Jumat, 07 Februari 2020

Ratusan Pelari Asing Ramaikan Batam Trail Run 5K

Batam siap memperkenalkan kembali eksotismenya wisata mereka melalui Batam Trail Run 5K. Bahkan, peserta yang berasal dari 3 negara juga sudah dipastikan akan ambil bagian dalam event sport tourism tersebut.

Ketiga negara yang akan ambil bagian dalam Batam Trail Run 5K meliputi Malaysia, Singapura, dan Kenya. Dengan mengangkat tema 'Sport in Green Harmony', Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan, Batam Trail Run 5K sebagai paket wisata lengkap.

"Pastikan Batam Trail Run 5K jadi destinasi liburan di akhir pekan ini. Sebab, ada banyak kemeriahan yang digelar di sini. Peserta dan para pengunjung pasti akan puas. Jadi, Batam Trail Run 5K ini jangan sampai terlewatkan. Selain atraksinya, aksesibilitas dan amenitas di Batam itu sangat luar biasa," papar Arief dalam keterangannya, Sabtu (6/4/2019).

Batam Trail Run 5K rencananya akan digelar Minggu (7/4), di Objek Wisata Tebing Langit, Jalan Ir Sutami Patam Lestari, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. Hingga Jumat (5/4) malam, jumlah peserta mancanegara yang sudah dipastikan tampil mencapai 130 orang dengan target 1.000 orang dalam event ini.

"Batam Trail Run 5K adalah event yang seksi. Jarak tempuh lomba kompetitif dan terbuka bagi siapapun. Track lari juga menawarkan view terbaik. Dengan komposisi lengkap seperti ini, wajar bila Batam Trail Run 5K menarik minat banyak pelari mancanegara," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Pendaftaran Batam Trail Run 5K dilakukan dengan datang langsung ke Tebing Langit, Sekupang. Alternatif pendaftaran lain juga bisa dilakukan melalui media sosial Facebook dengan akun Batamtrail Run, atau melalui Instagram pada akun @batamtrailrun. Calon peserta lomba juga bisa menghubungi nomor 082173111195, atas nama Aisyah dan nantinya para peserta wajib mengisi form pendaftaran yang sudah disediakan.

"Kami optimistis Batam Trail Run 5K akan menarik banyak peserta. Mereka datang dari berbagai daerah di nusantara hingga mancanegara. Jumlahnya masih berpotensi bertambah, mengingat masih ada waktu 1 hari jelang start. Secara keseluruhan, Batam Trail Run 5K ini sangat menarik," papar Rizki.

Untuk sebuah event internasional, biaya pendaftaran yang dipatok cukup ringan yaitu Rp 100 ribu untuk kelas dewasa, dan Rp 60 ribu bagi anak-anak. Biaya pendaftaran tersebut juga sudah termasuk asuransi bagi para peserta lari.

Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati mengatakan, penyelenggaraan Batam Trail Run 5K juga dikemas sangat menarik.

"Silahkan bergabung di Batam Trail Run 5K. Proses pendaftarannya sangat mudah. Para wisatawan yang sudah berada di Batam untuk liburan bisa segera mendaftar. Lombanya baru digelar Minggu (7/4) besok. Yang jelas, kemasan Batam Trail Run 5K ini sangat menarik," ungkap Dessy.

Batam Trail Run 5K menawarkan 2 kelas yaitu dewasa dan anak-anak. Kegiatan ini juga memberikan kenyamanan bagi para pelari, dengan track lari kedua kelas akan dibedakan. Namun, start lari bersama-sama dan direncanakan pukul 08.00 WIB. Dessy juga menjelaskan, Batam Trail Run 5K memberi space besar bagi peserta untuk menikmati lomba.

"Track lari antara kelas dewasa dan anak-anak ini dipisah. Jadi, para peserta ini memiliki privasi lebih untuk menikmati perlombaan. Peserta dijamin puas, apalagi view sepanjang track lari memang sangat eksotis," terang Dessy lagi.

Batam Trail Run 5K menyediakan total hadiah Rp 77 juta dengan rincian untuk kelas dewasa mendapatkan hadiah Rp 10 juta bagi juara pertama, lalu posisi runner up mendapatkan Rp 8 juta. Posisi 3 mendapat hadiah Rp 5 juta dan urutan 4 mendapatkan Rp 3 juta.

Untuk kategori anak-anak, status juara diberi hadiah Rp 4 juta, runner up mendapatkan Rp 3 juta. Posisi 3 mendapatkan hadiah Rp 2 juta, serta Rp 1 juta diberikan bagi pelari strip 4.

Lebih menariknya lagi, Batam Trail Run 5K menyediakan 100 medali bagi pelarinya. Dari jumlah itu, 70 medali akan dibagikan kepada peserta dewasa lalu sisanya diberikan kepada pelari anak-anak.

Kabid Pengembangan Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Trindiana M Tikupasang memaparkan, Batam Trail Run 5K merupakan event yang sangat kompetitif.

"Event ini sangat kompetitif. Komposisi pesertanya, track lari, hingga hadiah yang ditawarkan semuanya sangat menarik. Lebih lanjut, Batam Trail Run 5K juga menawarkan banyak kegembiraan. Bukan hanya peserta, dengan konten padat, pengunjung juga akan memadati venue lomba," ungkap Trindiana.

Konten terbaik sudah disiapkan Batam Trail Run 5K, untuk melengkapi adrenalin eventnya, ada juga Lomba Kicau Burung, Lomba Foto, hingga Lomba Mewarnai Anak-Anak. Ada juga Bazar Kuliner dan produk UKM yang menjadi unggulan Batam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar