Rabu, 02 September 2020

Stafsus Kemenkes Jelaskan Masalah 'Inkonsistensi' Protokol Kesehatan

 Di awal pandemi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) awalnya tidak merekomendasikan semua orang memakai masker, namun seiring berjalannya waktu protokol kesehatan yang berlaku berubah menjadi semua orang harus memakai masker. Begitu juga dengan kebijakan kerja dari rumah yang awalnya digaungkan, sekarang kantor dan tempat usaha dibuka kembali dengan syarat tertentu.
Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Sumber Daya Manusia Kesehatan, dr Mariya Mubarika, menjelaskan perubahan-perubahan kebijakan tersebut sebetulnya bukan bentuk inkonsistesi pemerintah. Kebijakan berubah karena pengetahuan tentang virus Corona COVID-19 terus berkembang.

Masker awalnya tidak disarankan karena dianggap prioritas untuk tenaga medis. Namun kemudian studi-studi bermunculan menemukan bahwa risiko penularan di tengah masyarakat dapat ditekan bila semua memakai masker.

"Jadi itu bukan sebuah inkonsistensi... Perubahan-perubahan terhadap protokol kesehatan itu bukan sebuah inkonsistensi, tetapi itu mengikuti sains terbaru," kata dr Mariya pada acara kampanye Disiplin Pakai Masker di kawasan Jababeka, Rabu (2/9/2020).

Sementara kebijakan kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) berubah karena menurut dr Mariya upaya pembatasan yang berlebihan disebut dapat menyebabkan kelumpuhan ekonomi yang juga akan berdampak besar untuk kesehatan.

Banyak masyarakat stres karena masalah ekonomi. Dampaknya imunitas malah menurun sehingga lebih berisiko jatuh sakit.

"Pada bulan April pertengahan WHO sudah mengeluarkan statement bagaimana mengendalikan pandemi tanpa lockdown. Karena ternyata lockdown itu pukulan ekonominya terlalu berat, kita menghadapi masalah yang lebih berat lagi," tutup dr Mariya

Corona Menanjak, Dukun Bertindak

 India sebelumnya mencatat rekor peningkatan kasus harian Corona tertinggi di dunia. Pada Minggu (30/8/2020) India melaporkan 78.761 kasus baru dalam 24 jam, demikian lapor BBC.
Angka ini melampaui rekor kasus harian Amerika Serikat 17 Juli lalu. Kenaikan kasus di India dikaitkan dengan sejumlah pelonggaran pembatasan yang semula ditetapkan, demi meningkatkan perekonomian.

Di saat lonjakan kasus Corona meningkat, pendapatan dukun di India pun dilaporkan meningkat hingga 40 persen. Mengapa begitu?

Dikutip dari Reuters, astrolog mistik India, Sanjay Sharma sibuk menawarkan jasa kepada kliennya untuk mengintip masa depan mereka, imbas pandemi Corona yang kini berdampak pada keseharian mereka.

"Saat ini orang benar-benar takut dengan masa depan mereka," kata Sharma.

"Bagaimana mereka akan bertahan? Apakah mereka akan mendapatkan pekerjaan atau tidak? Akankah bisnis mereka bertahan atau tidak," tambahnya.

Alasan orang India berbondong-bondong pergi ke dukun
Orang India berbondong-bondong pergi ke astrolog, pembaca kartu tarot, dan mereka mencari tahu apa yang ada di masa depan. Entah tujuannya menemukan solusi untuk masalah kesehatan, keuangan, maupun mental.

"Kapan pun pikiran kami benar-benar terganggu dan kami merasa cemas, kami datang ke sini," kata Anju Devi, 52, yang bertanya kepada Sharma tentang bisnis putranya yang semakin sepi dan nasib pernikahan putrinya.

"Mereka yang mengalami depresi dan mengonsumsi obat-obatan, mereka merasa lebih baik setelah datang ke sini dan itu membantu mereka keluar dari situasi itu (stres atau cemas)," jelas Sharma.
https://cinemamovie28.com/port-of-call/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar