Kamis, 06 Februari 2020

Serba-serbi Tari Jaipongan Mulai dari Gerakan hingga Busana

 Tari Jaipongan sudah sangat populer. Ini serba-seri Tari Jaipongan dengan gerakan dan busananya.

Tari ini berasal dari Jawa Barat. Tarian merupakan gabungan dari beberapa kesenian tradisional seperti Wayang Golek, Pencak Silat, dan Ketuk Tilu.

Gerakan dalam tarian ini sangat enerjik dan unik. Apalagi diiringi dengan alat musik degung. Banyak orang pun jadi ikut menari saat menonton tarian ini.

Sebelum mengenal tentang Tari Jaipongan, lebih baik mengetahui sejarah Tari Jaipongan.

Jaipongan tercipta dari proses kreatif dan tangan dingin H Suanda sekitar tahun 1976 di Karawang. Tarian ini merupakan garapan yang menggabungkan beberapa elemen seni tradisi karawang seperti pencak silat, wayang golek, topeng banjet, ketuk tilu dan lain-lain.

Meskipun banyak hiburan modern yang bermunculan, kesenian tradisional ini sampai sekarang masih tetap diminati dan menjadi hiburan yang menarik bagi masyarakat. Karena banyak diminati masyarakat, tarian ini menjadi salah satu icon untuk mempromosikan kekayaan daerah.

Usai mengenal sejarah Tari Jaipongan, disimak gerakan-gerakan Tari Jaipongan. Gerakan-gerakan pada tarian ini sangat enerjik, unik dan sederhana. Tarian ini memiliki banyak ragam gerakan. Tetapi tarian ini hanya memiliki 4 ragam gerakan. Berikut beberapa gerakan dalam Tari Jaipongan.

1. Bukaan

Gerakan ini merupakan gerakan pembukaan saat pementasan akan dimulai. Biasanya para penari melakukan gerakan berjalan memutar, sembari memainkan selendang yang berada di leher sang penari. Gerakan penari yang lemah-gemulai membuat para penonton langsung tertarik untuk melihat tarian ini.

2. Pencungan

Gerakan ini adalah gerakan tarian dengan tempo yang cepat, serta diiringi musik dan lagu yang cepat pula. Gerakan Pencungan ini adalah gerakan tari yang penuh semangat. Penonton pun ikut terbawa dan menikmati tarian ini.

3. Ngala

Gerakan ini adalah gerakan tari seperti patah-patah. Perpindahan dari titik ke titik berikutnya dilakukan dengan tempo yang sangat cepat. Gerakan ngala merupakan gerakan yang menambah keunikan dari tarian ini.

4. Mincit

Gerakan ini adalah perpindahan dari satu ragam gerakan ke ragam gerakan lain. Saat menari, gerakan ini dilakukan setelah ada gerakan ngala.

Setelah gerakan, mari menyimak busana penari Tari Jaipongan. Busana yang dikenakan penari saat pementasan sangat beragam. Busana pada tari tradisional dan tari gaya baru terdapat perbedaan corak. Tetapi busana yang dikenakan saat pentas tetap busana tradisional seperti:

1. Sinjang

Walaupun saat ini sudah banyak kreasi dari busana tarian ini. Tetapi pada awalnya busana yang dikenakan adalah kain yang menyerupai celana panjang. Celana panjang ini disebut Sinjang.

2. Sampur

Kain panjang menyerupai selendang yang diletakkan di leher penari ini disebut dengan sampur. Kain tersebut merupakan properti utama dalam tarian ini, karena pada setiap gerakan pasti memainkan sampur. Penari memainkan sampur dengan lemah gemulai membuat tarian ini unik.

3. Apok

Apok merupakan baju atasan para penari. Busana ini juga memiliki kancing sepeti pakaian pada umumnya. Apok dihiasi dengan bordiran bunga-bunga pada sudut-sudut pakaian.

Alat Musik

Tarian Jaipongan diiringi musik dan lagu dalam tempo yang cepat dan didominasi alat musik. Berikut alat musik lain pengiring Tari Jaipongan.


1. Gendang

Serba-serbi Tari Jaipongan Mulai dari Gerakan hingga BusanaFoto: Dok Pemkot Surakarta


Alat musik ini dimainkan secara di tabuh. Gendang dimainkan untuk mengiringi tarian ini dengan tempo penabuhan yang cepat sehingga penonton mudah terbawa dan menikmati tarian ini.

2. Rebab

Rebab merupakan alat musik pelengkap pada tarian ini. Alat musik ini terdiri dari 3 senar dan dimainkan dengan cara dipetik.

3. Gong

Gong adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul. Alat musik ini memiliki suara khas yaitu dentuman yang keras. Gong dipukul pada hitungan tertentu.

4. Kecrek

Alat musik ini berfungsi untuk memberi aba-aba pada iringan tari. Crek, crek, crek, kurang lebih seperti itu bunyi dari alat musik itu.

5. Kecapi

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik. Sumber suara yang diperoleh berasal dari dawai.

Jadi tertarik untuk menari Jaipongan? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar