Jumat, 20 Desember 2019

Jika Tiket Pulau Komodo Rp 14 Juta, Bagaimana Nasib Backpacker?

Wacana tiket masuk Pulau Komodo sebesar USD 1.000 atau setara Rp 14 juta ramai dibahas dan jadi polemik. Buat kalangan tertentu seperti backpacker, harga itu jelas tidak ramah kantong.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memberikan penjelasan terhadap hal itu ketika ditemui awak media di Kemenko Kemaritiman, Gedung BPPT, Jumat (4/10/2019). Menurut dia, tiket khusus membership seharga Rp 14 juta nantinya hanya berlaku di Pulau Komodo.

"Orang-orang yang punya tiket inilah yang bisa masuk ke Pulau Komodo," kata Luhut.

Dia menjelaskan, habitat komodo tidak hanya di Pulau Komodo. Ada pulau-pulau lain seperti Pulau Rinca yang juga jadi habitat si Naga Purba.

"Komodo kan masih banyak pulau lainnya seperti Pulau Rinca, pulau apa lagi itu, dan masih banyak. Tapi Pulau Komodo itu, komodonya masih yang besar-besar 3 meteran," papar Luhur.

Artinya, pulau-pulau lain yang jadi habitat komodo tidak dikenai tiket khusus membership premium. Dalam arti kata lain, tiketnya masih normal.

"Jadi backpacker atau yang wisata murah bisa lihat komodo di pulau-pulau sekitar Pulau Komodo," tutupnya.

Wacana kenaikan tiket komodo dan membuatnya jadi wisata kelas premium ini sendiri sebelumnya dilontarkan Luhut di Sekolah Tinggi Perikanan, Jakarta pada Rabu (2/10) lalu. Ia mengatakannya seraya memastikan Pulau Komodo tidak akan ditutup sebagaimana wacana yang sempat muncul.

"Pulau Komodo itu tidak ditutup, kita mau kelola dengan baik, (pulau) yang lain kita atur dan tata jadi wisata eksklusif. Yang penting komodo kita atur terlindungi," kata Luhut.

Luhut mengatakan, nantinya pengelola diminta menyiapkan 50 ribu tiket seharga USD 1.000 atau setara dengan Rp 14 juta (dalam kurs Rp 14 ribu) untuk membership premium tersebut. Maka nantinya akan ada USD 50 juta dolar untuk mengelola Pulau Komodo agar tetap jadi situs warisan dunia.

Dotonbori, Tempat Wisata Malam Populer Jepang

Kawasan Dotonbori adalah ikon dari Kota Osaka. Hidup saat matahari terbenam, Dotonburi jadi tempat wisata malam favorit di Jepang.

Mr. Glico Man merupakan landmark terkenal di jalan Dotonbori Osaka. Bagi pelancong yang berlibur di Osaka, Dotonbori adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi.

Dotonbori merupakan pusat gastronomi, perbelanjaan dan hiburan di sisi selatan Kanal Dtonbori, Osaka, Jepang. Terdapat Jembatan Nipponbashi yang menawarkan berbagai macam rumah makan dan fasilitas hiburan.

Waktu paling bagus untuk explore Dotonbori adalah pada sore menjelang malam. Selain dapat menikmati ragam kuliner dengan harga yang murah, kita juga bisa menikmati suasana malam dengan udara yang sejuk.

Berikut 4 hal yang bisa kamu lakukan di Dotonbori

1. Berbelanja souvenir murah

Kawasan Dotonbori memiliki banyak toko yang menjual souvenir murah dan beragam. Beberapa toko yang menjual souvenir murah adalah Daiso, Shinsaibashi. Untuk para pencari drug store Jangan lewatkan juga untuk mampir ke Matsumoto Kiyoshi. Selain make up, alat kecantikan dan alat kesehatan di Matsumoto Kiyoshi Dotonbori ini juga menyediakan snack untuk oleh-oleh dengan harga yang lebih murah.

2. Menikmati makanan khas Jepang

Menikmati makanan di Dotonbori merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Kita bisa mencoba berbagai macam makanan khas Jepang dengan harga yang ga bikin kantong bolong dengan rasa yang enak. Selain itu, ada beberapa restoran yang mempertontonkan berbagai atraksi saat memasak. Bagi pengunjung yang beragama muslim, jangan khawatir sudah banyak resto yang menyajikan makanan halal bahkan beberapa pekerjanya bisa berbahasa Indonesia.

3. Menyusuri sungai Dotonbori dengan perahu motor

Selain terdapat banyak restoran, Dotonbori mempunyai sungai yang menarik untuk ditelusuri. Terdapat perahu motor yang akan mengajak pelancong untuk menikmati keindahan Dotonbori dengan cara berlayar bak di Venezia.

Pelayaran ini berjalan selama 20 menit mulai dari dekat Stasiun Namba, yang membawa pengunjung menyusuri Kanal Dtonbori. Di kapal pesiar, wisatawan dapat merasakan suasana Osaka saat pelayaran melewati beberapa tempat wisata paling terkenal, seperti Glico running man sign. Ini adalah pengaturan yang ideal untuk bersantai, orang-orang menonton, dan melambai pada orang yang lewat di balkon.

4. Mengabadikan moment

Berfoto merupakan hal wajib saat berkunjung ke Dotonbori. Selain Mr Glico Man yang sangat terkenal ini, masih banyak restoran iconic serta suasana sungai yang indah untuk diabadikan. Jadi, jangan lupa masukan Dotonbori sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar