Jumat, 14 Februari 2020

Lihat Singapura Versi Mini di Sini

Liburan anti mainstream di Singapura? Coba deh ke Singapore City Gallery yang isinya tata kota Singapura dari masa lalu, masa kini, dan rencana masa depannya.

Sedang merencanakan liburan ke Singapura dan bosan dengan destinasi yang itu-itu aja? Coba masukan Singapore City Gallery ke list itinerary deh. Galeri museum ini terletak di Maxwell Rd, tak jauh dari stasiun MRT Chinatown. Seluruh pengunjung museum ini tidak dikenai biaya apapun alias free. Cocok banget kan buat traveller dengan budget minimalis?

Galeri museum ini berisi tentang tata kota Singapura lengkap di setiap sudutnya. Tak hanya tata kota masa kini, tapi pengunjung juga bisa melihat bagaimana perkembangan tata kota dari masa lalu hingga rencana ke depannya. Model dokumetasi ditampilkan dalam bentuk digital dan potret mulai dari Singapura yang masih berupa perkampungan tradisional hingga menjadi kota yang kosmopolitan yang nyaman, bersih dan asri. Selain itu ada pula miniatur seisi kota Singapura yang sangat menakjubkan dan menjadi highlight dari galeri ini.

Jadi sekarang ke Chinatown nggak cuma bisa belanja aja deh. Jalan-jalan ke Singapore City Gallery bisa menambah pengetahuan yang berharga sambil berwisata.

Kerinci, Sekepal Tanah Surga di Jambi

Berada di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi, Kerinci punya alam yang cantik untuk dikunjungi. Apakah ini tanah surga yang jatuh ke bumi? Sangat indah.

Kerinci sekepal tanah dari surga julukan ini memang cocok di berikan pada salah satu daerah dataran tinggi Provinsi Jambi ini. Kerinci adalah salah satu kabupaten di provinsi Jambi yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera barat dan Bengkulu.

Selain terkenal dengan tanahnya yang subur di Kerinci juga menyimpan potensi wisata yang wajib anda kunjungi saat berwisata ke Jambi. Salah satu lokasi wisata yang terkenal adalah Gunung kerinci yang memiliki ketingian 3.805 mdpl yang juga dikenal dengan atap Sumatera.

Hanya saja untuk menuju puncak kerinci dibutuhkan stamina dan tekad yang kuat karena akan melewati jalur pendakian yang cukup ekstrim. Tapi jangan berkecil hati masih banyak lokasi wisata dikerinci yang bisa dikunjungi saat melakukan perjalanan santai bahkan dengan keluarga sekalipun.

salah satu lokasi wisata di Kerinci yang cukup terkenal adalah Danau Kerinci yang berada di Desa Sangaran Agung dengan luasan danau sekitar 46 km persegi. Di sini selain bisa menikmati wisata air pengunjung juga bisa menikmati kuliner yang di jual oleh masyarakat di pinggir danau.

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan setiap tahun di Danau Kerinci juga di adakan festival danau dengan menampilkan budaya lokal saat pertunjukan. Hanya saja jadwal festival danau harus menyesuaikan dengan agaenda yang dibuat pemerintah daerah. Setelah menikmati  danau, ada baiknya anda berkunjung ke Bukit khayangan yang berada di Kota Sungai Penuh.

Bukit Khayangan adalah lokasi wisata yang berada pada ketinggian 2.000 mdpl dan untuk menuju kesana anda harus melewati jalan yang berliku dan menanjak. Tapi semua rasa letih selama perjalanan akan terbayar sudah saat berada di sini karena berada Anda bisa melihat Danau Kerinci dan hamparan sawah masyarakat jika cuaca cerah puncak kerinci akan terlihat jelas dari sini.

Jika anda melewati jalur darat dari Sumatera Barat saya juga menyarankan anda berkunjung ke lokasi wisata Talun Berasap yang berada pada perbatasan Kerinci dan Sumatera Barat. Tidak sulit untuk menuju lokasi ini pemerintah daerah telah membuat jalan khusus dengan puluhan anak tangga agar pengunjung bisa menikmati wisata alam air terjun dengan ketinggian 50 meter. Debit air yang cukup besar embun yang dihasilkan air terjun membumbung tinggi seperti asap ini lah yang menjadi asal nama air terjun tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar