Jumat, 14 Februari 2020

Kerinci, Sekepal Tanah Surga di Jambi

Berada di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi, Kerinci punya alam yang cantik untuk dikunjungi. Apakah ini tanah surga yang jatuh ke bumi? Sangat indah.

Kerinci sekepal tanah dari surga julukan ini memang cocok di berikan pada salah satu daerah dataran tinggi Provinsi Jambi ini. Kerinci adalah salah satu kabupaten di provinsi Jambi yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera barat dan Bengkulu.

Selain terkenal dengan tanahnya yang subur di Kerinci juga menyimpan potensi wisata yang wajib anda kunjungi saat berwisata ke Jambi. Salah satu lokasi wisata yang terkenal adalah Gunung kerinci yang memiliki ketingian 3.805 mdpl yang juga dikenal dengan atap Sumatera.

Hanya saja untuk menuju puncak kerinci dibutuhkan stamina dan tekad yang kuat karena akan melewati jalur pendakian yang cukup ekstrim. Tapi jangan berkecil hati masih banyak lokasi wisata dikerinci yang bisa dikunjungi saat melakukan perjalanan santai bahkan dengan keluarga sekalipun.

salah satu lokasi wisata di Kerinci yang cukup terkenal adalah Danau Kerinci yang berada di Desa Sangaran Agung dengan luasan danau sekitar 46 km persegi. Di sini selain bisa menikmati wisata air pengunjung juga bisa menikmati kuliner yang di jual oleh masyarakat di pinggir danau.

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan setiap tahun di Danau Kerinci juga di adakan festival danau dengan menampilkan budaya lokal saat pertunjukan. Hanya saja jadwal festival danau harus menyesuaikan dengan agaenda yang dibuat pemerintah daerah. Setelah menikmati  danau, ada baiknya anda berkunjung ke Bukit khayangan yang berada di Kota Sungai Penuh.

Bukit Khayangan adalah lokasi wisata yang berada pada ketinggian 2.000 mdpl dan untuk menuju kesana anda harus melewati jalan yang berliku dan menanjak. Tapi semua rasa letih selama perjalanan akan terbayar sudah saat berada di sini karena berada Anda bisa melihat Danau Kerinci dan hamparan sawah masyarakat jika cuaca cerah puncak kerinci akan terlihat jelas dari sini.

Jika anda melewati jalur darat dari Sumatera Barat saya juga menyarankan anda berkunjung ke lokasi wisata Talun Berasap yang berada pada perbatasan Kerinci dan Sumatera Barat. Tidak sulit untuk menuju lokasi ini pemerintah daerah telah membuat jalan khusus dengan puluhan anak tangga agar pengunjung bisa menikmati wisata alam air terjun dengan ketinggian 50 meter. Debit air yang cukup besar embun yang dihasilkan air terjun membumbung tinggi seperti asap ini lah yang menjadi asal nama air terjun tersebut.

Selain terkenal dengan potensi wisata alam, Kerinci juga kaya akan budaya yang masih dipertahankan secara turun temurun. Salah satu agenda wajib adalah kenduri sko adat yang merupakan ritual pembersihan benda pusaka dan pelantikan pengurus adat. Acara kenduri sko terdapat hampir di setiap wilayah adat Kerinci untuk agenda acara harus sesuai dengan keputusan adat setempat.

Keindahan Pulau Komodo Bikin Turis Kapal Pesiar Berdecak Kagum

Pulau Komodo di NTT menjadi destinasi menarik bagi turis yang datang naik kapal pesiar. Mereka pun berdecak kagum akan keindahan alam sekitar pulau ini.

Orang-orang dari pelbagai penjuru dunia datang ke Dermaga Loh Liang, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Mereka sudah berdecak kagum sejak langkah pertama di kawasan Taman Nasional Komodo ini.

Selasa (26/2/2019) pukul 09.40 WITa, kapal pesiar dengan panjang nyaris 300 meter mendekati Pulau Komodo. Mereka melego jangkar di tengah lautan biru nan tenang. Di belakangnya ada bukit-bukit hijau di bawah langit cerah.

Kapal itu adalah Norwegian Jewel, berbendera Bahama, berlayar dari Sydney, Australia. Di dalamnya ada seribuan lebih wisatawan mancanegara yang bukan hanya dari Australia, tapi juga dari negara-negara lain. Mereka turun dari kapal dan menaiki sekoci-sekoci warna merah-oranye untuk mendekat ke Dermaga Loh Liang.

Di dermaga, para petugas Norwegian Ship dari beragam negara menyambut mereka. Berseragam putih-putih, mereka menyediakan air minum di tenda-tenda yang bersih. Cuaca pagi ini memang panas, bahkan untuk kami yang notabene asli negara tropis. Namun lanskap Pulau Komodo seolah mampu mengalihkan rasa terik.

Di bawah dermaga, air laut sangat bersih bak kaca. Siapapun bisa melihat kehidupan di sela koral-koral dangkal dekat dermaga ini. Nampak jelas, ikan-ikan bersirip ungu dan biru berseliweran. Ada ikan badut bahkan hiu karang melintas dekat tiang penyangga dermaga beton ini.

"Must be Nemo there! (Pasti ada Nemo di sana!)" kata turis cilik sambil menunjuk ke bawah dermaga, orang tuanya nampak membenarkan kacamata yang sedang ia kenakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar