Senin, 24 Februari 2020

Liburan Akhir Pekan ke Majene, Ada Pantai Dato yang Cantik

Liburan akhir pekan ke Majene, Sulawesi Barat harus ke Pantai Dato. Pantai cantik ini menjadi kebanggaan warga lokal karena cantiknya. Yuk!

Selain terkenal sebagai Kota Pendidikan, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke daerah ini.

Salah satunya Pantai Dato, yang terletak di Lingkungan Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene. Jaraknya dari pusat kota Kabupaten Majene, sekitar 7 Km.

Kawasan pantai juga bisa dijangkau baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan waktu tempuh sekitar 10 menit saja dari pusat kota. Tidak mengherankan jika objek wisata yang satu ini, selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal.

Pantai Dato menawarkan sejumlah panorama alam, dijamin akan memanjakan mata pengunjung. Selain keindahan pasir putih dengan lautnya yang memiliki gradasi warna hijau hingga biru , pantai ini juga dikeliling tebing yang menjulang tinggi. Airnya yang jernih juga membuat terumbu karang dengan ikan-ikan kecil berwarna indah di dasar laut, dapat dinikmati dengan jelas.

Untuk memanjakan pengunjung, sejak beberapa tahun terakhir pemerintah daerah setempat terus mengucurkan anggaran untuk menyiapkan sejumlah fasilitas di pantai wisata ini.

Selain memperbaiki akses jalan menuju pantai yang harus menuruni tebing yang memiliki kedalaman sekitar 70 meter, pemerintah juga telah membangun jembatan kayu yang memanjang di atas permukaan laut. Jadi pengunjung dapat menyusuri setiap sudut pantai ini dengan mudah, untuk dinikmati keindahannya.

Tidak ketinggalan, sejumlah gazebo juga telah disiapkan, baik yang berada di pinggir pantai, maupun yang dibangun di atas bebatuan karang. Ini demi menciptakan kenyamanan buat para pengunjung agar betah berlama-lama menghabiskan waktu berwisata di tempat ini.

Bagi yang suka berswafoto tidak jangan khawatir. Kawasan Pantai Dato ini juga memiliki banyak area spot foto menarik dengan lantar keindahan pantai dengan bebatuan karang. Dijamin membuat kunjungan wisata ke tempat ini, menjadi tidak terlupakan.

Pesona pantai ini juga dapat lihat dari atas tebing, sambil menikmati keindahan pantai dengan duduk di bawah pohon kelapa dan merasakan segarnya angin laut yang bertiup sepoi.

Jika merasa lapar, jangan khawatir, di Pantai Dato terdapat sejumlah pedagang yang menawarkan aneka macam kuliner dengan menu khas tradisional daerah ini.

Pada bulan tertentu, yakni Agustus hingga September, Pantai Dato selalu menjadi lokasi pelaksanaan lomba perahu tradisional Suku Mandar, yang dikenal dengan nama Sandeq Race. Ini sejenis perahu bercadik yang digerakkan hanya dengan bantuan tiupan angin pada layar.

Untuk berkunjung ke Pantai Dato, pengelola mengenakan biaya masuk sebesar Rp 2.000 untuk anak-anak, dan Rp 3.000 untuk dewasa. Dalam sehari, di waktu biasa jumlah pengunjung bisa mencapai 100 orang, jumlah tersebut akan membludak hingga ratusan bahkan ribuan, saat musim liburan tiba.

Pantai ini hanya akan sepi, saat cuaca sedang memburuk yang biasanya disertai dengan gelombang tinggi.

"Itu saja masih ada pengunjung yang kerap membandel, walau sudah dilarang, mereka tetap saja nekat turun ke pantai dengan mencari jalan yang lain," ungkap salah penjual tiket masuk ke kawasan pantai ini, Isma, kepada wartawan, Jumat (22/02/19).

Isma juga berharap, pemerintah terus memberikan perhatian, salah satunya menyiapkan sarana penunjang agar warga betah berlama-lama di pantai ini.

"Soalnya di sini masih minim fasilitas bermain, ataupun sarana penunjang lainnnya agar pengunjung dapat mengeksplore semua potensi keindahan yang ada di laut," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung bernama Fadyah yang berasal dari Kabupaten Polewali Mandar, mengaku puas dengan keindahan pantai wisata Dato, yang diakui tidak kalah dengan pantai wisata di daerah lain.

"Di sini sangat bagus, rasanya selalu mau berkunjung kesini, apalagi keindahannya tidak kalah bersaing dengan wisata lain, bahkan mirip dengan pantai di Bali," katanya sembari tersenyum.

Traveler pasti penasaran dengan keindahan pantai ini kan?, Yuk liburan ke Majene. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar