Kamis, 19 Desember 2019

Wisata ke Italia Jangan Lupa ke Venesia

Venesia, salah satu kota cantik dan eksotis di Italia. Jalanan sempitnya yang khas, jembatan dan bangunan kuno yang indah buat siapapun ingin mengunjunginya

Kalau kita berbicara tentang kota-kota tercantik di dunia rasanya tidak sah kalau tidak mengikutsertakan nama Venesia di dalamnya. Tidak ada banyak tempat yang bisa dibandingkan dengan kota yang satu ini, traveler bisa meng-eksplore jalan-jalan sempitnya yang khas, kanal-kanal dengan jembatan-jembatan mungilnya serta bangunan-bangunan kunonya yang indah.

Venesia yang terletak di bagian timur laut negara Italia ini dikenal dengan julukan kota terapung, kota jembatan atau kota kanal, karena kota ini memiliki 177 kanal yang terhubung oleh 417 jembatan termasuk 72 jembatan pribadi.

Kota yang juga dijuluki kota air ini dibangun di atas pilar-pilar kayu di tanah berlumpur pada 117 pulau kecil yang terletak di sebuah laguna yang dulunya dangkal. Namun, karena beratnya beban yang harus dipikul oleh pilar-pilar kayu yang umurnya telah mencapai ratusan bahkan sampai seribu tahun tersebut, kota Venesia juga sekarang mendapat julukan "The Sinking City" atau kota yang sedang tenggelam. Level air lautnya semakin lama semakin tinggi dan akhir-akhir ini kota ini juga sering dilanda banjir.

Selain terkenal dengan Carnival of Venice, di mana para peserta mengenakan kostum bertopeng setiap bulan Februari, kota Venesia juga sangat identik dengan gondola, sejenis perahu dayung tradisional yang berfungsi sebagai alat transportasi.

Untuk memenuhi permintaan wisatawan yang kian tahun kian meningkat, telah tersedia sekitar 350 gondola. Saya sendiri belum pernah naik gondola karena harga sewanya lumayan mahal. Untuk tour selama 30 menit, kita harus membayar 31 euro atau sekitar 450,000 rupiah per orang dan biasanya satu gondola hanya bisa mengangkut maksimum 6 penumpang saja.

Kalau ingin menghemat uang, sebaiknya naik Water Bus Vaporetto, kapal penumpang umum. Kalian bisa membeli pass dengan harga yang lebih menarik, 20 euro untuk 24 jam, 30 euro untuk 48 jam, 40 euro untuk 72 jam atau seandainya kalian ingin tinggal lebih lama, kalian hanya "perlu" membayar pas seharga 60 euro atau sekitar 870 ribu rupiah untuk satu minggu. Jadi, jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan gondola. Tentu saja, jika traveler ingin memiliki pengalaman naik gondola, tidak ada salahnya mencoba.

Selama berada di Kota Venesia, ada beberapa obyek wisata yang tidak boleh dilewati. Ada Piazza San Marco atau Saint Mark's Square di mana terdapat bangunan bersejarah yang indah seperti Saint Mark Basilica, Doges Palace serta San Marco Campanile. Jangan lupa juga mengunjungi Canale Grande atau Grand Canal, Jembatan Rialto dan jembatan Bridge of Sighs yang terkenal dengan arsitektur uniknya, serta Gallerie dell'Accademia.

Selain menikmati keindahan Kota Venesia, Traveler juga bisa bepergian dengan vaporetto ke pulau Murano yang terkenal sebagai pusat kerajinan dari bahan kaca (Murano glass telah memiliki reputasi sampai manca negara) termasuk lampu-lampunya yang khas atau ke pulau Burano, kota nelayan yang sangat instagrammable dengan bangunan-bangunan yang dicat berwarna-warni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar