Jumat, 22 Mei 2020

Sepakbola Vietnam Bergulir Akhir Pekan Ini, Penonton Boleh ke Stadion

 Sepakbola di Vietnam bakal mulai kembali hidup usai lepas dari pandemi virus Corona. Stadion pertandingan boleh dihadiri penonton.
Pertandingan Duoc Nam Ha Nam Dinh vs Hoang Anh Gia Lai dalam kualifikasi Piala Nasional Vietnam, di Stadion Thien Truong, Sabtu (23/5/2020), menandakan sepakbola Vietnam hidup kembali. Aktivitas sepakbola di negara tersebut sudah mati sejak Maret lalu.

"Klub memutuskan untuk mengizinkan penonton (datang ke stadion) agar pertandingan tidak membosankan," kata direktur Nam Dinh, Tran Thai Toan, dikutip dari vnexpress.

"Tiket pertandingan dijual Jumat. Pertandingan ini sudah sangat ditunggu-tunggu pecinta sepakbola," sambungnya.

Meski sudah bisa dihadiri penonton, pihak penyelenggara hanya membuka separuh kapasitas tempat duduk di stadion. Stadion nantinya juga akan dibuka 150 menit sebelum laga. Lebih panjang satu jam dari biasanya.

"Semua orang yang memasuki stadion harus memakai masker dan menggunakan pembersih tangan. Kami akan mengambil setiap tindakan pencegahan untuk memastikan keamanan," Toan menegaskan.

Vietnam menjadi salah satu negara yang oke dalam meredam penyebaran virus Corona. Dari 324 kasus ada 264 orang yang sudah sembuh dan tanpa angka kematian.

Cerita Unik di Balik Pempek Kapal Selam yang Baru Dikenal Tahun 1970-an

Pempek kapal selam jadi varian pempek favorit banyak orang. Ukurannya besar dengan isian telur ayam yang gurih mantap di dalamnya.
Pempek adalah makanan khas Palembang yang terdiri dari banyak jenis. Beberapa yang populer adalah pempek kapal selam, lenjer, kulit, dan adaan. Ada juga pempek panggang, keriting, hingga pistel yang tak kalah nikmat.

Jika biasanya ukuran pempek relatif kecil atau sedang, jenis pempek kapal selam bisa dibilang yang paling beda. Pempek ini besar sehingga menyantap satu buah saja sudah bikin perut kenyang.

Mengenai asal-usulnya, pencinta pempek Laila Dimyati melalui akun Twitter @lailadimyati mengungkap sejarah pempek kapal selam. Ternyata penamaan kapal selam baru ada sekitar tahun 1970-an.

"Sebelumnya, orang Palembang menyebut kapal selam sebagai pempek telok besak," tulisnya. Pempek berisi telur besar ini berbeda dengan pempek telur yang juga populer di Palembang.

"Bicara kapal selam = bicara pempek telok kecik. Ada 3 pembeda antara kapal selam dan telur kecil: 1. Ukurannya, 2. Isiannya, 3. Penyajiannya," lanjut Laila. Dari segi ukuran, pempek kapal selam itu jumbo. Besarnya minimal 4 kali lipat dari pempek telur.

Untuk isian, pempek kapal selam memakai 1 telur utuh mentah. Laila menjelaskan, "Sementara isian pempek telur berupa telur kocok mentah. Inilah pembeda utama antara kapal selam dan pempek telur. Ibaratnya, kapal selam di isi telur ceplok, sementara pempek telur di isi telur dadar."

Pempek kapal selamPempek kapal selam Foto: Twitter @lailadimyati
Laila menyoroti proses mengisi telur utuh mentah ke pempek kapal selam bukanlah hal mudah. "Karena bisa saja ketebalan adonan pempek terlalu tipis hingga pecah, berantakan deh," sambungnya.

Ia juga mengatakan sekecil apapun ukuran pempek kapal selam, kalau isiannya berupa satu telur utuh mentah dengan ada kuning dan putih terpisah, maka harus disebut kapal selam.

"Adakah pempek kapal selam yang isinya telur di kocok? Ga ada. Karena ga ada artinya. Sama aja dgn makan 4 biji pempek telur kecil kan?," ujar Laila.

Terakhir, soal penyajian, pempek kapal selam pasti digoreng. "Sementara pempek telur jauh lebih asyik dimakan sesaat setelah di rebus, tanpa di goreng. Di gerai pempek di Palembang, lazim menyajikan pempek rebus untuk lenjer kecil, telur kecil, pepaya & keriting," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar