Rabu, 05 Februari 2020

Jalan-jalan di Sekitar Jakarta, Ini 10 Tempat Serunya

Traveler yang sedang berada di kawasan Jakarta, yuk jalan-jalan ke berbagai destinasi seru. Ini aneka tempat rekomendasinya.

Di Jakarta, tempat wisata juga banyak yang instagramable. Ada juga wisata yang murah, apalagi saat tanggal tua seperti ini.

Berikut tempat wisata di Jakarta.

1. Fauna Land Ancol

Faunaland adalah kebun binatang yang berlokasi di dalam Ecopark Ancol, Jakarta Utara. Tempat wisata ini berdiri di atas lahan seluas sekitar 5 hektare.

Faunaland mengusung konsep Papua yang merupakan perpaduan antara benua Asia dan Australia. Karena itu menciptakan keindahan flora, fauna, dan seni budaya daerah tersebut. Konsep ini menghadirkan satwa-satwa unik dan langka dari berbagai wilayah di Indonesia khususnya wilayah timur Indonesia dan negara di dunia.

Beberapa satwa di Fauna Land Ancol yakni Singa Putih dari Afrika, kura-kura, dingiso yang mirip dengan Panda dan termasuk hewan berkantung. Dingiso merupakan satwa yang berasal dari wilayah Papua dan dijadikan maskot dari Fauna Land.

2. Kota Tua

Salah satu kawasan paling populer di Jakarta yakni Kota Tua. Lokasinya di Jalan Taman Fatahillah Nomor 2, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Di kawasan ini terdapat banyak gedung serta museum bersejarah yang patut dikunjungi, seperti Museum Fatahilah, Museum Bank Indonesia, Toko Merah, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, Pelabuhan Sunda Kelapa, serta Petak Sembilan Pecinan.

3. Museum Wayang

Museum Wayang berada di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat. Jenis wayang yang ada di sini bukan cuma dari Indonesia, tapi dari negara lain.

4. Taman Situ Lembang

Taman ini merupakan salah satu taman tertua di Jakarta. Lokasinya di Jalan Lembang Terusan D-59, Menteng, Jakarta Pusat. Danau alami ini berada di kawasan yang cukup tersembunyi dan jauh dari jalan raya, sehingga suasananya cocok untuk berwisata.

5. Kalijodo Park

Kalijodo Park berada di Jalan Kepanduan II, Penjaringan. Dulunya lokasi ini dikenal sebagai wilayah prostitusi dan hiburan malam.

Citranya kini berubah sepenuhnya menjadi kawasan wisata ramah anak, sejak Kalijodo Park diresmikan 22 Februari 2017. Di sini banyak fasilitas yang bisa digunakan pengunjung, mulai dari skateboard dan BMX area, area dinding mural yang Instagramable, hingga lapangan futsal.

4. Bianglala J-Sky, AEON Mall

Wahana bianglala bernama J-Sky ini berada di atap AEON Mall, Cakung, Jakarta Timur. Tingginya sekitar 69 meter dengan diameter 50 meter. Gondolanya terdiri dari 32 buah. Kamu bisa menikmati pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian yang pastinya keren banget.

5. Museum MACAN

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau Museum MACAN berada di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta. Museum ini menampilkan sekitar 90 karya seni rupa modern Indonesia dan kontemporer dari seluruh dunia.

6. Wisata Alam Mangrove

Ingin mencari wisata alam di Jakarta? Taman Wisata Alam Mangrove bisa jadi tempat yang cocok. Lokasinya ada di Jalan Garden House, Jakarta Utara. Nuansa sejuk dari hutan mangrove bakal bikin kamu fresh lagi.

7. Monas

Monumen Nasional atau Monas merupakan monumen peringatan setinggi 132 meter yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Monas juga dibuka pada malam hari.

8. TMII

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Di tempat ini juga ada kolam renang bernama Snowbay dengan biaya yang sudah ditetapkan pengelola.

9. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal terletak di bekas Taman Wilhelmina, di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka yang di tengahnya berdiri Monumen Nasional. Di seberang timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta.

10. Setu Babakan

Setu Babakan terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Kotamadya Jakarta Selatan. Lokasi ini berfungsi sebagai pusat Perkampungan Budaya Betawi, suatu area yang diperuntukkan untuk pelestarian warisan budaya Jakarta, yaitu budaya asli Betawi.

Jadi, siap untuk pergi ke tempat wisata di Jakarta? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar