Senin, 24 Februari 2020

Refund Tiket Kereta Sudah Bisa Via Aplikasi KAI Access, Lho!

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan beberapa fitur baru pada aplikasi resmi KAI Access. Salah satu fitur baru yang diluncurkan untuk memudahkan penggunanya yaitu dapat refund tiket melalui aplikasi.

Sebelumnya, penumpang kereta api (KA) yang ingin mengubah jadwal dan membatalkan perjalanannya harus mendatangi customer service di stasiun. Refund akan diberikan dengan metode transfer ke rekening penumpang atau diambil secara tunai di stasiun. Kini KAI mempermudahnya dalam satu aplikasi yakni KAI Access.

"Sejak berkomitmen untuk berinovasi tanpa henti sebagai wujud service oriented, KAI terus berupaya menghadirkan berbagai layanan yang memudahkan penumpangnya. Secara bertahap, KAI menghadirkan fitur-fitur baru dalam KAI Access. Refund melalui KAI Access adalah salah satu yang memudahkan penumpang dalam bertransaksi," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam keterangan tertulis, Jumat (22/2/2019).

Fitur baru tersebut bisa didapatkan dengan memperbarui aplikasi di Play Store untuk pengguna sistem operasi Android dan App Store untuk pengguna iOS. Pembatalan dapat dilakukan penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access serta menggunakan akun KAI Access pemohon.

Ketentuan refund atau pembatalan via Kai Access dilakukan selambat-lambatnya 24 jam sebelum KA berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus paid. Selain itu belum dicetak sebagai boarding pass. Jika lewat dari waktu tersebut maka pembatalan dilakukan di loket pembatalan di stasiun.

Pembatalan tiket juga dikenakan biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif tiket KA di luar biaya pemesanan. Pengembalian bea atau refund dilakukan setelah hari ke-30 hingga 45 hari kerja dan hanya melalui transfer bank.

Refund dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Untuk itu, nama dan nomor rekening bank yang di-input harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank. Jika terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank, maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang dapat melakukan pembatalan tiket di loket stasiun pembatalan.

Pembatalan secara online dapat dilakukan kalau pembelian tiket sebelumnya melalui loket maupun online di berbagai channel eksternal atau e-commerce platform dan kode booking dapat masuk ke menu My Trip. Selain itu nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user KAI Access.

Selain fitur refund atau pengembalian dana, beberapa fitur baru di KAI Access meliputi Online Reschedule atau mengubah jadwal secara online, serta Online Cancellation atau pembatalan secara online.

Renovasi Jalur Wisata Bromo, Probolinggo Gandeng Australia

 Jalur wisata ke Bromo di Probolinggo akan diperbaiki demi kenyamanan wisatawan. Pemkab menggandeng Australia untuk mengerjakannya.

Sekitar akhir Maret mendatang jalur wisata, mulai Kecamatan Tongas hingga Cemoro Lawang, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, akan segera direnovasi Pemkab Probolinggo bersama Australia. Dana untuk renovasi sepanjang 39 km ini adalah Rp 159 miliar.

Proyek ini akan makan waktu 3 tahun dan dimulai akhir Maret 2019 mendatang. Dihubungi via ponsel, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kabupaten Probolinggo, Prijono mengatakan, realisasi renovasi jalan sendiri akan menggunakan sistem reimburse atau ditanggung dulu oleh Pemkab Probolinggo menggunakan dana APBD, baru nanti 40 dana diganti Australia setelah proyek selesai.

"Untuk biaya renovasi jalan kita kucurkan dahulu, baru setelah selesai digarap, pemerintah Australia akan menggantinya," jelas Prijono, Jumat (22/02/19).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar