Rabu, 20 Mei 2020

Susah Tidur Sejak Pandemi Corona? Ini Kemungkinannya Menurut Dokter Jiwa

Gangguan tidur mungkin sering dialami banyak orang terlebih saat pandemi Corona. Faktanya, jika tidak teratasi gangguan tidur bisa sebabkan imunitas menurun.
dr Lahargo Kembaren, SpKJ, psikiater dari RS SILOAM Bogor pun mengatakan gangguan tidur berdampak pada psikologis. Pemicunya bisa disebabkan karena stres, rasa cemas, dan depresi.

"Gangguan tidur berdampak tidak baik bagi kondisi fisik karena dapat menurunkan imunitas tubuh dan juga bagi kondisi psikologis karena dapat memicu munculnya stres, cemas dan depresi. Gangguan tidur saat pandemi COVID-19 juga dapat mengenai siapa saja seperti anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia," ujar dr Lahargo melalui pesan yang diterima detikcom beberapa waktu lalu.

Menurut dr Lahargo, rutinitas sehari-hari saat pandemi Corona bahkan bisa menjadi pemicu seseorang alami 'gangguan tidur'. Mengapa bisa begitu?

"Kondisi saat ini menyebabkan perubahan rutinitas sehari hari, misalnya working atau study from home, pembatasan sosial berskala besar (PSBB), social atau physical distancing membuat seseorang harus menyesuaikan diri, dan ini tidak mudah dilakukan," jelas dr Lahargo.

"Lebih banyak di rumah membuat irama sirkardian tubuh juga terganggu karena kurang terpapar dengan cahaya alami sehingga siklus tidur dan bangun menjadi terganggu. Pada mereka yang tidak bekerja, dapat terjadi 'oversleep' di pagi hari karena merasa tidak perlu terburu buru dan ini menyebabkan gangguan tidur pada malam harinya," lanjutnya.

Wajib Disimak! Trik Jitu Bunda Lindungi Buah Hati dari Corona

Penyebaran virus Corona masih perlu diwaspadai hingga saat ini. Meskipun rentan terhadap lansia, bukan berarti virus Corona tidak bisa menginfeksi lapisan masyarakat lainnya. Baik itu tua, muda, bahkan anak-anak sekalipun bisa terkena infeksi Corona. Itulah mengapa sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan keluarga.
Untuk melindungi si kecil di tengah pandemi Corona, banyak aktivitas yang bisa Bunda lakukan bersama si kecil. Namun, karena anak-anak suka berkegiatan, jajan, dan bermain, Bunda harus pastikan aktivitas yang dilakukan si kecil tidak membuatnya bosan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa aktivitas seru dan mengasyikan yang bisa dilakukan selama stay at home.

Bermain Bersama

Seperti yang diketahui, anak-anak bisa menjadi sangat moody saat berada di rumah. Agar anak tidak bosan di rumah, Bunda bisa coba lakukan kegiatan bersama anak seperti membuat video, karaoke, atau bahkan bermain bersama si kecil. Bunda juga bisa lakukan aktivitas fisik seperti senam bersama, bermain lompat tali, dan melakukan olahraga ringan di rumah. Selain menyenangkan, si kecil juga bisa tetap sehat dan aktif saat berada di rumah.

Ajak Anak Menjaga Kebersihan

Satu hal terpenting yang bisa melindungi si kecil dari virus dan penyakit adalah dengan menjaga kebersihan. Oleh karena itu, penting sekali bagi orang tua untuk selalu mengingatkan si kecil untuk menjaga kebersihan. Bunda bisa ajak si kecil untuk mencuci tangan yang benar setelah beraktivitas.

Beri Makanan dan Camilan Bergizi

Nutrisi menjadi hal yang tak kalah penting untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Oleh karena itu, pastikan Bunda memberikan asupan nutrisi yang bergizi untuk si kecil seperti sayuran, buah-buahan, dan susu. Jangan lupa juga untuk berikan buah hati Bunda vitamin untuk meningkatkan sistem imun.

Agar keceriaan si kecil bisa tetap terjaga selama di rumah, Bunda bisa juga berikan camilan yang disukai anak. Di tengah pandemi, jangan sampai si kecil jajan makanan yang tidak sehat. Bunda bisa berikan Inaco mini jelly, cemilan yang sudah jelas kebersihan dan kualitasnya, dari jus buah, tanpa pemanis buatan, sumber serat pangan, disukai si kecil dan dipercaya turun termurun oleh para bunda. Hadir dengan berbagai varian rasa, tentunya si kecil bisa beraktivitas dengan ceria saat berada di rumah.

Di tengah pandemi, PT. Niramas Utama (INACO) bersama BPOM dan Stimuno, peduli akan perjuangan melawan wabah ini dengan berkontribusi nyata memberikan suplemen herbal alami gratis untuk meningkatkan sistem imun si kecil dengan pembelian Inaco mini jelly isi 25 kemasan khusus Inaco Peduli. Sebab memberikan suplemen yang tepat untuk si kecil sangatlah penting. Dengan begitu, si kecil bisa terlindungi dari berbagai macam penyakit dan virus.

Nah, agar bisa bersama-sama melindungi si kecil dari Corona, INACO mengajak para ibu di Indonesia untuk bersama-sama melawan pandemi dengan terus menjaga kesehatan dan keceriaan si kecil. Yuk ikuti gerakan #INACODanMomsLawanCorona dengan berbagi informasi baik ini serta saling peduli dan berbagi kebaikan. Untuk info lengkap terkait gerakan ini, bisa dilihat di instagram dan facebook @sahabatinaco dan website resmi www.inacofood.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar