Senin, 25 Mei 2020

Berat Badan Naik Usai Lebaran? Mungkin Ini Penyebabnya

Sudahkah kamu menimbang berat badan usai Lebaran? Sebagian orang mengatakan berat badannya stabil, tapi banyak juga yang mengatakan berat badannya malah bertambah.
Selain porsi makan yang bertambah saat Lebaran, sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab badan melar setelah Lebaran.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebab badan kamu 'melar' usai Lebaran.

1. Konsumsi makanan tinggi kalori
Hidangan khas Lebaran umumnya tinggi akan kandungan kalori. Sebut saja ketupat, opor ayam, gulai ayam, rendang, nasi kebuli, lemang dan banyak lagi. Makanan tersebut biasanya diolah dengan santan yang tinggi kalori dan lemak.

Bila dalam satu hari kebutuhan kalori adalah sekitar 2000 kalori, jumlah tersebut dapat sekaligus Anda dapatkan dalam satu porsi makanan Lebaran. Inilah yang menyumbang pada kenaikan berat badan usai Lebaran.

2. Konsumsi makanan tinggi gula
Putri salju, nastar, kue semprit, kue lapis, dan beragam kue kering lainnya saat Lebaran mengandung gula yang tinggi. Ditambah lagi, minuman manis yang disajikan seperti es buah, sirup, cendol, es campur semakin menambah asupan gula dalam tubuh Anda. Hal ini tentu menyebabkan berat badan makin bertambah dan meningkatkan risiko obesitas maupun penyakit diabetes.

3. Kurang tidur
Bercengkrama dengan keluarga sering membuat lupa waktu hingga akhirnya Anda begadang selama beberapa hari. Hal ini membuat waktu tidur Anda berkurang dan terjadi peningkatan hormon ghrelin, yang dapat memicu nafsu makan. Akibatnya, Anda akan makin kalap untuk makan.

4. Kurang aktivitas fisik
Saat Lebaran, Anda mungkin lebih memilih untuk duduk dan bersantai di rumah. Akibatnya, tubuh akan mengalami surplus kalori, di mana jumlah kalori yang masuk akan lebih banyak daripada yang dibakar.

Kelebihan kalori tersebut akan menumpuk dalam tubuh, menjadi lemak dan membuat berat badan makin meningkat. Supaya berat badan tak melonjak terus naik, perhatikanasupan makanan dan jangan lupa melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari.

PPNI Berduka, Perawat Indonesia PDP Corona Meninggal di Kuwait

Persatuan Perawat Nasional Indonesia kembali sampaikan kabar duka. Perawat Indonesia di Kuwait meninggal dunia dalam status PDP Corona.
Kabar ini disampaikan Ketua Umum PPNI Harif Fadhillah pada Senin (25/5/2020). Perawat tersebut bernama Nanang Suyono bertugas di Alnafisi Sabah Dialisys, Kuwait.

"Meninggal dunia hari Senin (25/5/2020), perawat Indonesia di Kuwait, status PDP Corona," ungkap Harif saat dihubungi detikcom Senin (25/5/2020).

PPNI menyampaikan duka mendalam atas kepergian almarhum saat bertugas menangani pandemi Corona. Almarhum Nanang Suyono wafat di ICU Kuwait.

"Wafat di ICU Kuwait. Beliau memang bertugas di sana," tambah Harif.

Satu persatu garda terdepan dalam penanganan virus Corona berguguran. Harif pun mengajak masyarakat agar lebih patuh dalam melakukan protokol kesehatan yang selalu diimbau pemerintah.
https://indomovie28.com/black-clover-episode-79-subtitle-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar