Kamis, 03 September 2020

Ragam Manfaat Kolagen yang Dikenal Bisa Bikin Awet Muda

 Kolagen adalah salah satu protein yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Pernahkah kamu mendengar bahwa kolagen bisa membuatmu terlihat awet muda? Hal tersebut memanglah benar. Kolagen dapat membuat kulit menjadi terlihat lebih muda.
Namun tidak hanya bagi kulit, kolagen juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Kamu bisa mengonsumsi kolagen tambahan melalui suplemen, makanan-makanan yang mengandung kolagen, atau tidakan medis, seperti suntik kolagen. Seperti dikutip dari Healthline, berikut ini beberapa manfaat kolagen bagi tubuh yang perlu kamu tahu:

1. Memperbaiki Kesehatan Kulit
Manfaat kolagen untuk kulit yang pertama adalah untuk membuatnya menjadi lebih sehat. Kolagen adalah salah satu komponen penting dalam kulitmu. Semakin usia bertambah maka tingkat kolagen dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Akibatnya kulit akan menjadi kering dan mulai timbul kerutan atau keriput. Menurut salah satu penelitian, wanita yang mengonsumsi suplemen yang mengandung 2.5-5 gram kolagen selama 8 minggu memiliki kulit yang lebih lembap dan elastis dibadingkan dengan yang tidak mengonsumsi. Penelitian lain juga menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen kolagen selama 12 minggu memiliki kulit yang lebih sehat dan keriput berkurang. Pengurangan keriput itu terjadi karena suplemen kolagen mampu menstimulasi tubuh untuk memproduksi kolagennya sendiri. Selain itu, mengonsumsi suplemen kolagen juga dapat memberikan protein yang membantu memperbaiki struktur kulit, termasuk elastin dan fibrillin.

2. Membantu Meredakan Nyeri Sendi
Manfaat kolagen yang kedua adalah untuk membantu meredakan nyeri sendi. Kolagen dapat membantu menjaga tulang rawan, jaringan seperti karet yang melindungi persendianmu. Ketika jumlah kolagen dalam tubuh berkurang seiring bertambahnya usia, maka risikomu mengalami gangguan sendi degeneratif seperti osteoartritis akan meningkat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 73 atlet yang mengonsumsi 10 gram kolagen setiap hari selama 24 minggu, ditemukan penurunan nyeri sendi yang signifikan saat berjalan dan diam, dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi. Menurut para peneliti kolagen tambahan dapat menumpuk di tulang rawan dan merangsang jaringan untuk membuat kolagen. Hasilnya, peradangan dan rasa sakit yang mungkin ditimbulkan akan semakin rendah.

3. Mencegah Tulang Keropos
Manfaat kolagen yang ketiga adalah untuk mencegah tulang keropos. Sebagian besar tulang terbuat dari kolagen. Sama seperti kolagen dalam tubuh,seiring bertambahnya usia, jumlah produksi kolagen akan menurun, begitu juga massa tulang. Hal itu dapat menyebabkan osteoporosis, yang ditandai dengan kepadatan tulang yang rendah dan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Menurut sebuah penelitian, suplemen kolagen dapat membantu menghambat kerusakan tulang yang mengarah pada osteoporosis. Salah satu penelitian menemukan bahwa wanita yang mengosumsi kolagen menunjukkan peningkatan hingga 7% dalam kepadatan mineral tulang (BMD) mereka, dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi kolagen. BMD adalah ukuran kepadatan mineral, seperti kalsium, di dalam tulang. BMD yang rendah berkaitan dengan tulang yang lemah dan kemungkinan terkena osteoporosis.

4. Meningkatkan Massa Otot
Manfaat kolagen yang keempat adalah untuk meningkatkan massa otot. Kolagen sangat dibutuhkan untuk membuat ototmu menjadi lebih kuat dan berfungsi lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan massa otot pada orang dengan sarcopenia, kodisi dimana massa otot hilang karena usia. Para peneliti juga mengatakan bahwa mengonsumsi kolagen dapat meningkatkan sintesis protein otot seperti creatine, serta merangsang pertumbuhan otot setelah berolahraga.
https://nonton08.com/saus-kacang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar