Rabu, 09 September 2020

7 Santapan yang Sebaiknya Dihindari Saat Buka Puasa, Makanan Pedas Termasuk

 Berbuka puasa adalah saat yang paling dinanti-nantikan umat muslim setelah seharian menahan haus dan lapar serta hawa nafsu. Biasanya saat buka puasa, makanan atau minuman apapun yang ada di depan mata akan langsung disantap untuk membatalkan puasa. Namun jika kamu salah memilih makanan atau minuman, maka kegiatan buka puasa itu dapat berisiko mengganggu kesehatanmu.
Seharian berpuasa Ramadhan artinya kamu memiliki perut yang kosong. Oleh karena itu, tidak semua makanan dan minuman bisa disantap saat kondisi perutmu kosong. Agar kamu tidak salah, seperti dikutip dari NDTV, berikut ini tujuh makanan yang sebaiknya dihindari ketika buka puasa saat perut kosong menurut Konsultan Ahli Gizi, Rupali Datta.

1. Makanan Pedas
Makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa yang pertama adalah makanan pedas. Hal itu dikarenakan mengonsumsi makanan pedas saat perut kosong dapat menyebabkan iritasi pada lapisan perut. Iritasi tersebut akan menyebabkan reaksi asam dan kram. Akibatnya, kamu bisa terkena gangguan pencernaan.

2. Makanan atau Minuman Terlalu Manis
Makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa yang kedua adalah makanan atau minuman manis. Buka puasa memang identik dengan makanan atau minuman manis. Namun ternyata menurut Rupali, mengonsumsi makanan atau minuman manis saat perut sedang kosong dapat menambah beban pankreas.

Dengan perut kosong, gula dalam bentuk fruktosa, seperti yang terdapat dalam buah-buahan dapat menyebabkan kelebihan beban pada hatimu. Bahkan gula olahan memiliki efek yang lebih buruk. Jadi hindari makanan yang terlalu manis saat buka puasa.

3. Minuman Bersoda
Makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa yang ketiga adalah minuman bersoda. Minuman bersoda memang pada dasarnya tidak baik bagi kesehatanmu, terlebih jika diminum ketika berbuka puasa saat perut kosong.

Asam karbonat jika bercampur dengan asam lambung dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti mual dan gas. Perutmu akan mengeluarkan asam untuk membantu mencerna makanan, dan jika tidak ada makanan di perut, kamu hanya akan memasukkan asam tambahan yang dapat menyebabkan rasa sakit atau kram perut.

4. Minuman Dingin
Makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa yang keempat adalah minuman dingin. Minuman dingin adalah godaan yang cukup berat untuk dihindari, terutama saat berbuka puasa. Tapi sayangnya, minum minuman dingin saat perut kosong justru dapat merusak selaput lendir dan membuat pencernaanmu jadi bekerja lebih lamban sepanjang hari. Sebaliknya, meminum minuman hangat justru dapat membantu sistem dan metabolisme tubuhmu.

5. Mengonsumsi Jeruk
Makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa yang kelima adalah jeruk. Buah-buahan seperti jeruk memang dapat memberikan efek positif bagi tubuh jika dikonsumsi pada waktu yang tepat. Namun mengonsumsi jeruk untuk berbuka puasa saat perut kosong justru dapat meningkatkan produksi asam.

Selain itu jeruk yang dikonsumsi saat perut kosong juga dapat memberikan terlalu banyak serat dan fruktosa, sehingga akan menyebabkan sistem pencernaanmu melambat. Jadi sebaiknya kamu menghindari buah-buahan yang kaya serat seperti jambu dan jeruk saat perut kosong.

6. Sayuran Mentah
Makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa yang keenam adalah sayuran mentah. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa sayuran selalu baik dikonsumsi kapanpun dan di manapun. Faktanya, sayuran mentah atau salad yang dikonsumsi saat perut kosong justru bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Sayuran mentah atau salad mengandung serat kasar yang dapat memberi beban tambahan pada perut kosong. Selain itu, sayuran mentah juga dapat menyebabkan perut kembung dan sakit jika dikonsumsi saat perut kosong.

7. Kopi
Makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa yang terakhir adalah kopi. Meminum secangkir kopi dengan keadaan perut kosong dapat menyebabkan keasaman. Keasaman tersebut akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan yang pada akhirnya berisiko menyebabkan gastritis pada beberapa orang.
https://kamumovie28.com/attack-on-titan-ii-end-of-the-world/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar