Rabu, 06 Mei 2020

Berapa Sih Kebutuhan Serat Pria dan Wanita Setiap Hari?

Memenuhi kebutuhan serat sehari-hari sangatlah penting karena memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh. Namun, kebutuhan serat orang dewasa berbeda-beda. Lalu, berapa sih kebutuhan serat harian yang diperlukan pria dan wanita, khususnya untuk menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari paparan virus yang akhir-akhir ini makin mudah menyebar?
Menurut Menurut Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita, serat adalah zat yang terkandung dalam makanan seperti buah dan sayuran. Akhir-akhir ini istilah serat mengalami perkembangan dengan pengertian yang lebih tepat sehubungan dengan perannya di dalam tubuh.

"Selain memberikan efek baik pada pencernaan, ternyata serat ini juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, di mana serat yang dikonsumsi akan berperan mencegah timbulnya peradangan akibat infeksi," ujar dr Adeline kepada detikHealth, Sabtu (28/3/2020).

Ia melanjutkan, serat dapat membantu bakteri di usus memproduksi asam lemak rantai pendek (SCFAs). Asam lemak inilah yang meningkatkan kerja sel T yang berkaitan dengan imunitas tubuh.

"Sel T menjadi lebih aktif menghalau virus sehingga meminimalisir terjadinya kerusakan sel khususnya yang terinfeksi. Bakteri jahat pun dihambat perkembangannya, sedangkan bakteri baik meningkat jumlahnya dengan adanya inulin," lanjutnya.

dr Adeline menjelaskan bahwa Menurut Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI, rata-rata orang dewasa Indonesia membutuhkan 25-30 gram serat. Angka tersebut dapat dipenuhi dari pemilihan jenis dan jumlah bahan makanan yang tepat.

Secara rinci, dilansir dari Healthline, jumlah kebutuhan serat pria dan wanita di bawah usia 50 tahun berbeda. Untuk pria, dianjurkan mendapat asupan 30-38 gram serat per hari sedangkan wanita cukup 21-25 gram.

Apabila tubuh kekurangan serat, tubuh akan mengalami berbagai macam gangguan seperti sembelit, perut kembung, obesitas, hingga kolesterol tinggi yang bisa menjadi pemicu kanker.

dr Adeline menjelaskan bahwa kebutuhan serat dalam tubuh harus dipenuhi selain memiliki manfaat-manfaat yang telah dijelaskan sebelumnya, serat juga akan membantu tubuh menyerap kolesterol jahat dan menyerap racun yang terkandung dalam makanan.

Untuk memenuhi asupan serat, dianjurkan mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan nabati lainnya. Beberapa makanan yang mengandung serat tinggi antara lain kacang polong, kacang hijau, apel, buah pir, kecambah, berat, dan almond.

Kini hadir Nutrive FiberShot yang dapat membantu memenuhi kebutuhan hingga 10 gram serat yang diformulasikan dari 16 sari buah dan sayur. FiberShot mengandung serat yang baik untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh kita.

Minumlah 2 botol Nutrive FiberShot yang dapat membantu penuhi 10 gram kebutuhan serat setiap hari. Nutrive FiberShot minuman sehat agar saluran pencernaan sehat.

Jubir RI: Cegah Corona Lebih Efektif Pakai Sabun daripada Hand Sanitizer

 Pemerintah mengumumkan pasien meninggal akibat virus Corona (COVID-19) sebanyak 87 orang. Hingga hari ini Jumat (28/3/2020) jumlah kasus positif mencapai 1.155 kasus, dengan jumlah kasus meninggal menjadi 102 orang.
Juru bicara pemerintah dalam penanganan virus corona COVID-19, dr Achmad Yurianto, mengatakan bahwa ada hal yang paling penting untuk memutus rantai penyebaran virus corona yaitu dengan mencuci tangan dengan sabun, tidak dengan hand sanitizer.

"Mencuci tangan dengan sabun, sehingga tidak ada alasan bahwa harus menggunakan hand sanitizer, dengan sabun sudah sangat efektif pada air yang mengalir," jelasnya saat melakukan konferensi pers di BNPB pada Jumat (28/3/2020).

Yuri pun menyarankan untuk mencuci tangan dahulu sebelum melakukan aktivitas seperti, mencuci tangan sebelum makan dan sebelum menyentuh mata.

"Mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum makan, sebelum minum, sebelum menyentuh mulut, sebelum hidung, dan sebelum menyentuh mata," kata Yuri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar