruh Tiongkok.

"Saya bosan mati tinggal di dalam rumah dan hanya sesekali belanja untuk keperluan sehari-hari di lingkungan sekitar selama satu bulan terakhir. Pemandangan alam dan hembusan udara segar hampir membuat saya menangis," kata salah satu warga Beijing yang berusia 25 tahun.

Seluruh China telah memberlakukan lockdown sejak akhir Januari ketika wabah virus Corona membuat negara ini terhenti seketika. Namun, agen perjalanan online di China mengatakan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari wisatawan domestik sejak akhir Februari.

"Puncak pemesanan harian Februari melonjak sebesar 230 persen dari level terendah yang tercatat di bulan yang sama," kata Manajer Umum Hubungan Masyarakat perusahaan pemesanan perjalanan online Tongcheng-Elong, Chai Yinghui.

Para wisatawan sudah banyak melakukan reservasi untuk rencana perjalanan jangka panjang. Pada Minggu terakhir di bulan Februari, pemesanan untuk penerbangan domestik untuk keberangkatan bulan Juni mendatang naik 250 % dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

"Mereka meninggalkan kota-kota di China tengah dan barat, seperti Chengdu, Zhengzhou dan Kunming untuk melakukan perjalanan ke kota-kota timur termasuk Guangzhou, Shenzhen dan Shanghai," kata Chai Yinghui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar