Jumat, 03 Januari 2020

Demi Keamanan Penumpang, Maskapai Ini Pasang CCTV di Pesawat

Baru-baru ini, Cathay Pacific memasang CCTV di semua pesawatnya. Alasannya untuk keamanan penumpang saat terbang.

Belakangan, traveler dikejutkan dengan kamera kecil di kursi pesawat. Untuk menjaga privasi, semua maskapai menyatakan bahwa kamera tersebut tidak difungsikan.

Berbeda dengan Cathay Pacific, maskapai ini memang sengaja memasang CCTV di dalam pesawatnya. Seperti yang diintip detikcom dari CNBC, Rabu (7/8/2019) maskapai ini punya alasan tersendiri.

Menurut pengakuan Cathay Pacific, kamera pengawas difungsikan untuk keamanan penumpang saat pesawat mengudara.

"Hal ini dilakukan dalam praktek standar dan melindungi penumpang serta seluruh staff yang bertugas," jelas Cathay Pacific.

Kamera pengawas ini diletakkan di lounges bandara dan pesawat. Tenang saja, hanya ada satu CCTV dalam tiap penerbangan. CCTV tersebut dipasang di dekat pintu kopkit.

"Tak ada CCTV dalam lavatory kami," ungkap Cathay Pacific.

Cathay juga menjelaskan bahwa hal baru dalam sejarah Cathay Pacific. Penumpang diharapkan untuk tetap tenang dan menikmati perjalanan seperti biasa.

Waduh, Maskapai Ini Tega Beri Kursi Tanpa Sandaran ke Penumpang

Dunia penerbangan memang selalu menarik dibahas. Terbaru, ada penumpang yang diberi kursi tanpa sandaran di dalam pesawat. Waduh!

Melansir CNN, Rabu (7/8/2019), easyJet dikritik karena memberi kursi tanpa sandaran bagi penumpangnya. Hal itu terungkap dari cuitan oleh Matthew Harris di Twitter.

Kejadian yang diposting tersebut adalah penerbangan dari Luton menuju Jenewa. "#easyjet mengalahkan @Ryanair karena memiliki kursi tanpa sandaran," gurau Matthew sambil mempertanyakan kenapa hal tersebut bisa lolos pengamatan oleh pihak berwenang.

Maskapai LCC, EasyJet membantah pada CNN bahwa tidak ada penumpang yang diberi kursi rusak. Dan orang yang ada dalam foto tidak diizinkan untuk duduk dan melanjutkan perjalanannya, sementara pengunggah foto menanggapi itu beberapa jam kemudian.

"Tidak ada penumpang yang diizinkan untuk duduk di kursi ini karena menunggu perbaikan. Keselamatan adalah prioritas utama kami dan easyJet mengoperasikan armadanya dengan mematuhi semua pedoman keselamatan," jelas perusahaan dalam sebuah pernyataan.

Namun, pada saat itu, gambar tersebut telah viral dengan lebih dari 6.000 retweet. Netizen bergerak menyerang maskapai easyJet.

Sejumlah situs berita Inggris, termasuk The Sun, Mail Online, dan The Mirror ramai-ramai memberitakan hal itu pada Selasa sore. Sebagian besar netizen yang marah karena respon yang kurang memuaskan dari pihak maskapai.

"Hai Matthew, terima kasih telah menyampaikan hal ini kepada kami, sebelum kami dapat menyelidiki ini, bisakah kami saya meminta Anda untuk menghapus foto & kemudian memberi kami info lebih lanjut mengenai hal ini, sehingga kami dapat membantu Anda," balas akun resmi easyJet ke unggahan Matthew.

Namun Harris keukeuh tak mau menghapus unggahannya karena merasa benar. Dan, balasan maskapai dianggap sebagai kesalahan operator.

Harris mengklarifikasi dalam tweet lain beberapa jam kemudian. "Orang bertanya-tanya seberapa aman pesawat itu. Ini adalah kursinya. Wanita itu dipindahkan ke kursi cadangan setelah pesawat terisi penuh," tegas dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar