Minggu, 17 Mei 2020

Waspada! Penyandang Diabetes Rentan Terkena Paparan Virus

Virus Corona (Covid-19) sudah dinyatakan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Oleh karena itu, perlu kewaspadaan agar virus tersebut tidak menyerang tubuh.
Apalagi bagi para penyandang diabetes, perlu ekstra hati-hati karena berdasarkan WHO dan Center for Disease Control and Prevention, diabetes merupakan salah satu penyakit yang rentan terpapar virus, termasuk virus corona.

Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita menyebut meski tidak ada kaitan langsung, namun orang yang memiliki diabetes menempati risiko tertinggi terpapar Covid-19 lebih tinggi dibanding penyakit jantung dan gangguan paru-paru. Hal ini sebagai akibat tidak efektifnya hormon insulin dan kadar gula darah yang tinggi. Bahkan mereka yang meninggal kebanyakan adalah yang sudah ada co-morbiditasnya.

"Kadar gula yang tinggi dalam darah dapat membahayakan sistem imun, yang akhirnya membuat tubuh rentan terinfeksi virus dari luar," terang dr Adeline kepada detikHealth, Selasa (24/3/2020).

Oleh karenanya, penyandang diabetes harus mengendalikan kadar gula darahnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga risiko terpapar virus, termasuk virus corona akan semakin sedikit.

"Penyakit diabetes adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, hanya dapat dijaga kadar gula darah agar tetap stabil agar menghindari terjadinya komplikasi jangka panjang terhadap pembuluh darah seperti stroke, penyakit jantung, penyakit ginjal maupun gangguan saraf tepi yang bisa berakhir pada amputasi," papar dr Adeline.

Dari segi nutrisi, yang diperlukan oleh penyandang diabetes adalah makanan yang mengandung karbohidrat lepas lambat, serat, protein, omega-3, dan antioksidan. Penyandang diabetes juga disarankan mengonsumsi susu seperti Diabetasol dengan kandungan vita digest pro dan indeks glikemik rendah.

Diabetasol sebagai nutrisi khusus penyandang diabetes mengandung karbohidrat lepas lambat, dan dilengkapi dengan protein, omega-3 dan vitamin serta mineral (vit A, C, E dan zinc) untuk bantu jaga gula darah, sehingga bantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Singapura Sumbang Rp 8 M untuk Dukung WHO Lawan Virus Corona

Pemerintah Singapura akan menyumbang 500 ribu dolar atau sekitar Rp 8 miliar ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mendukung mereka dalam upaya melawan virus corona COVID-19. Pemerintah Singapura akan memberikan kontribusi kepada Rencana Kesiapsiagaan dan Respins WHO untuk COVID-19.
"Singapura sangat prihatin dengan meningkatnya skala wabah COVID-119 dan dampak kesehatan, sosial dan ekonomi yang besar termasuk hilangnya banyak nyawa yang berharga," kata pihak Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan Singapura, dikutip dari Channel News Asia.

Singapura menyebut pihaknya akan terus bekerjasama dengan WHO dan PBB untuk mengeksplorasi cara terbaik untuk mendukung semua pihak dalam pengentasan virus corona di seluruh dunia. Perdana Menteri Lee Hsien Loong juga berterimakasih kepada Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Ghebreyesus dan timnya atas upaya melawan krisis global ini.

"COVID-19 adalah masalah global yang tidak bisa dihadapi oleh satu negara sendirian. Sebaliknya mereka harus bekerja sama sebagai anggota komunitas global," kata Lee.

"Singapura akan terus bekerja sama dengan WHO dan PBB untuk mengatasi pandemi global ini," pungkas Lee.

Saat ini dilaporkan dua orang meninggal karena virus corona di Singapura. Tercatat 509 orang yang terinfeksi dan 152 di antaranya telah pulih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar