Jumat, 28 Februari 2020

Garuda Cs Turun Harga, Tiket Pesawat Jakarta-Banyuwangi Rp 800 Ribuan

Garuda Indonesia Group menurunkan harga tiket pesawat domestik sebesar 20 persen. Tiket NAM Air dan Citilink Jakarta-Banyuwangi jadi Rp 800 ribuan.

Manajer NAM Air Banyuwangi, I Gusti Ngurah Putu Chrisna, mengatakan harga tiket NAM Air rute Banyuwangi-Jakarta sudah turun di kisaran Rp 800 ribuan dari sebelumnya di atas Rp 1 juta.

"Penurunan tarif kami lakukan secara bertahap dengan mengacu pada cost operasionalnya. Untuk rute Banyuwangi-Jakarta sendiri, per hari ini (14/2) sudah kita turunkan menjadi sekitar Rp 863 ribu dari sebelumnya Rp 1,1 juta," kata Chrisna kepada detikTravel, Kamis (14/2/2019).

Chrisna memperkirakan, pemangkasan harga tiket ini akan berdampak pada peningkatan okupansi penumpang dari dan menuju Banyuwangi.

"Dengan tarif baru yang kian terjangkau, kami yakin bisa menarik minat orang untuk ke Banyuwangi. Dengan pertimbangan biaya yang hampir sama, masyarakat akan setia memilih pesawat daripada moda transportasi darat yang memakan waktu lebih lama," ujarnya.

Tak hanya NAM Air, maskapai Citilink juga melakukan penyesuaian tarif tiket. Hal itu diungkapkan District Sales Manager Citilink Banyuwangi, Dadang Teguh Setiawan.

"Yang jelas kami turut mematuhi. Mulai hari ini (14/2), kami juga berlakukan harga tiket baru yang tidak terlalu jauh dari tarif batas bawah," tegasnya.

Misalnya, kata dia, untuk sektor Banyuwangi-Jakarta sudah turun pada kisaran Rp. 800 ribu dari semula di atas Rp 1 juta.

"Kami turunkan menjadi Rp. 863 ribu dari semula Rp 1,05 juta. Ini harga terendah yang kami tawarkan saat ini dan bukan merupakan harga promo," jelas Dadang.

"Kalau untuk rute Kuala Lumpur - Banyuwangi tarifnya tetap. Yang kami turunkan hanya rute dosmetik," imbuhnya.

Bandara Internasional Banyuwangi saat ini melayani penerbangan internasional dan domestik, yaitu rute Kuala Lumpur-Banyuwangi, Jakarta-Banyuwangi, dan Surabaya-Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut positif keputusan sejumlah maskapai yang mulai menurunkan harga tiketnya. Bagi Anas, harga tiket juga menjadi salah satu pertimbangan bagi penumpang, khususnya bagi wisatawan yang akan mengunjungi suatu daerah.

"Semoga keputusan ini bisa mengerek kunjungan orang ke Banyuwangi, baik untuk keperluan bisnis maupun berwisata," kata Anas.

Pemotongan tarif tiket pesawat oleh Garuda Indonesia Group ini merupakan tindak lanjut dari inisiasi awal Indonesia National Air Carrier Association (INACA) yang sebelumnya hanya berlaku pada beberapa rute penerbangan. Selain maskapai NAM Air dan Citilink, keputusan ini juga diikuti oleh maskapai Garuda dan Sriwijaya Air yang operasionalnya berada di bawah Garuda Indonesia Group.

Singapura Targetkan 19 Juta Turis Tahun 2019

Untuk tahun 2019 ini, Singapura memasang target 19,2 juta wisatawan berkunjung ke sana. Total penerimaan devisa juga ditargetkan naik jadi SGD 27,9 miliar.

Singapura sudah memasang target kunjungan wisatawan untuk tahun 2019. Angkanya berada di kisaran 18,7 hingga 19,2 juta orang. Target ini naik dari realisasi tahun 2018 yakni sebesar 18,5 juta orang.

Sementara untuk jumlah pemasukan devisa, Singapura mematok target di kisaran SGD 27,3 sampai 27,9 miliar. Target ini lebih tinggi dari realisasi tahun 2018, yakni sebesar SGD 27,1 miliar.

Untuk mencapai target itu, tahun 2019 ini Singapore Tourism Board (STB) sudah menyiapkan berbagai acara unggulan. Bagi traveler penggila bola, akan ada ajang International Champions Cup (ICC) dengan menghadirkan 4 klub top dunia pada bulan Juli mendatang.

"Saya baru dapat bocoran, bulan Juli nanti akan digelar International Champions Cup (ICC). Ada 4 tim, Manchester United, Juventus, Tottenham Hotspurs dan juga Inter Milan. Indonesia adalah market nomor satu untuk acara ini," ucap Raymond Lim, Area Director Singapore Tourism Board (STB) for Indonesia di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Selain itu, Singapura juga akan menggarap pasar E-Sports yang ternyata cukup besar antusiasmenya. Pasar ini akan serius dipromosikan tahun ini. Jadi siap-siap saja buat para pecinta games untuk datang ke Singapura.

Bagi penggila belanja, Singapura akan menawarkan destinasi baru berupa 'Design Orchard', dimana ada lebih dari 60 Brands lokal bisa dibeli traveler sebagai buah tangan. Brand-brand ini dibuat oleh desainer lokal Singapura yang tak kalah ciamik dengan rancangan desainer lainnya.

Terakhir, penyegaran kawasan Orchard Road, pembangunan hotel baru dan berbagai sudut Singapura lainnya, akan membuat traveler merasa refresh dengan suasana kota ini. Jadi traveler akan merasa selalu mengunjungi Singapura yang baru dan berbeda.

"Supaya Singapura tetap atraktif dan selalu ada alasan untuk kembali lagi ke Singapura," tutup Raymond. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar