Sabtu, 21 Desember 2019

Wisata Kuliner di Karawang, Cobain Pepesnya Yuk

Setiap daerah di Indonesia punya makanan khas yang menggugah selera, tak terkecuali dengan Karawang, yang lebih dikenal dengan kawasan Industri dan pemakaman mewahnya. Bagi traveler yang gemar wisata kuliner, tidak ada salahnya datang ke Karawang.
Saat berkunjung ke Karawang beberapa waktu yang lalu saya mencoba untuk mencicipi pepes yang khas di kawasan ini, atau lebih tepatnya daerah Walahar. Akses menuju tempat ini, jika menggunakan mobil pribadi dari Jakarta, tak terlalu sulit ditemukan. Cukup keluar di pintu tol Karawang Timur dan mengarah ke kanan, selanjutnya tinggal ikuti papan petunjuk lalulintas menuju Walahar.

Di kawasan Walahar berdiri beberapa warung yang menyajikan aneka hidangan pepes yang nikmat. Salah satu yang cukup terkenal adalah warung Pepes Jambal H.Emin. Untuk saya, yang paling spesial adalah pepes ikan jambalnya. Selain itu ada juga pepes ikan mas dan pepes ikan peda. Bagi traveler yang kurang suka ikan, jangan khawatir karena tersedia juga pepes ayam, jamur, maupun tahu.

Bagi traveler yang belum familiar dengan ikan jambal, ikan ini sendiri merupakan ikan laut yang biasa diolah sebagai ikan asin yang disebut jambal roti. Panjang ikan ini bisa mencapai 1,5 meter dan berat 5 Kg.Ikan jambal memiliki protein yang tinggi dan memiliki manfaat besar seperti mencegah penyakit jantung, stroke, dan kolesterol.

Yang membuat pepes di tempat ini spesial adalah karena ikan yang masih segar langsung dimasak di atas tungku yang tradisional, dan langsung disajikan ke pengunjung selagi masih panas. Akan kian nikmat saat disajikan bersama sambal hijau yang legit dan gurih. Nyam!

Jika tiba saatnya jam makan siang, warung ini akan sangat dipadati pengunjung. Nahkan untuk mencari parkir pun cukup susah karena jalan di depannya tidak terlalu luas. Tak heran kalau sebelum sore hari, hidangan pepes di tempat ini sudah habis terjual.

Gedung Tertinggi Belanda di Kotanya Wijnaldum Pahlawan Liverpool

 Liverpool kokoh di pucuk tertinggi klasemen Liga Primer Inggris berkat gol Georginio Wijnaldum. Pahlawan The Reds itu sendiri tak asing buat urusan yang "tinggi-tinggi". Tahukah kamu kota tempat Wijnaldum lahir dan tumbuh punya gedung-gedung tertinggi Belanda sebagai salah satu daya tarik wisata?

Berkat sebiji gol Wijnaldum, Sabtu (28/9/2019), Liverpool menang 1-0 atas Sheffield United. The Reds pun mengokohkan posisinya di peringkat teratas klasemen Liga Inggris dengan hasil sempurna berkat tujuh kemenangan dalam tujuh laga awal.

Nah, Wijnaldum si jagoan Liverpool di laga ini lahir dan tumbuh di Rotterdam, Belanda. Pesepakbola 28 tahun itu pun sempat membela tim junior Sparta Rotterdam (1997-2004) sebelum pindah ke Feyenoord yang jadi tempatnya memulai karier profesional.

Salah satu yang menonjol dari Rotterdam kampung halaman Wijnaldum ini sendiri adalah deretan gedung pencakar langit yang menjulang ke angkasa. Dari lima besar gedung tertinggi di Belanda, empat di antaranya ada di Rotterdam.

Ada gedung residensial De Rotterdam yang punya 45 lantai setinggi 151 meter. Dengan ketinggian yang sama, ada pula Gebouw Delftse Poort (Delft Gate Building) yang merupakan gedung pencakar langit "kembar".

Setelah itu ada gedung New Orleans dengan tinggi 158,3 meter dan merupakan gedung hunian tertinggi di Belanda sekaligus gedung tertinggi kedua di negara itu. Sedangkan predikat gedung tertinggi Belanda dipegang oleh Maastoren (Meuse Tower), sebuah gedung perkantoran yang menjulang sampai ketinggian 165 meter dengan jumlah lantai tak kurang dari 44.

Keempat gedung yang berada di Rotterdam itu sekaligus menempati empat besar gedung tertinggi di Belanda. Menariknya lagi, kampung halaman Wijnaldum ini juga akan memiliki tambahan pencakar langit, yang sekaligus menjadi calon gedung tertinggi Belanda.

Nama gedung itu adalah De Zalmhaven (Zalmhaven Toren), yang salah satu menaranya diplot sebagai gedung hunian setinggi 215 meter berisikan 295 apartemen dan garasi parkir. Proyek itu dimulai Oktober 2018 dan direncanakan rampung 2021, untuk menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata baru di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar