Minggu, 24 Mei 2020

China Catat Nol Kasus Baru Corona, Pertama Kali Sejak Wabah COVID-19 Merebak

Otoritas China melaporkan nol kasus baru infeksi virus Corona pada 22 Mei, pertama kalinya sejak wabah COVID-19 merebak di Wuhan di akhir 2019 lalu.
Komisi Kesehatan Nasional China (NHC), dalam sebuah pernyataan mengatakan tak ada tambahan kasus infeksi Corona dalam 24 jam terakhir dibandingkan hari sebelumnya yang masih mencatatkan empat kasus penularan baru. Dua di antaranya adalah kasus impor.

"Kasus tanpa gejala COVID-19 turun menjadi 28 dari 35 sehari sebelumnya," tulis NHC dikutip dari Reuters.

China telah mengalami penurunan kasus virus Corona yang ditularkan secara lokal sejak Maret setelah adanya pemberlakukan pembatasan dan lockdown untuk membantu mengendalikan epidemi di negara tersebut.

Meski demikian, otoritas China menyebut masih terus melihat banyaknya kasus impor terutama pada warga Tiongkok yang baru kembali dari luar negeri. Wuhan juga melaporkan kelompok infeksi pertama sejak lockdown berakhir pada 8 April lalu yang mendorong pemerintah tetap menerapkan langkah-langkah penanggulangan.

Jumlah kasus yang dikonfirmasi di China saat ini mencapai 82.971. Sementara itu jumlah kematian tidak berubah atau tidak mengalami kenaikan di angka 4.634.

Banyak OTG Corona, Dokter Pesan Takbiran di Rumah Saja

Takbir keliling merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia dalam menyambut lebaran. Tradisi ini biasanya menjadi hal yang wajib dilakukan pada saat malam takbiran. Namun, di tengah kondisi pandemi Corona, banyak pihak melarang pelaksanaanya.
dr Heri Munajib dari Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah saat malam takbiran. Menurutnya, melakukan takbir di rumah tidak mengurangi manfaat dari kegiatan tersebut.

"Apakah kita dengan takbir di rumah atau mungkin takbir secara online menghilangkan esensi itu? Jelas tidak," ujar dr Heri saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/5/2020).

dr Heri menyebut banyak hal yang bisa dilakukan pada malam takbiran, salah satunya dengan takbir online. Masyarakat bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi tanpa perlu melakukan takbir keliling.

"Artinya takbiran di dunia digital itu tetap kita tidak mengurangi keesaan Allah. Memang sedikit merubah tradisi. Pesan saya, kalau kita bertakbiran (di rumah) silahkan lah. Saya kira banyak cara mengisi takbiran," jelasnya.

dr Heri kemudian mengimbau pemerintah untuk menindak tegas masyarakat yang masih melakukan takbir keliling di jalanan. Ia mengatakan dampak takbir keliling dapat menambah kasus positif Corona karena banyaknya kasus orang tanpa gejala (OTG) di sekeliling masyarakat.

"Ya sekarang kita menunggu ketegasan pemerintah saja. Kalau memang dari pemerintah pusat tidak boleh takbir keliling, Kementerian Agama juga sama, bahkan dari ormas juga mendukung," tutupnya.

Besok Lebaran! Ingat Ya Jangan Kalap Makan Biar Kolesterol Nggak 'Nanjak'

Besok lebaran! Opor ayam, rendang, gulai daging, sate kambing, sambal goreng ati ampela, segala macam kue dan minuman manis siap dihidangkan di hari lebaran.
Biasanya nih, lebaran hari pertama dijadikan ajang 'balas dendam' setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Padahal makanan yang disajikan saat lebaran kebanyakan mengandung santan dan berlemak. Nah ada beberapa panduan biar kolesterol nggak mendadak jadi tinggi saat lebaran.

"Sate kambing boleh makan, namanya juga makanan. Intinya asal tahu porsi boleh-boleh saja yang penting kalau makan, tahu batasnya," tutur dr Vito A Damay, SpJP, spesialis jantung dan pembuluh darah saat berbincang dengan detikcom di IGTV dan ditulis Sabtu (23/5/2020).

Sebenarnya, kolesterol naik dan kalap makan nggak nggak cuman terjadi di hari lebaran saja. Kata dr Vito, saat ini banyak orang yang tidak menerapkan pola hidup sehat, sering makan makanan manis dan berlemak meski di hari biasa yang ujung-ujungnya meningkatkan kolesterol sehingga berujung pada masalah kesehatan jantung.

"Yang jadi masalah, risiko seseorang bisa meningkat karena dia makan sembarangan. Makan sembarangan itu berarti makan yang berlemak dan manis-manis setiap hari. Sekarang orang bisa minum boba hampir tiap hari, jadi nggak lebaran juga sama saja," jelasnya.

Untuk menjaga diri agar kolesterol nggak nanjak, selain harus membatasi makan, penting untuk selalu berolahraga secara rutin. Tak perlu memilih olahraga atau latihan ekstrem, cukup jogging, berenang, atau bersepeda.
http://kamumovie28.com/bone-breaker/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar