Kamis, 03 September 2020

Ragam Manfaat Kolagen yang Dikenal Bisa Bikin Awet Muda (2)

3. Mencegah Tulang Keropos
Manfaat kolagen yang ketiga adalah untuk mencegah tulang keropos. Sebagian besar tulang terbuat dari kolagen. Sama seperti kolagen dalam tubuh,seiring bertambahnya usia, jumlah produksi kolagen akan menurun, begitu juga massa tulang. Hal itu dapat menyebabkan osteoporosis, yang ditandai dengan kepadatan tulang yang rendah dan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Menurut sebuah penelitian, suplemen kolagen dapat membantu menghambat kerusakan tulang yang mengarah pada osteoporosis. Salah satu penelitian menemukan bahwa wanita yang mengosumsi kolagen menunjukkan peningkatan hingga 7% dalam kepadatan mineral tulang (BMD) mereka, dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi kolagen. BMD adalah ukuran kepadatan mineral, seperti kalsium, di dalam tulang. BMD yang rendah berkaitan dengan tulang yang lemah dan kemungkinan terkena osteoporosis.

4. Meningkatkan Massa Otot
Manfaat kolagen yang keempat adalah untuk meningkatkan massa otot. Kolagen sangat dibutuhkan untuk membuat ototmu menjadi lebih kuat dan berfungsi lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan massa otot pada orang dengan sarcopenia, kodisi dimana massa otot hilang karena usia. Para peneliti juga mengatakan bahwa mengonsumsi kolagen dapat meningkatkan sintesis protein otot seperti creatine, serta merangsang pertumbuhan otot setelah berolahraga.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Manfaat kolagen yang kelima adalah untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Para peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu mengurangi risiko kondisi terkait jantung. Kolagen membantu memberikan asupan ke arteri, pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Tanpa kolagen yang cukup, arteri dapat menjadi lemah dan rapuh. Hal itu dapat menyebabkan aterosklerosis, penyakit yang ditandai oleh penyempitan pembuluh darah. Aterosklerosis berpotensi menyebabkan serangan jantung dan stroke. Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut tentang peran suplemen kolagen dalam kesehatan jantung masih diperlukan.

Selain kelima manfaat kolagen di atas, rutin mengonsumsi kolagen juga dapat membuat kuku dan rambut menjadi lebih kuat, usus dan otak lebih sehat, serta menurunkan berat badan. Beberapa orang percaya bahwa rutin mengonsumsi kolagen dapat membuatnya menjadi lebih kurus dan metabolisme berjalan dengan lebih cepat. Sayangnya, belum ada penelitian yang mendukung terkait manfaat kolagen untuk menurunkan berat badan.

Jika kamu merasa takut untuk mengonsumsi suplemen kolagen, maka kamu juga bisa mendapatkan manfaat kolagen dari makanan. Beberapa makanan yang mengandung kolagen adalah kulit ayam, sapi, dan ikan. Makanan yang mengandung gelatin, seperti kaldu tulang juga mengandung kolagen. Gelatin adalah zat protein yang berasal dari kolagen setelah dimasak. Namun jika dibandingkan dengan suplemen, sumber kolagen dari makanan kurang efisien diserap oleh tubuh. Hal itu karena kolagen dalam makanan belum dipecah atau dihidrolisis, tidak seperti suplemen.

Dampak Negatif Komsumsi Suplemen Kolagen
Walaupun suplemen kolagen memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun ada beberapa dampak atau risiko negatif yang juga perlu diperhatikan. Beberapa suplemen dibuat dari alergen makanan umum, seperti ikan, kerang, dan telur. Orang yang alergi terhadap makanan itu harus menghindari suplemen kolagen yang dibuat dengan bahan-bahan tersebut. Beberapa orang juga melaporkan bahwa suplemen kolagen membuat mulut terasa kurang enak. Selain itu, suplemen kolagen juga berpotensi menyebabkan efek samping pencernaan, seperti perasaan kenyang dan mulas.
https://nonton08.com/nanti-kita-cerita-tentang-hari-ini/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar