Jumat, 14 Februari 2020

Ada Fasilitas Apa Saja di Pasar Ikan Modern Muara Baru?

Pasar Ikan Modern Muara Baru juga membuka diri sebagai tempat wisata di Jakarta yang terbaru. Jalan-jalan ke sini, ada fasilitas apa saja ya?

Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru resmi dibuka pekan lalu oleh Presiden Joko Widodo. Merelokasi pasar ikan yang lama, PIM dibuat dengan lebih modern.

Lokasi PIM Muara Baru Jakarta tak jauh dari tempat yang lama. Pasar ikan ini disebut-sebut sebagai Tsukiji Market dari Indonesia. detikcom berkunjung ke sana akhir pekan lalu.

Fasilitasnya cukup lengkap. Bangunan pasar dibagi menjadi 2 lantai, yaitu lahan basah dan lahan kering. Lahan basah di lantai 1 adalah tempat penjualan ikan sedangkan lahan kering di lantai 2 adalah kedai-kedai makanan dan minuman.

Di area luar lantai 2, terdapat food court yang jadi area wisata kuliner seafood. Di sana disediakan banyak gerai, namun belum semuanya dibuka. Meski begitu, sudah ada 2-3 gerai yang buka untuk wisatawan. Ke depannya, food court ini bakal ramai banget nih.

Di food court, traveler sudah bisa membawa ikan yang dibeli di lahan basah untuk di masak di sini. Harganya pun cukup murah, untuk setiap kilonya akan dikenakan biaya Rp 25.000.

Mau tambah nasi atau beli ikan di sini pun bisa. Harganya hanya berbeda sedikit dari lahan basah.

Untuk fasilitas seperti lahan parkir, tidak perlu khawatir. PIM Muara Baru menyediakan lahan parkir yang cukup luas. Usahakan untuk datang tidak terlalu malam agar dapat tempat parkir ya.

Untuk toilet tidak perlu khawatir, karena Tsujiki Indonesia ini menyediakannya di tiap lantai. Musala pun ada dan terpisah sebelah kiri gedung.

PIM Muara Baru juga punya kantor pengelola yang ada di bagian depan gedung. Kantor laboratorium dan pengawasan juga ada.

Yuk, cobain PIM Muara Baru yang jadi kebanggan kita! 

Liburan di Bangkok Modal Rp 3 jutaan, Bisa Banget!

Jalan-jalan ke luar negeri tidak selamanya mahal. Ke Bangkok, Thailand misalnya. Modal Rp 3 juta bisa kemana-mana.

Umumnya, liburan ke luar negeri membutuhkan modal yang banyak. Tapi sebenarnya nggak juga, kalau kita bisa mengatur keuangan dan memanfaatkan destinasi wisata ramah kantong.

detikTravel, Rabu (20/3/2019) mengumpulkan sejumlah tempat yang murah dan nggak bikin kantong jebol di Bangkok, Thailand. Penasaran apa saja? Langsung cek ke bawah yuk:

1. Pesawat

Ke Bangkok, akses paling mudah adalah naik pesawat. Apabila traveler memesan jauh-jauh hari, tarifnya tentu lebih murah.

Hindari momen liburan seperti tengah tahun dan akhir tahun. Misalnya di pertengahan Januari, Februari dan Maret atau setelah bulan Juli dan sebelum November, momen-momen inilah harganya tidak terlalu mahal. Setidaknya, bisa dapat Rp 700 ribu-1 jutaan PP.

Maskapai bujet pilihannya pun beragam, seperti AirAsia, Thai Lion Air atau Jetstar.

2. Penginapan

Penginapan di Bangkok terhitung wilayah yang terjangkau. Misalnya di daerah turis Khao San Road, hostel bisa diperoleh mulai Rp 100 ribuan. Beberapa hotel bintang 2-3 juga dipatok mulai Rp 300-400 ribuan.

3. Transportasi

Bangkok punya sejumlah transportasi umum yang bisa digunakan. Misalnya saja MRT atau BTS, yang menghubungkan sejumlah wilayah, tarifnya mulai 10-15 THB atau setara dengan Rp 5-7 ribu. Traveler juga bisa naik perahu wisata, yang harganya mulai 20 THB (Rp 10 ribuan).

Jika ingin lebih privat, bisa menggunakan taksi atau tuk-tuk. Namun tarifnya lebih mahal, cocoknya jika traveling bersama kerabat. Jika naik taksi konvensional atau tuk-tuk, sebaiknya tawar dulu di awal atau menggunakan argo, agar mendapatkan harga yang rasional.

4. Destinasi wisata

Tempat wisata di Thailand lengkap banget dengan aneka kuil cantik dan menarik. Dua kuil populer di Bangkok adalah Wat Pho dan Wat Arun, dengan harga tiket masuk mulai 50 THB (Rp 22 ribu).

Selain itu, ada juga beberapa tempat wisata di Bangkok untuk belanja seperti Chatuchak Weekend Market, Platinum Fashion Mall atau Asiatique. Traveler juga bisa berkeliling Khao San Road, dengan berbagai atraksi menarik dan jajanan lezat serta murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar