Senin, 10 Februari 2020

Kenali Tradisi Melaut di Aceh Lewat Festival Khanduri Laot

 Sabang menggelar Khanduri Laot Festival 2019. Event tahunan ini dibuat untuk memperkenalkan tradisi melaut masyarakat Tanah Rencong ke para wisatawan.

Festival Khanduri Laot yang digelar di Kota Sabang menampilkan beragam atraksi budaya berkaitan dengan aktivitas nelayan. Acara berlangsung selama tiga hari hingga Senin 1 April mendatang.

Wali Kota Sabang Nazaruddin, mengatakan, Festival Khanduri Laot menjadi event tahunan yang digelar untuk memperkenalkan tradisi melaut masyarakat Tanah Rencong ke para wisatawan. Selain itu, festival tersebut juga untuk merawat tradisi yang telah dikenal masyarakat sejak turun temurun.

"Saya pikir Khanduri Laot ini tradisi ya, tradisi kita jangan hilang maka setiap tahun kita gelar acara seperti ini, ini sudah tahun kedua," kata Nazaruddin kepada wartawan saat ditemui usai pembukaan Festival Khanduri Laot.

Pembukaan kegiatan Festival Khanduri Laot Sabang 2019 digelar di Dermaga CT-3 BPKS di Kuta Timu, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh, Sabtu (30/3/2019). Saat pembukaan tak hanya warga lokal saja yang hadir, sejumlah wisatawan mancanegara ikut meramaikannya.

Sejumlah kegiatan yang digelar selama tiga hari di antaranya lomba hias boat tet-tet, lomba kayoh perahu naga, boat night exhibiton dan lomba masak kuah beulangong.

"Jadi kan Sabang dikelilingi oleh laut maka tradisi laut itu lebih termasuk pekerja, banyaknya masyarakat nelayan maka tradisi ini sudah sejak turun temurun terus kita jaga supaya jangan luntur," jelasnya.

Menurut Nazaruddin, Kota Sabang yang menjadi salah satu daerah kunjungan wisatawan di Aceh membuat beragam event untuk menarik lebih banyak lagi kunjungan pelancong. Kota di ujung paling barat Indonesia ini juga dikelilingi lautan.

"Momen Khanduri Laot ini sebuah tradisi, karena daerah tujuan maka dengan ada Khanduri Laot Sabang lebih dikenal ditingkat nasional hingga mancanegara. Selain Khanduri Laot banyak event budaya Aceh yang mungkin akan kita garap kembali," ungkap Nazaruddin.

Nazaruddin menjelaskan, untuk mengembangkan pariwisata Sabang, Pemerintah Kota ke depan akan menggelar lebih banyak event-event. Salah satu yang bakal dibikin yaitu event Paskibraka dengan mendatangkan kontingen dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kita membuat ini untuk menarik kunjungan wisatawan. Ke depan akan lebih banyak kegiatan," ujarnya. 

Di Kuching, Wisatawan Malaysia Serbu Paket Wisata Indonesia

Ada yang menarik dari acara Festival Wonderful Indonesia 2019 yang digelar di Waterfront Kuching, Malaysia. Banyak warga Malaysia yang berburu paket wisata ragam destinasi di Indonesia. Pasalnya, paket wisata yang ditawarkan sangat menarik dengan harga terjangkau.

"Pada kesempatan ini, para pelancong juga dapat berburu paket wisata yang terjangkau untuk menikmati eksotisnya destinasi Indonesia, hanya dengan mengunjungi tenant wisata yang dikemas dengan baik," ujar Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II, Adella Raung, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/3/2019).

Ada enam tenant yang menawarkan paket wisata di Festival Wonderful Indonesia persembahan Kementerian Pariwisata dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia dan didukung Dewan Bandaraya Kuching Utara yang digelar pada 29-31 Maret. Adapun paket wisatanya antara lain Bravo Habelnusa Wisata (Sumatra Barat), Pesona Holiday Tour - (Kalimantan Barat), Trans Borneo Adventure (Kalimantan Timur), BBM Tour (Bali), Bangun Wisata Travel (Jawa Timur), dan Anugrah Travel (Kalimantan Timur).

Adella mengungkapkan waktu pelaksanaan Festival Wonderful Indonesia 2019 tepat sekali karena bergabung bersama acara nasional Sarawak. Lokasi kegiatannya pun sangat strategis di Waterfront yang selama ini selalu ramai dikunjungi orang.

Menurutnya, acara yang juga dibalut dengan Sales Mission ini harus bermanfaat bagi kedua belah pihak. Ia berharap Indonesia dapat berbagi tujuan multikultural. Sementara Sarawak dengan ribuan orang yang ramah, dapat menikmati hiburan yang menarik seperti penampilan penyanyi Cita Citata.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Area III Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono mengatakan Festival Wonderful Indonesia 2019 juga diisi dengan pameran kerajinan dan UMKM.

UMKM yang turut meramaikan festival ini di antaranya Kub Bageri Indonesia dengan jenis kerajinan rajut, Rumah Kopi Mami Ayu dengan produk Lada Hitam Coffee, Elly Loe Enterprise dengan aneka handycraft, serta Bos Batik dan Ladyboss Batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar