Selasa, 08 September 2020

4 Hal Konyol yang Sering Ditanyakan oleh Kaum Bumi Datar

 Flat Earthers alias kaum Bumi Datar memiliki kepercayaan dan pertanyaan yang mendasari mereka ragu akan bentuk dari Bumi. Banyak spekulasi dan tanda tanya yang membuat mereka berpikir 'hello, yakin nih Bumi bentuknya bulat?!'.
Dirangkum detikINET, berikut ini beberapa hal yang menjadi asal usul keraguan para penentang Bumi bulat.

1. Foto NASA editan
Banyak pendukung Bumi Datar yang meragukan hasil foto Bumi jepretan dari NASA. Padahal, Isaac Newton dan sejumlah ilmuwan besar lainnya pun mengatakan bentuk Bumi adalah oblate -- bulat gembung di tengah.

Dikutip dari Scientific American, bola dunia kita pun disebut tidak oblate spheroid sempurna, karena massa didistribusikan secara tidak merata di dalam planet ini.

"Semakin besar konsentrasi massa, semakin kuat tarikan gravitasinya, menciptakan tonjolan di seluruh dunia," kata ahli geologi Joe Meert dari University of Florida di Gainesville.

NASA pun secara rutin memproses gambar mentah untuk meningkatkan detail atau untuk memvisualisasikan hal-hal yang tidak pernah bisa dilihat oleh mata manusia. Badan antariksa lain dan banyak astronom turut melakukan hal yang sama. Ini demi membantu manusia memahami bentuk Bumi lebih baik ketimbang mengamati foto yang belum diedit.

2. Roket NASA tak terbang lurus ke atas
Hal lain yang dipertanyakan para penganut Bumi Datar, adalah kenapa roket yang diluncurkan NASA tak pernah terbang lurus ke atas, tetapi melengkung lalu horizontal dan tidak pernah lewat dari 'low earth orbit'. Bukannya bergerak dalam garis lurus, roket mengikuti lintasan yang melengkung.

Padahal jawabannya sederhana dan ilmiah: karena para ilmuwan ingin membuat roket mengorbit di sekitar Bumi dengan menggunakan bahan bakar sesedikit mungkin.

3. NASA sengaja menutupi Bumi Datar
Kaum Bumi Datar begitu yakin bahwa kalau ilmu pengetahuan berkembang, dunia akan mengetahui kalau Bumi itu datar. Kaum Bumi Datar begitu meyakini kalau bentuk Bumi yang rata sengaja ditutupi agar tidak usah mengubah pelajaran di sekolah mengenai bentuk Bumi yang diajarkan bertahun-tahun silam. Kaum Bumi Datar juga yakin ada yang ditutupi untuk menjaga reputasi NASA.

4. Ada apa di Antartika?
Ada apa di Antartika? Mengapa dijaga dengan ketat? Apakah di sana ada ujung dari Bumi yang datar? Itulah sejumlah pertanyaan dari pendukung Bumi Datar soal Antariksa. Hal tersebut mendorong flat earthers untuk melakukan ekspedisi ke Antartika guna menemukan sisi dunia lain.

Padahal, Antartika memang tidak bisa dimasuki sembarangan orang. Wilayah ini dikhususkan untuk melakukan penelitian dan mutlak larangannya melakukan kegiatan lain di sini.

Apakah kamu termasuk orang yang masih mempertanyakan bentuk dari Planet Bumi?

5 Teori Kemungkinan Multiverse, Mungkinkah Ada Dunia Paralel?

 Selama hidup di muka Bumi ini, pertanyaan 'apakah kita sendiri di alam semesta' masih belum terjawab. Itulah mengapa teori kemungkinan adanya multiverse muncul di segelintir benak ilmuwan.

Multiverse merupakan sebuah hipotesis berupa kemungkinan adanya beberapa kumpulan alam semesta termasuk alam semesta tempat kita tinggal. Mengutip Live Science, berikut ini adalah lima teori yang mendukung multiverse bukan suatu kemustahilan:

1. Infinite universes
Para ilmuwan tidak dapat memastikan seperti apa bentuk ruang-waktu, tetapi kemungkinan besar -- datar dan membentang tanpa batas. Tetapi jika ruang-waktu berlangsung selamanya, maka ini bisa berulang pada suatu waktu karena adanya partikel yang terbatas dan dapat diatur pada ruang dan waktu.

Singkatnya, seseorang bisa melihat menemukan versi lain dari diri mereka yang sebenarnya merupakan versi tak terbatas dari dirinya. Beberapa dari 'kembaran' ini mungkin akan melakukan apa yang Anda lakukan sekarang, sementara yang lain akan mengenakan pakaian yang berbeda pagi ini. Ada juga yang memilih untuk membuat keputusan berbeda dalam hidup seperti misalnya soal karier.

2. Bubble universes
Perdasarkan penelitian dari kosmolog Tufts University, Alexander Vilenkin, ketika melihat ruang-waktu secara keseluruhan, beberapa area ruang berhenti menggembung seperti Big Bang menggembungkan alam semesta kita sendiri. Namun, yang lain akan terus bertambah besar.

Yang menarik tentang teori ini adalah alam semesta lain dapat memiliki hukum fisika yang sangat berbeda dari kita, karena mereka tidak terkait.
https://kamumovie28.com/spider-man-3/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar