Jumat, 20 Desember 2019

Tempat Mengenal Senjata Khas Indonesia

Beragam senjata tradisional Indonesia. Semua itu bisa kamu lihat di Museum Keris Nusantara. Yuk!

Indonesia memiliki beragam senjata tradisional yang berbeda dari tiap daerah. Salah satunya Keris, belati khas Indonesia ini dulu digunakan sebagai senjata perang. Namun sekarang lebih dikenal sebagai simbol budaya.

Indonesia memiliki beragam senjata tradisional yang berbeda dari tiap daerah. Salah satunya Keris, belati khas Indonesia ini dulu digunakan sebagai senjata perang. Namun sekarang lebih dikenal sebagai simbol budaya.

Untuk lebih mengenal senjata ini kita bisa mengunjungi Museum Keris Nusantara. Terletak di Jl.Bhayangkara No.2 Surakarta, kita diajak menelusuri pembuatan, sejarah dan makna senjata tradisional Indonesia.

Museum Keris didirikan sebagai tindak lanjut diakuinya Keris Indonesia sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Museum ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 9 Agustus 2017.

Bangunan megah ini terdiri dari 4 lantai dengan nama berbeda dan sudah dilengkapi lift. Di lantai 1 Wedharing Wacana terdapat loket, ruang penitipan barang dan ruang Audio. Di ruang Audio pengunjung diajak menonton mengenai sejarah keris, ragam bentuk dan makna serta cara pembuatannya.

Beranjak ke lantai 2 Purwaning Wacana, di sini pengunjung akan menemui beberapa koleksi keris dan perabotnya. di sini juga terdapat ruang bermain anak, ruang restorasi dan perpustakaan kecil.

Lanjut ke lantai 3 Cipta Adiluhung, di sini terdapat diorama pembuatan keris. Berbagai ritual yang dilakukan sebelum pembuatan keris bahkan ada daftar sesajen yang wajib disediakan. Selain itu juga ada cara berinteraksi dengan keris yg benar, seperti penggunaannya bersama pakaian adat jawa.

Lantai teratas lantai 4 Esthining Lampah, di sini tersimpan keris-keris pusaka hasil karya para leluhur. Beberapa senjata pusaka lain juga tersimpan di sini.

Untuk koleksinya sendiri, museum ini memiliki lebih dari 400 keris dan tombak yang berasal dari Jawa. Banyak dari koleksi benda pusaka ini yang merupakan hasil hibah. Selain itu museum ini juga menyimpan beberapa koleksi senjata daerah lain diluar Jawa.

Salah satu koleksi keris di museum ini adalah milik Presiden Joko Widodo bernama Kyai Tenggara. Ada juga keris yang merupakan hibah dari pengusaha bernama Wiwoho Basuki. Keris-keris ini memiliki nilai yang cukup tinggi, bahkan salah satunya bernilai lebih dari 1,5 milyar. Sarung dari keris ini bertahtakan emas dan berlian.

Benda-benda pusaka ini bukan hanya sekedar senjata, tapi merupakan warisan budaya bernilai seni sangat tinggi. Sudah selayaknya kita mengenal dan menjaganya. Selamat berkunjung.

5 Tips Liburan Asyik bersama Orang-orang Baru

 Traveler pernah harus menghabiskan liburan bersama orang-orang yang baru ditemui? Nah, ini tipsnya agar situasi tak canggung dan liburan tetap terasa asyik.

Tips-tips tersebut detikcom kumpulkan dari para Agus yang menjadi pemenang program 'Rejeki Nama Agus' ke Labuan Bajo. Bisa dikatakan, Agus-agus ini pun awalnya relatif asing satu sama lain dalam menjalani rangkaian keseruan.

Tips pertama, fokus pada destinasi wisata yang kamu kunjungi. Contoh, jika kamu liburan ke Labuan Bajo maka pikirkan bahwa tempat itu memang tempat yang cantik. Tak perlu risau memikirkan hal-hal lain alias rileks saja deh.

"Pikirin ini tempat yang keren banget dan kamu harus ke sini. Bisa seru karena dari yang berbeda dan garing karena ada pengertian bisa jadi pecah tertawanya," kata salah satu pemenang Program Rejeki Nama Agus, Setiyoko, di Labuan Bajo, Rabu (2/10/2019).

Dengan rileks, traveler jadi bisa lebih "lepas" dalam menjalani liburan. Dengan begitu, boleh jadi suasana asyik pun tercipta dengan sendirinya.

"Bercandalah yang paling universal jadi tripnya bisa bener-bener 'pecah'," imbuh dia.

Tips kedua dilontarkan oleh Agus yang lain, yakni Shanti. Menurutnya, liburan bareng orang-orang baru terkadang butuh paling tidak satu orang yang bisa mencairkan suasana.

"Perlu ada orang-orang yang bikin hidup, yang 'gila'. Seneng aja ketika ketemu orang baru dan ada yang terinspirasi maka akan nyambung karena bisa buka obrolan dulu," ujar dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar