Selasa, 18 Februari 2020

Melihat Pantai Tempat Uang Sesajen Melasti Dijarah

Video penjarahan uang sesajen saat Melasti yang viral di medsos terjadi di Pantai Padanggalak, Kesiman, Denpasar. Seperti apa suasana pantai tersebut?

Pantai Padanggalak tepatnya berada di Banjar Kedaton, Kesiman, Denpasar Timur. Salah satu yang menjadi ikon pantai itu ada Taman Festival Bali (TFB).

TFB ini dulunya dikenal sebagai wahana bermain dan sempat tersohor sekitar 17 tahun lalu. Namun, kini bangunan itu mangkrak dan dikenal sebagai tempat wisata horor.

Dalam video berdurasi 33 detik yang beredar viral itu terlihat salah satu atap yang tersisa kerangkanya saja. Atap itulah yang menjadi ciri khas di Pantai Padanggalak.

Saat dikunjungi detiktravel, Selasa (5/3/2019) siang pantai itu relatif sepi, hanya terlihat beberapa turis asing yang berjalan di tepi pantai. Ada juga pasangan turis asal China yang terlihat sibuk melakukan pemotretan untuk prewedding di tepi pantai menggunakan sepeda motor.

Terlihat beberapa banten dan canang sisa orang bersembahyang di pantai tersebut. Salah satu titik, terlihat ada satu besek kecil berisi pisang hijau yang masih mentah.

Berbeda dengan pasir di Pantai Kuta atau Sanur, pasir di pantai tersebut berwarna hitam. Pemandangan di pantai tersebut dibatasi semacam trotoar berbatu sebelum bisa memandang lautan lepas.

Meski terbilang sepi, sudah ada pedagang makanan dan minuman di kawasan pantai tersebut. Salah satu ibu pedagang bakso yang tak mau disebutkan namanya, mengatakan suasana pantai Padanggalak saat Melasti memang ramai.

"Saya tahu dari video, ada orang yang nunjukin. Saya sibuk jualan karena buanyak banget orang waktu Melis (Melasti), ribuan orang, dah gitu nggak kelihatan dari sini ke pantainya," ujar ibu itu saat berbincang.

Ibu itu mengaku kaget karena tiba-tiba banyak Satpol PP yang datang ke pantai. Dia sempat was-was takut dagangannya ditertibkan Satpol PP.

"Kemarin tahu-tahu banyak Satpol PP, duh lupa jam berapanya. Apa ya mau ambil-ambilin dagangan, padahal kita yang dagang sudah minggir. Pokoknya banyak orang, saat itu juga lagi banyak yang beli," ujarnya.

Sambut Nyepi, Ancol Gelar Pertunjukan Barongan Dalam Air

Taman Impian Jaya Ancol menggelar atraksi seru menyambut Hari Raya Nyepi. Ada barongan di dalam air!

Dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1941, Ancol mengadakan pertunjukan budaya bertajuk "Barongan, an Epic Underwater Show" yang digelar di akuarium utama, Seaworld, Ancol Jakarta. Traveler sudah bisa menonton mulai tanggal 7-10, 16 dan 17 Maret 2019 mendatang.

Dalam rilis yang diterima detikTravel dari Taman Impian Jaya Ancol, Selasa (5/3/2019) pertunjukan ini merupakan bentuk makna mulia Hari Raya Nyepi yang memotivasi manusia agar meninggalkan sifat serakah dan selalu menjaga alam sebagai sumber kehidupan. Show ini juga menampilkan Tari Baron, yang menggambarkan pertarungan yang sengit antara kebaikan melawan kejahatan dan dilambangkan dengan Barong dan Rangda.

Pertunjukan Barong bawah air ini bercerita tentang sebuah negeri yang damai dimana kehidupan manusia begitu serasi dengan alam. Namun, kedamaian itu mulai terusik ketika manusia semakin teperdaya oleh keserakahan dan mulai merusak alam. Tanpa sadar, perilaku buruk itu pun membangkitkan sosok Rangda yang jahat ke tengah-tengah kehidupan mereka.

"Pertunjukan budaya Bali ini kami sajikan kepada masyarakat untuk mengisi liburan pada hari libur Nyepi dan akhir pekan, kami hadirkan sesuatu yang menarik dan unik agar pengunjung Sea World Ancol tidak hanya belajar mengenai keanekaragaman hayati, namun dapat mengenal keragaman budaya Indonesia. Dalam kesempatan ini kami mengajak budayawan Bali dari Pure Aditya Jaya dan berharap pesan baik ini dapat diterima oleh pengunjung" Ujar Rika Sudranto, Vice President Sea World Ancol dalam keterangan tertulis.

Nah, bagi traveler yang ingin melihat pertunjukan ini bisa datang ke Sea World pada tanggal tersebut di dengan jadwal pertunjukan mulai pukul 10.45 dan 13.45 WIB. Selain itu, ada juga workshop Barong dan budaya Bali pada tanggal 8-10 Maret 2019 di teater Sea World pukul 14.00-16.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar