Minggu, 17 Mei 2020

Beragam Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Vitamin D

 Vitamin D jadi salah satu nutrisi penting dalam tubuh. Banyak cara untuk mendapatkan vitamin D mulai dari mengonsumsi susu, jus jeruk, telur, hingga ikan. Vitamin D bisa didapatkan ketika tubuh terkena sinar matahari.
Banyak manfaat yang didapat vitamin D bagi tubuh kita terutama untuk mencegah berbagai panyakit. Berikut beberapa penyakit yang dapat dicegah seperti dikutip dari The Star.

1. Osteoporosis

Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium. Tanpa jumlah yang cukup dari calcitriol, bentuk aktif vitamin D, tubuh tidak dapat menyerap cukup kalsium dan fosfat yang keduanya sangat penting untuk mempertahankan tulang yang kuat.

2. Penyakit jantung dan stroke

Mengonsumsi vitamin D yang cukup dapat membantu mengurangi gagal jantung dan stroke. Banyak penelitian yang menyebutkan hubungan vitamin D dan beberapa gangguan kardiovaskular (jantung).

3. Diabetes

Dalam model sel menunjukkan bahwa vitamin D dapat meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan fungsi sel pankreas dan mengurangi peradangan. Semuanya membantu untuk mengelola diabetes.

4. Kanker

Sebuah penelitian menganalisis hubungan potensial antara vitamin D dan kanker ovarium, kanker prostat, kanker payudara dan kanker usus besar. Penelitian ini menunjukkan bahwa vitamin D mungkin merupakan cara yang efisien untuk membantu mengurangi risiko kanker.

Mulai Bosan dengan Social Distancing? Ini 6 Tips Agar Tetap Bahagia

Sejak virus corona semakin menyebar di Indonesia, Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk melakukan social distancing. Artinya, kita diminta untuk menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak dengan orang lain, dan menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.
Selain itu, banyak pula perusahaan yang telah menerapkan Work From Home alias bekerja dari rumah. Para karyawan diminta untuk tidak keluar rumah bila tidak ada urusan penting demi mencegah penyebaran virus corona.

Tidak bisa dipungkiri melakukan social distancing bisa menjadi hal yang sangat membosankan. Apalagi harus dilakukan berminggu-minggu tanpa adanya interaksi sosial secara tatap muka.

Tapi jangan khawatir, detikcom akan memberikan rekomendasi kegiatan untuk kamu yang mulai bosan melakukan social distancing agar tetap produktif di rumah dikutip dari beberapa sumber. Apa saja?

1. Memasak
Selama bekerja, mungkin kamu jarang ke dapur untuk memasak. Saat inilah waktu yang tepat untuk kamu untuk bereksperimen berbagai menu yang bisa kamu coba di rumah. Kalau kamu punya anak kecil libatkan anak sebagai bonding yang menyenangkan, dan lakukan bersama.

2. Olahraga
Mengisolasi diri di rumah tidak menjadi alasan diri kamu untuk tidak berolaraga yah detikers. Justru kamu juga bisa dilakukan di rumah loh. Olahraga kecil di pagi hari bisa tetap menyehatkan tubuh kamu. Coba luangkan waktu 30 menit saja untuk menggerakkan badan. Misalnya mengikuti workout dan yoga melalui tayangan YouTube untuk membuat pikiran tetap fresh dan tenang.

3. Bekerja dari rumah

Beberapa perusahaan memang sudah mengeluarkan kebijakan untuk Work From Home (WFH), kamu bisa menikmati pekerjaan di rumah sambil bersantai. Pastikan membuat list pekerjaan mana saja yang harus diselesaikan, jangan sampai malah jadi keteteran alias pekerjaan tidak selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar